Manfaat Ajaib dari Mengkonsumsi Vitamin C

Monday, January 27, 2014
Buah Jeruk

Tubuh Anda membutuhkan vitamin C, yaitu vitamin yang larut dalam air, untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan komponen struktural tulang rawan, ligamen, tendon, pembuluh darah dan kulit.

Manfaat Vitamin C

Reaksi oksidasi di dalam tubuh akan menghasilkan radikal bebas yang akan merusak sel. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang berguna untuk menetralkan efek radikal bebas seperti yang ditimbulkan karena polusi, zat kimia beracun yang biasa ditemukan dalam makanan dan minuman.
Vitamin C memainkan peran dalam membersihkan nitrosamin berbahaya yang berhubungan dengan kanker lambung dan kerongkongan.
Minimnya kadar vitamin C pada wanita akan meningkatkan risiko penyakit serviks dan kanker.
Karena perannya dalam produksi jaringan ikat, vitamin C sangat penting dalam proses penyembuhan luka atau luka bakar. Vitamin C juga penting dikonsumsi setelah trauma besar atau pasca operasi.
Vitamin C juga berguna untuk kesehatan sendi karena membantu menjaga cairan sinovial sehingga gerakan sendi menjadi lebih mudah. Dan vitamin C juga membantu pada pasien rematik.
Vitamin C meningkatkan integritas tulang belakang, dan juga bermanfaat untuk pasien yang nyeri punggung.
Vitamin C membantu memperbaiki tulang dan gigi.
Vitamin C penting untuk mengatasi stres. Konsentrasi signifikan dari Vitamin C ditemukan dalam kelenjar adrenal, yang melepaskan epineprin dan norepineprin dalam situasi stres. Vitamin C juga penting dalam produksi zat kimia saraf tubuh.
Merokok dan mengonsumsi alkohol akan mengurangi kadar vitamin C dalam darah. Vitamin C merupakan nutrisi penting dalam pemulihan fungsi hati terutama dalam kasus sirosis alkoholik.
Vitamin C juga terbukti membantu detoksifikasi tubuh dalam kasus ketergantungan kokain, methamphetamine, dan kecanduan heroin. Orang-orang yang sering mengonsumsi obat analgesik, antidepresan, antikoagulan, kontrasepsi oral, dan steroid, kadar vitamin C -nya akan habis.
Dikonsumsi bersama vitamin E dan zinc (seng), vitamin C berguna untuk mengurangi katarak dan meningkatkan daya penglihatan.
Vitamin C yang dikonsumsi bersama obat herbal dan vitamin lain akan membantu memperbaiki pendengaran. Tingginya kadar vitamin C juga terbukti mengurangi tingkat keparahan wabah herpes, terutama herpes zoster.
Vitamin C berguna memperpendek masa demam Anda karena flu. Setidaknya untuk satu hari.
500 miligram vitamin C jika diminum bersama dengan antioksidan lain seperti 400 IU vitamin E, 15 miligram beta karoten dan 80 miligram seng akan membantu melindungi mata Anda dari degenerasi makula terkait usia.
Wanita yang beresiko tinggi pre-eklampsia akan memperoleh manfaat vitamin C yang dikonsumsi bersama dengan vitamin E. Pre-eklampsia merupakan penyebab utama dari kelahiran prematur.
Mengkonsumsi vitamin C dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan gusi dan meringankan mulut kering.
Mengkonsumsi vitamin C juga dapat membantu mengobati kondisi yang berhubungan dengan alergi seperti demam, asma dan eksim.
Vitamin C dapat mengurangi efek dari paparan sinar matahari seperti kemerahan atau terbakar karena sinar matahari.
Ketika dikonsumsi dengan vitamin E, Vitamin C efektif mengurangi karsinogen (zat pemicu kanker) yang berhubungan dengan kanker usus besar.
Sumber-sumber utama vitamin C antara lain buah jeruk, sitrus, stroberi, kangkung, paprika, brokoli, tomat, asparagus, alpukat, melon, mangga, kacang hijau, nanas, lobak, bayam, dan kubis brussel. Paprika sangat baik dalam mempertahankan konsentrasi vitamin C dibandingkan sayuran lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.