20 Agustus 2015

10 Makanan yang Sebaiknya Bayi Hindari

Bayi makan
Menurut para ahli, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik diberikan kepada bayi, terutama bayi yang berusia antara tiga sampai 12 bulan. Makanan-makanan yang disebutkan dibawah ini sukar dicerna oleh sistem pencernaan mereka. Seperti kita ketahui, kerja bayi utamanya adalah tidur sepanjang hari, jadi mereka akan merasa tidak nyaman apabila diberikan makanan-makanan seperti ini.

Makanan-makanan ini tidak dicerna oleh sistem pencernaan bayi dengan baik, karena sistem pencernaan mereka belum sempurna. Selain itu mungkin bayi juga akan muntah atau bahkan tersedak. Oleh karena itu, orang tua sejatinya tidak memberikan makanan-makanan ini kepada bayi mereka. Bayi pada rentang usia ini harus lebih banyak diberikan air susu, terutama tentunya ASI, jika tidak berikan ia makanan lain yang mudah dicerna. Nah, di bawah ini adalah 10 makanan yang sebaiknya dihindari oleh bayi:

Putih telur

Putih telur bukanlah pilihan makanan yang baik untuk bayi berusia di bawah usia satu tahun. Putih telur dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut mereka, atau yang lebih parah dapat memicu alergi dan menyebabkan eksim.

Selai kacang

Ini juga salah satu makanan yang sebaiknya bayi hindari karena teksturnya yang lengket dan dapat menyebabkan bayi tersedak dan muntah.

Anggur

Salah satu makanan lainnya yang sebaiknya bayi hindari buah anggur. Buah anggur mengandung asam yang belum cocok untuk pencernaan mereka. Selain itu, buah anggur berpotensi menyebabkan penyakit tenggorokan, juga dapat menyebabkan diare untuk bayi usia dibawah satu tahun.

Keju

Keju yang tidak dipasteurisasi akan meningkatkan risiko keracunan makanan ringan. Oleh karena itu, keju menjadi salah satu makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi.

Gandum

Makanan lainnya yang sebaiknya bayi hindari adalah makan makanan yang berhubungan dengan gandum. Gandung mengandung banyak gluten, sehingga akan membuat bayi kesulitan dalam mencernanya.

Jus

Jus buah mengandung asam yang tidak baik untuk bayi karena dapat menjadi penyebab masalah perut. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan mereka yang belum sekuat orang dewasa.

Kerang-kerangan

Salah satu makanan lainnya yang sebaiknya dihindari bayi adalah kerang-kerangan. Kerang-kerangan mengandung kadar merkuri yang tinggi yang tidak baik untuk tubuh mungil mereka. Mereka juga dapat menjadi alergi terhadap kerang-kerangan, yang tentu saja akan menciptakan masalah dan kepanikan bagi orangtua.

Stroberi

Meskipun buah stroberi kaya akan vitamin C, namun buah stroberi dinilai berbahaya bagi bayi. Buah stroberi mengandung asam yang tidak baik bagi pencernaan bayi, sehingga mereka akan sulit untuk mencernanya.

Coklat

Coklat mengandung kafein yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak usia dibawah satu tahun.

Kacang-kacangan

Karena bayi belum memiliki gigi atau belum memiliki kemampuan untuk mengunyahnya, yang terbaik bagi mereka adalah tidak memberikan mereka makanan kacang-kacangan, karena dapat menyebabkan mereka tersedak. (boldsky)