9 Manfaat Menakjubkan Kopi

Monday, May 26, 2014
Kopi
Dalam beberapa tahun terakhir, kopi telah menjadi objek dari ribuan penelitian. Dikenal sebagai stimulan yang sederhana, kopi juga memiliki banyak sifat-sifat lain yang khas. Berikut adalah 9 fakta menarik tentang manfaat kopi yang kami kutip dari laman lifespan.com, yang membuat kita berpikir ulang untuk tidak mengonsumsi kopi.

1. Menurunkan Risiko Kematian

Setidaknya 5 persen dari survei menunjukkan bahwa kebiasaan minum kopi memiliki hubungan dengan penurunan risiko kematian pada pria dan wanita. Sebuah survei skala besar yang melibatkan 400.000 orang, menunjukkan bahwa semakin banyak seorang pria meminum kopi, maka semakin rendah risiko kematiannya. Dari hasil survei, didapati bahwa pria yang minum 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko kematian 10 persen lebih rendah, dan yang meminum kopi 4-5 cangkir sehari menunjukkan indikator risiko kematian yang lebih rendah lagi, yaitu sebesar 12 persen. Mengonsumsi kopi 6 cangkir atau lebih sehari, maka penurunan risiko kematian berkurang 10 persen lagi. Adapun untuk wanita, angka-angka ini sedikit lebih tinggi, karena dipengaruhi oleh beberapa parameter seperti faktor usia, lemak tubuh, ras, pendidikan dan gaya hidup.

2. Meningkatkan Keseimbangan Kolesterol

Kopi mengandung antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol total. Meningkatkan kolestrol "baik" HDL dan meminimalisir penyakit jantung yang terkait peradangan. Dalam sebuah penelitian, peminum kopi diminta untuk meningkatkan konsumsi kopi mereka menjadi 4 cangkir dan kemudian 8 cangkir sehari dan ternyata dosis ini membuat rasio kolesterol "jahat" LDL dan HDL lebih dari 8 persen.

3. Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan satu masalah kesehatan yang serius dan sangat umum terjadi di dunia. Sindrom metabolik dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan diabetes. Minum kopi akan membakar lemak dan berpotensi mempengaruhi komposisi tubuh dan menurunkan risiko diabetes.

4. Menyehatkan Sistem Reproduksi

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan risiko kanker endometrium pada wanita. Pada tahun 2011, sebuah survei mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi lebih dari 6 cangkir kopi sehari, risiko kanker prostat-nya berkurang hampir 20 persen. Adapun pada wanita, penelitian yang diterbitkan dalam Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menunjukkan bahwa wanita yang meminum lebih dari 4 cangkir kopi sehari, maka risiko kanker endometrium-nya menurun sebesar hampir 25 persen.

5. Kesehatan Vaskular

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah karena akan meningkatkan produksi oksida nitrat di endotelium dan meningkatkan tonus otot pembuluh darah. Kopi juga akan mempertahankan tekanan arteri yang normal dan menurunkan tekanan darah dalam jangka panjang. Meskipun faktanya kopi dalam jangka pendek dapat meningkatkan tekanan darah, namun tekanan darah akan kembali normal setelah kafein dimetabolisme.

6. Kafein Membuat Anda Lebih Kuat

Ilmuwan olahraga menguji suplemen kafein pada para atlet, dan menemukan bahwa jika atlet diberikan dosis kafein pra-latihan yang tepat (sebagai suplemen, karena dosis kafein untuk atlet 60 kg akan membutuhkan 3-6 cangkir), maka kemampuan atlet akan jauh lebih baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa kafein akan berefek langsung pada otot dan menghasilkan lebih banyak kekuatan.

7. Memfasilitasi Pembakaran Lemak

Ada banyak bukti bahwa kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu membakar banyak kalori. Kopi akan membuat tubuh membakar lemak daripada glukosa untuk menghasilkan energi. Selain itu, kopi dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Di masa lalu, efek kopi yang menurunkan lemak belum diteliti secara ekstensif, tapi satu penelitian menemukan bahwa minum kopi 500 ml sehari selama satu bulan akan menurunkan berat badan 2,5 kilogram. Yang paling dianggap efektif adalah ekstrak kopi hijau, para peneliti menyebutkan bahwa kopi ini mampu menghilangkan lemak secara signifikan. Sebuah penelitian lain juga mengungkapkan bahwa ekstrak kopi hijau dengan dosis tinggi akan menyebabkan hilangnya berat badan sebesar 8 kg atau 4,4 persen lemak hanya dalam waktu satu bulan. Sangat mengesankan bukan?

8. Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi 1-5 cangkir sehari akan mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer, serta penyakit Parkinson. Faktanya adalah bahwa kopi mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan beberapa sel-sel otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko glioma atau salah satu bentuk kanker otak.

9. Kesehatan Hati

Masalah yang satu ini memang belum diteliti secara luas, tapi salah satu penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk sirosis dan penyakit hati lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari maka akan menurunkan risiko kanker hati hingga 43 persen. Kemugkinan alasannya: kafein dan antioksidan dalam kopi dapat mencegah peradangan hati dan perkembangan sel-sel kanker.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.