Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Penyakit Chikungunya

Thursday, May 02, 2013

Nyamuk Aedes aegypti penyebab chikungunya
 
Penyakit demam chikungunya merupakan penyakit yang berjangkit pada suatu kawasan atau populasi (endemik) yang disebabkan oleh virus keluarga Togaviridae (genus alphavirus) dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang sama juga menularkan penyakit demam berdarah dengue. Meski masih "bersaudara" dengan demam berdarah, penyakit chikungunya tidak mematikan.

Virus chikungunya pertama kali diidentifikasi di Tanzania, Afrika Timur tahun 1952. Tidak heran bila namanya pun berasal dari bahasa Swahlii, artinya adalah "yang berubah bentuk atau bungkuk". Postur penderita chikungunya memang kebanyakan akan membungkuk akibat nyeri hebat pada persendian tangan dan kaki.
 
Gejala Chikungunya

Di lndonesia, demam chikungunya dilaporkan pertama kali di Samarinda tahun 1973. Kemudian berjangkit di Kuala Tungkal, Jambi, tahun 1980. Selanjutnya tahun 1983 merebak di Martapura, Ternate dan Yogyakarta. Setelah vakum hampir 20 tahun, awal tahun 2001 kejadian luar biasa (KLB) demam chikungunya terjadi di Muara Enim, Sumatera Selatan dan Aceh. Disusul Bogor bulan Oktober. Demam chikungunya kemudian berjangkit lagi di Bekasi (Jawa Barat), Purworejo dan Klaten (JawaTengah) pada tahun 2002.
 
Gejalanya adalah demam tinggi, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta bintik-bintik merah terutama di badan dan tangan, meski gejalanya mirip dengan demam berdarah dengue, pada chikungunya tidak terjadi perdarahan hebat, renjatan (shock) maupun kematian. Masa inkubasinya dua sampai empat hari, sementara manifestasinya tiga sampai sepuluh hari.
 
Pengobatan Chikungunya

Tak ada vaksin maupun obat khusus untuk chikungunya. Cukup mengonsumsi obat-obat simptomatik (pereda gejala) seperti obat penurun panas atau penghilang rasa sakit. Yang penting cukup istirahat, minum, dan makanan bergizi. Virus chikungunya ini termasuk self limiting disease alias akan hilang dengan sendirinya. Namun, rasa nyeri akan tetap ada dalam hitungan minggu.

Bagi penderita, sangat dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi, cukup karbohidrat dan terutama protein serta minum sebanyak mungkin. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar. Sebaiknya minum jus buah segar. Setelah lewat lima hari, demam akan berangsur-angsur reda, rasa ngilu maupun nyeri pada persendian dan otot berkurang, dan penderitanya akan sembuh seperti semula. Vitamin peningkat daya tahan tubuh juga bermanfaat untuk menghadapi penyakit ini. Daya tahan tubuh yang bagus dan istirahat cukup bisa membuat rasa ngilu pada persendian cepat hilang. Minum banyak air putih juga disarankan untuk menghilangkan gejala demam.
 
Pencegahan Chikungunya

Satu-satunya cara menghindari penyakit ini adalah dengan menghindari/membasmi nyamuk pembawa virusnya. Nyamuk ini senang hidup dan berkembang biak di genangan air bersih seperti bak mandi, vas bunga, dan juga kaleng atau botol bekas yang menampung air bersih. Serangga yang bercorak hitam putih ini juga senang hidup di benda-benda yang menggantung seperti baju-baju yang ada di belakang pintu kamar. Selain itu, nyamuk ini juga menyenangi tempat yang gelap dan pengap.
Berdasarkan pengalaman selama ini, penyakit ini sulit menyerang penderita yang sama. Tubuh penderita akan membentuk antibodi yang akan membuat mereka kebal terhadap wabah penyakit ini di kemudian hari
Mengingat penyebar penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti maka cara terbaik untuk memutus rantai penularan adalah dengan memberantas nyamuk tersebut, sebagaimana sering disarankan dalam pemberantasan penyakit demam berdarah dengue. lnsektisida yang digunakan untuk membasmi nyamuk ini adalah dari golongan malation, sedangkan themopos untuk mematikan jentik-jentiknya. Malation dipakai dengan cara pengasapan (fogging), bukan dengan menyemprotkan ke dinding. Hal ini karena Aedes aegypti tidak suka hinggap di dinding, melainkan pada benda-benda yang menggantung. Namun, pencegahan yang murah dan efektif untuk memberantas nyamuk ini adalah dengan cara menguras tempat penampungan air bersih, bak mandi, vas bunga dan sebagainya, paling tidak seminggu sekali, mengingat nyamuk tersebut berkembang biak dari telur sampai menjadi dewasa dalam kurun waktu 7-10 hari.

Penyakit chikungunya ini berkait dengan kesehatan lingkungan. Kesadaran menciptakan lingkungan yang bersih menjadi keharusan tiap orang. Halaman atau kebun di sekitar rumah harus bersih dari benda-benda yang memungkinkan menampung air bersih, terutama pada musim hujan seperti sekarang. Pintu dan jendela rumah sebaiknya dibuka setiap hari, mulai pagi hari sampai sore, agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk, sehingga terjadi pertukaran udara dan pencahayaan yang sehat. Dengan demikian, tercipta lingkungan yang tidak ideal bagi nyamuk tersebut.

Berdasarkan pengalaman selama ini, penyakit chikungunya ini sulit menyerang penderita yang sama. Tubuh penderita akan membentuk antibodi yang akan membuat mereka kebal terhadap wabah penyakit ini di kemudian hari. Dengan demikian, kecil kemungkinan bagi mereka untuk kena lagi. (Village Voice)
Share this article :

Artikel Menarik Lainnya

+ comments +49 comments

June 20, 2013 at 3:12 PM

Wah Berguna Nih , Kebetulan Ayah saya lagi sakit cikungunya Thanks Infonya :D

July 2, 2013 at 3:23 AM

thank's infonya

Anonymous
July 17, 2013 at 10:03 AM

terima kasih sangat berguna

July 19, 2013 at 10:33 AM

Mksih infony

July 22, 2013 at 11:34 PM

Thankyou sangat bermanfaat bgt artikelnya gbu :)

Anonymous
July 23, 2013 at 10:56 AM

jangan2 saya juga cikungunya, tp kok gak disertai mual dan bintik2 ya cuma ngilu2 dan demam aja, tp ngilunya itu loh minta ampun..

July 24, 2013 at 3:40 PM

tapi kenapa ya, kalau kondisi lagi nga fit, rasa sakit dan ngilu dipersendian suka ada lagi, bahkan bengkak2 di bagian persendian juga suka ada. berapa lama kondisi itu terjadi, makan obat mulu juga bosen.

July 24, 2013 at 6:24 PM

thanks infony...

July 26, 2013 at 4:12 AM

:) Sabar, berdoa dan yakinkan kesembuhan Anda. Bila memang itu cikungunya, maka akan sembuh sendiri. Memang banyak juga yang mengalami gejala cikungunya yang lama seperti Anda (bukan hal aneh). Tidak perlu khawatir.

Untuk mempercepat kesembuhan, terus jaga kondisi tubuh, konsumsi makanan bergizi, bila perlu tambah dengan suplemen dan berolahraga. Intinya selalu terapkan pola hidup sehat.
Semoga cepat sembuh.

Anonymous
August 17, 2013 at 9:53 AM

bisa jadi chikunguya. coz aku juga demam, pusing mual ga terlalu, tapi ngilu di tangan aja kaki sedkit doang. beda sama temanku yang gejalanya lebih banyak. jadi tiap orang ga selalu full ngerasain semua gejalanya kayaknya

Novie
August 19, 2013 at 4:24 AM

Thx infonya...mrngobati kekhawatiran saya krn serumah kena penyakit bgn, bahkan saya hingga dirawat bbrp hr krn tensi melonjak tiba2 akibat sakit dan nyeri serta demam yg sgt tinggi. Skr suami dan anak2 (5,9 thn & 2, 4 thn) juga kena. Demam hingga mencapai 40 'C, bahkan yg anak yg pertama sampai kejang2. Waduuuhhh khawatir sekali.... Mudah2an jgn ada lg yg ngerasain terutama anak2.....

August 19, 2013 at 2:42 PM

Thanks infonya.. berguna bgt nih

August 26, 2013 at 4:47 AM

cukup racikan

Anonymous
September 6, 2013 at 7:05 AM

tks informasinya, jangan jangan saya jg kena cikungunya, soalnya gejalanya sama persis yg disampaikan, tapi ini sudah hampir satu bulan kadang nyeri sendi di kaki dan tangan kalau pas aktivitas banyak kok msh ada bahkan kadang kaki juga bengkak, untung sadar harus cukup istirahat, banyak makan buah/ jus, minum air putih banyak dan tetntunya makanan yg bergizi, jangan lupa berolah raga rutin.

Anonymous
September 14, 2013 at 7:55 AM

Pas lg kena cikungunya nih...infonya sangat bermanfaat..thanks

September 14, 2013 at 5:31 PM

udah hampir 2 bulan ni ngilu mulu ma demam :(

Anonymous
September 19, 2013 at 10:35 AM

Makasih infonya, bener2 cepat mewabah, tidak ada cara lain, harus secepatnya dilakukan penyemprotan ni.

September 23, 2013 at 12:22 PM

Saya jg lg kena chikungunya..kmrn sudah ngrasa sembuh tp bbrp hari ini ko terasa lagi ngilu ma gatal yg ga tau letaknya dmn. Sy ibu bekerja dan hanya seminggu ambil ijin sakit. Skr sy sdh beraktivitas lg! Apa harus istirahat total dan selalu mengkonsumsi obat? Bahaya tidak kalo sy tidak ke dokter untuk kontrol lagi. Terima kasih

luly
September 30, 2013 at 6:45 AM

Sy juga mengalami sakit cikungunya tp kok telapak kaki,tungkai kaki pas dimata kaki msh sakit bgt yamalah dibuat jalan jd susah,apakah itu msh dl proses pemilihan ya

October 7, 2013 at 6:54 PM

Thanks atas infonya, mungkin berguna buat jaga2.

Anonymous
October 10, 2013 at 6:23 AM

Sya jg kena chikungunya,, gejala2 sama persis di atas, bahkan dokter jg bilang saya kena chikungunya.. Ysdh, semoga bisa sya atasi dan bisa lekas sembuh,, (♥͡.̮♥͡)

Anonymous
October 16, 2013 at 9:16 PM

Bagaimana cara cepat mengatasi penyakit chikungunya,...?

Anonymous
October 27, 2013 at 10:01 PM

Wah memang penyakit yg menjengkelkan,,udh 4 hari g bisa tidur,ngrsain tulang2 kaki ngilu n gatal yg g jelas letaknya

November 21, 2013 at 12:05 PM

Bintik merah keluar setelah 3 atau 4hari dari demam ya.
Anakku terkena gejala ini. Tapi waktu ke dokter beliau ngga bilang soal cikungunya. :( namun obat yg diberikan dan saran dokter ke saya sama persis dengan ulasan diatas.
Apa perlu foging ya diarea rmh saya. Seperti kalau ada yg terkena demam berdarah gitu.

Anonymous
December 14, 2013 at 6:42 PM

Saya lg mengalami cikungunya. Nyeri sendi yg luar biasa sampai susah beraktifitas. Nyeri sudah berlangsung sekitar 3 minggu dan sy dengar bisa sampai 6 bln. Benarkah ini

December 15, 2013 at 10:45 PM

sama persis seperti kejadian yg anak saya alami, hari ini masuk rs dirawat, kata dokter anak saya terkena chikungunya, deman sudah 1 minggu, baru kemarin kakinya tidak bisa berjalan, akhirnya saya bawa ke dokter dan harus dirawat.
terimakasih infonya, sangat bermanfaat bagi saya

December 17, 2013 at 9:37 AM

Thx infony, kbtulan kami skeluarga terjangkit virus ini.nyeri bgt, suami amoe ga bs jln.pokoke ga enak bgt

December 21, 2013 at 1:11 PM

saya pas lebaran kemaren terserang penyakit ini...dan sampai sekarang ngilu--ngilu di daerah persendian belum juga sembuh2.rasanya sangat mengganggu aktivitas.

December 21, 2013 at 1:12 PM

saya juga sama,,pas lebaraan kemaren saya terserang penyakit ini,,sampai sekarang sendi2 saya masih pada ngilu.dan sangat mengganggu

December 31, 2013 at 2:07 AM

gejala di atas sama yg saya rasakan.tp kalo demamnya sudah sembuh tp nyeri di bagian kaki tangan seluruh badan sakit bgt kalo pas buat jalan...nah sekarang gimana cara mempercepat menyembuhkan sakit nyerinya ??
Makasih.

Anonymous
January 7, 2014 at 7:06 PM

sama nih sepertinya saya juga kena penyakit itu, udah hampir 4 hari tidur selalu meriang, dan sendi2 selalu sakit banget pas jalan.
kira2 ada obat yang bisa bikin cepet sembuh ga ya?
karna kebetulan saya karyawan yg aktifitasnya padat.

January 14, 2014 at 7:30 PM

Terima kasih atas infonya sangat pas dg apa saya alami.Yang paling mengganggu adalah nyeri persendian pada lutut dan mata kaki.Berjalan jadi sukar dan tertatih-tatih.

January 27, 2014 at 4:48 AM

Itu yg saya alami skrng. Sangat tersiksa

January 31, 2014 at 9:04 PM

Saya sedang merasakan gejala ini..terima kasih infonya sangat bermanfaat :-)

February 1, 2014 at 7:25 PM

iya kemarin saya terkena penyakit ini. nangis sejadi-jadinya pokoknya. sampai sekarang ngilunya masih terasa. sekarang gantian ibu saya yang kena. kasian ngeliatnya sampe nangis2 juga... Ya Allah, semoga sakitku ini bisa membersihkan dosa, insya Allah... amin

February 11, 2014 at 8:34 AM

makasih banyak gan tips nya

February 21, 2014 at 11:39 PM

Saya bulan november 2013 kmrn terkena chikungunya, sampai saat ini yg mana sudah 3 bln berjalan nyeri dan bengkak masih saja sering muncul, sebetulnya brp lama waktu yg dibutuhkan supaya bisa sembuh total dr penyakit chikungunya? teman saya yg juga kena 1 bulan sudah sembuh total....apakah mungkin karna kondisi badan saya yg sedang tidak sehat? karena bulan lalu saya juga baru saja keguguran dan menjalani proses kuret....mohon penjelasannya apabila ada yg tau

tini
February 23, 2014 at 7:36 AM

Jangan2 sy dan anak sy juga kena cikungunya,,, yg kami rasakan demam tinggi dan persendian tangan dan kaki pd sakit,,, tp tidak ada rasa ngilu

March 3, 2014 at 7:01 AM

Terima kasih infonya.... krn 2 hari sampai sekarang saya kena cikunguya... yang saya rasakan pertama2 rasa nyeri dipersendian kaki kiri terus menjalar pada persendian lutut menjalar pd persendian pinggul, pergelangan kaki kiri, lutut,
Pergelangan tangan kanan kiri, punggung, leher kemudian kepal pusing dan badan tersa
panas dan menggigil badan terasa sakit semua terasa dipersendian terakhir sulit jalan bahkan ndak bs jalan selama sehari.

March 11, 2014 at 12:54 PM

thanks infonya,..

April 7, 2014 at 11:41 AM

Terimakasih sobat, sangat bermanfaat, semoga menjadi amal soleh di dunia dan akhirat

May 2, 2014 at 9:29 PM

Sangat bermanfaat artikelnya...apalgi dimusim seperti sekarang ini yang masih rawan terkena penyakit seperti ini. Terima kasih mas..

May 12, 2014 at 6:10 AM

Ya allah baru kemarin saya jenguk sodara yang kena cikungunya eh malah saya juga kena .... ngilu bgt semua badan tlg doain cepet sembuh yah... amiin..txs...wass wr.wb

Anonymous
May 17, 2014 at 9:52 PM

wow....

Anonymous
May 19, 2014 at 11:23 PM

wow! syukron yoo atas infonya

Anonymous
May 26, 2014 at 4:35 PM

Terima kasih ats infonya , sngt bermanfaat bg klg ,teman dan sanak saudara. Tp obt apa yg paling cepat hilangkan skt sendinya??

May 26, 2014 at 8:12 PM

@Anonymous
Sebagai gambaran, obat yang umum digunakan untuk mengatasi demam dan rasa sakit karena cikungunya adalah ibuprofen. Obat ini cenderung aman bila dikonsumsi sesuai aturan (juga termasuk aturan apabila dikonsumsi bersama obat lain, jadi juga perlu hati-hati). Sebaiknya periksakan diri ke dokter, dokter akan lebih mengetahui obat apa yang Anda butuhkan. Yang terpenting, Anda harus tetap beristirahat dan minum banyak cairan agar tidak dehidrasi. Semoga lekas sembuh

July 19, 2014 at 1:26 PM

sangat membantu terima kasih ya..atas informasinya...

isni
July 23, 2014 at 7:29 PM

Serumah kena cikungunya! Awalnya tetangga agak jauh dr rmh..trs nyebar ke rmh lain..dan skrg rumah sy sekeluarga kena,,diusulkan fogging,,pihak yg terkait malah minta bukti (hasil lab, dll)..padahal korbannya udah bnyk berjatuhan nih..
smoga ga kena anak bayi saya..
bulan puasa gini dikasiih cobaan sakit,,smoga masih bs khusu ibadah..aaamiin..

Post a Comment

 
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.