9 Manfaat Luar Biasa Tomat Bagi Kesehatan

Wednesday, May 28, 2014
Tomat

Tomat memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan apabila Anda konsumsi setiap hari. Tomat kaya akan vitamin A, C, K, B6, kalium, fosfat, B1, magnesium, niasin, tembaga, dan fosfor, yang kesemuanya itu diperlukan agar tubuh tetap sehat. Salah satu fakta terbaik dari tomat adalah buah ini rendah kolesterol, lemak jenuh, sodium dan kalori. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa memasukkannya ke dalam makanan apapun yang Anda suka. Berikut adalah 9 manfaat luar biasa tomat bagi kesehatan:

1. Meningkatkan penglihatan

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin A dan C, yang akan membantu menjaga dan memperbaiki daya penglihatan Anda, dan juga dapat mencegah penyakit rabun senja. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingginya kadar vitamin A pada tomat dapat membantu mencegah degenerasi makula, suatu penyakit mata berat. Selain itu, tomat dapat membantu mencegah penyakit katarak. Tomat juga mengandung fitokimia antioksidan likopen, lutein dan zeaxanthin, yang akan melindungi mata Anda dari kerusakan ringan.

2. Melawan kanker

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer Institute, lebih banyak mengonsumsi tomat dapat membantu memerangi kanker prostat. Tomat juga dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker lain, seperti kanker paru-paru, perut, serviks, faring, mulut, tenggorokan, anus, usus besar, esofagus, dan kanker ovarium. Itu semua karena tomat kaya akan antioksidan likopen. Khasiat tomat dalam melawan kanker akan meningkat bila dimasak dengan minyak zaitun.

3. Mempercantik kulit

Makan tomat secara teratur akan membuat kulit Anda bersih dan membuatnya terlihat sempurna. Tomat mengandung likopen, antioksidan kuat yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membuat kulit Anda menjadi kurang sensitif terhadap sinar ultraviolet (UV), salah satu penyebab keriput dan garis-garis halus. Anda juga dapat memanfaatkan tomat untuk menyembuhkan jerawat, ruam, dan mengecilkan pori-pori yang besar pada wajah. Menggosokkan ampas tomat pada kulit kusam Anda, maka akan mengembalikan cahayanya.

4 . Menurunkan kadar gula darah

Tomat mengandung karbohidrat yang sangat sedikit, dan akan membantu menurunkan kadar gula darah. Tomat juga mengadung kromium yang akan membantu mengontrol gula darah, dan seratnya akan membantu menjaga kenormalan kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan kuat yang terdapat pada tomat akan menjaga kenormalan aliran darah dan ginjal, daerah yang berkaitan erat dengan penyakit diabetes.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Tomat mengandung likopen dan vitamin C yang akan membuat tidur Anda menjadi lebih baik. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan tidur, cobalah untuk menambahkan tomat dalam makanan Anda. Anda dapat memasukkan tomat dalam salad, sup, atau menambahkannya ke dalam makanan favorit Anda lainnya.

6. Menjaga kesehatan tulang

Tomat mengandung vitamin K dan kalsium yang akan membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Karena itu, tomat akan menambah kekuatan dan memperbaiki kondisi tulang Anda. Juga telah terbukti bahwa antioksidan likopen pada tomat dapat menambah massa tulang dan membantu melawan osteoporosis, suatu penyakit serius yang dapat menyebabkan patah tulang, kecacatan, dan disabilitas.

7. Meringankan sakit kronis

Karena mengandung agen anti-inflamasi seperti karotenoid dan bioflavonoid, tomat bisa menghilangkan rasa sakit kronis. Orang yang sering terkena penyakit ringan atau sedang biasanya akan mengalami peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum segelas jus tomat setiap hari dapat menurunkan kadar TNF-alpha dalam darah sebesar 34 persen, yang mana bisa menyebabkan peradangan. Dengan demikian, tomat sangat baik untuk orang-orang yang memiliki masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung, osteoporosis, kanker, dan Alzheimer.

8. Menjaga kesehatan rambut

Tomat juga baik untuk rambut Anda. Tomat mengandung vitamin dan zat besi yang akan memperkuat rambut Anda dan bahkan bisa membuat rambut Anda bercahaya. Selain itu, tomat memiliki keasaman khusus yang bisa menyeimbangkan kadar pH di rambut. Jika kulit kepala Anda gatal-gatal atau berketombe, keramaslah dengan jus tomat selama 4 sampai 5 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Namun jangan keramas dengan jus tomat terlalu sering karena keasamannya bisa membuat rambut Anda menjadi kering.

9. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, pastikan Anda memasukkan tomat dalam makanan sehari-hari. Tomat adalah buah yang rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Tomat kaya akan serat dan air, sehingga tomat akan membuat Anda merasa kenyang namun tidak menambah kalori yang tidak Anda butuhkan. Untuk penerapannya, tomat bisa Anda makan langsung atau dengan menambahkannya ke dalam makanan diet Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.