6 Langkah Menambah Berat Badan (Mudah dan Sehat)

Saturday, May 24, 2014
Menambah berat badan

Sementara sebagian orang berusaha keras untuk menurunkan berat badan, di sisi lain banyak pula orang yang merasa susah karena postur tubuh mereka yang terlalu kurus. Menambah berat badan seringkali menjadi hal yang sangat sulit pada orang yang terlalu kurus. Masalah utamanya sebenarnya cukup jelas, yaitu mereka tidak mengetahui cara yang tepat untuk menambah berat badan. Untuk menambah berat badan sampai dengan ukuran yang sehat, maka penting untuk memahami terlebih dahulu Indeks Massa Tubuh (IMT).

Kurus atau gemuk seseorang akan ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan, makanan dan aktivitas yang dilakukan, dan metabolisme tubuh yang berbeda-beda pada tiap orang. Kebanyakan orang yang kurus memiliki tingkat metabolisme yang tinggi, tubuh mereka akan membakar kalori lebih banyak daripada yang mereka makan.

Berikut 6 langkah mudah untuk menambah berat badan sesuai yang direkomendasikan kesehatan:

Konsumsi karbohidrat

Jika Anda memperoleh karbohidrat hanya dari sayuran, buah-buahan, gula, kacang-kacangan, maka tidak ada kejutan berat badan Anda akan bertambah. Untuk menambah berat badan, Anda yang kurus harus mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti nasi, jagung, ubi jalar, roti dan gandum.

Konsumsi protein lebih banyak

Kurangnya protein dalam makanan Anda bisa menjadi salah satu penyebab mengapa berat badan Anda tidak bertambah, bahkan meskipun Anda sudah mengonsumsi kalori dalam jumlah besar. Protein sangat direkomendasikan oleh dunia kesehatan guna menambah berat badan dengan cara yang sehat. Pasca berolahraga, protein yang Anda konsumsi akan membantu tubuh memperbaiki dan memperbesar massa otot, yang akan membantu menambah massa tubuh Anda secara keseluruhan. Beberapa jenis protein yang diperlukan untuk menambah berat badan adalah dari daging, ikan tuna, ayam, kedelai, dan kacang-kacangan.

Anda juga membutuhkan lemak

Lemak akan diperlukan tubuh dalam membantu mencerna protein tertentu, untuk mempertahankan fungsi otak, dan untuk membuat lapisan pelindung pada organ-organ vital. Lemak akan menyediakan kalori dan energi. Namun Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang mengandung lemak. Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi sumber makanan yang mengandung lemak berkualitas seperti dari buah-buahan kering, selai kacang, alpukat, biji bunga matahari, minyak zaitun, daging, dan keju.

Berolahraga

Untuk menambah berat badan dan menambah massa otot Anda, maka Anda harus melakukan olahraga yang tepat. Anda harus harus melakukan latihan beban. Lakukan latihan bebas serta latihan yang memberikan tekanan pada otot dan utamanya ditujukan pada otot-otot besar. Latihlah otot-otot tubuh Anda sebanyak mungkin (maksudnya pada semua otot). Beberapa jenis latihan terbaik untuk menambah berat badan adalah, deadlifts, bar-bell rows, bar dips, bench presses dan pull-ups. Juga hindari olahraga jalan atau lari. Jika pun memang harus Anda lakukan, maka lakukan lari atau jalan pada trek yang menanjak (seperti menaiki bukit).

Cukup tidur

Tidur malam yang cukup adalah faktor lain yang akan mempercepat penambahan berat badan Anda. Apalagi Anda berolahraga pada siangnya, tubuh Anda akan membutuhkan waktu tidur yang cukup di waktu malam. Selama tidur, sel-sel otot yang rusak akan memperbaiki dirnya, dan juga untuk mempersiapkan diri untuk olahraga keesokan harinya. Selain itu, hormon pertumbuhan juga dilepaskan selama tidur. Hormon-hormon ini akan sangat membantu menambah massa otot. Jika Anda kesulitan tidur di malam hari, lihat tips berikut.

Konsumsi suplemen

Suplemen penambah berat badan atau penambah massa otot akan menjadi sahabat terbaik bagi Anda untuk menambah berat dengan dengan cepat. Suplemen-suplemen ini utamanya mengandung protein dan kalori tinggi yang berguna untuk menambah massa otot, yang pada akhirnya akan menambah berat badan Anda.

Perlu diperhatikan bahwa apapun alasan Anda untuk menambah berat badan, maka 6 langkah ini harus diterapkan dengan cara yang sehat agar memberikan hasil yang terbaik. Terutama untuk olahraga dan suplemen, ada baiknya sebelum memulainya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli di bidangnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.