Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Thursday, March 07, 2013

Cara terbaik untuk mengatasi sakit kepala adalah mencegahnya jangan sampai timbul. Jenis sakit kepala ada bermacam-macam yang didasarkan dari letak dan penyebabnya, namun sakit kepala biasanya timbul karena tekanan dan ketegangan dalam hidup (jika bukan karena terdapat penyakit berat di kepala seperti tumor dan penyakit lainnya).

Percaya atau tidak, otak manusia juga dialiri listrik yang tentunya dalam kekuatan yang normal. Sakit kepala pada manusia juga bisa diartikan sebagai gangguan listrik pada otak, sehingga keadaan ini bisa menjalar ke lambung atau usus. Wajar bila kita melihat orang sakit kepala, maka lambungnya juga sakit atau ia juga menderita gangguan pencernaan.

Sakit Kepala

Ingat mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit bukan jalan terbaik. Berikut beberapa tips yang sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala yang datang terus menerus.

1. Jangan terlalu mengkhawatirkan dirimu sendiri. Rencanakanlah pekerjaanmu dengan baik, namun jangan merasa susah bila menemui kendala atau permasalahan yang tidak beres. Sikap yang tenang akan lebih memecahkan masalah.

2. Tidur cukup di waktu malam. Usahakanlah untuk cukup tidur diwaktu malam, selain itu ada baiknya juga melakukan tidur siang. Hal ini akan membantu meringankan ketegangan dan mengembalikan stamina.

3. Berhati-hatilah dengan obat yang menyebabkan ketergantungan, misalnya obat penenang atau obat penghilang rasa sakit lainnya. Obat-obat seperti ini mungkin akan meringankan sakit kepala dengan cepat, tapi sebenarnya tidak mengobati penyebabnya. Mudah bagi orang untuk bisa ketergantungan akan suatu obat. Jadi lebih baik jangan menggunakannya.

4. Hindari hal-hal yang mengganggu. Seperti cahaya yang terlalu menyilaukan, keramaian dan keributan, asap rokok, bau-bau yang menyengat, lalu lintas yang ramai dan ocehan para tetangga. jangan biarkan dirimu berada diluar batas kemampuanmu.

5. Rendam kaki di air hangat selama kira-kira dua puluh menit. Hal ini dapat membantu meringankan sakit kepala yang hebat. Kompres dingin yang ditaruh di kepala juga akan memberi manfaat. Namun, merendam kaki di air hangat akan lebih efekif ketimbang mengompres dingin pada kepala.

6. Hindari ketegangan saraf. Lakukan gerak badan secukupnya di luar rumah, terutama aktifitas berjalan kaki. Ini akan meredakan ketegangan dan membantu mencegah munculnya sakit kepala. Pijatan yang lembut di leher dan di punggung juga bermanfaat untuk mengatasi atau mencegah munculnya sakit kepala.

7. Berbahagialah dalam hidup. Anda tidak dapat selalu mengikuti kemauan sendiri, meskipun di rumah sekalipun. Ingat, sebuah sikap gembira dalam menjalani hidup merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya ketegangan. Oleh karena itu, berusahalah menghadapi persoalanmu dengan berani, tanpa rasa takut atau lemah.

Kita manusia yang beragama, ada baiknya selalu mengkomunikasikan segala permasalahan dengan Yang maha Kuasa. Bagi umat muslim, sholat terbukti efektif untuk meredakan ketegangan saraf apalagi ditambah dengan zikir dan doa. Dengan begitu, hidup kita akan tenang dan kemanapun kita melangkah atau menemui persoalan apapun, kita akan selalu merasa dilindungi/didampingi oleh yang maha kuasa.

Kredit foto : care.american-rhinologic.org
Share this article :

Artikel Menarik Lainnya

Post a Comment

 
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.