10 Makanan yang Sebaiknya Bayi Hindari

Thursday, August 20, 2015
Bayi makan
Menurut para ahli, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik diberikan kepada bayi, terutama bayi yang berusia antara tiga sampai 12 bulan. Makanan-makanan yang disebutkan dibawah ini sukar dicerna oleh sistem pencernaan mereka. Seperti kita ketahui, kerja bayi utamanya adalah tidur sepanjang hari, jadi mereka akan merasa tidak nyaman apabila diberikan makanan-makanan seperti ini.

Makanan-makanan ini tidak dicerna oleh sistem pencernaan bayi dengan baik, karena sistem pencernaan mereka belum sempurna. Selain itu mungkin bayi juga akan muntah atau bahkan tersedak. Oleh karena itu, orang tua sejatinya tidak memberikan makanan-makanan ini kepada bayi mereka. Bayi pada rentang usia ini harus lebih banyak diberikan air susu, terutama tentunya ASI, jika tidak berikan ia makanan lain yang mudah dicerna. Nah, di bawah ini adalah 10 makanan yang sebaiknya dihindari oleh bayi:

Putih telur
Putih telur bukanlah pilihan makanan yang baik untuk bayi berusia di bawah usia satu tahun. Putih telur dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut mereka, atau yang lebih parah dapat memicu alergi dan menyebabkan eksim.

Selai kacang
Ini juga salah satu makanan yang sebaiknya bayi hindari karena teksturnya yang lengket dan dapat menyebabkan bayi tersedak dan muntah.

Anggur
Salah satu makanan lainnya yang sebaiknya bayi hindari buah anggur. Buah anggur mengandung asam yang belum cocok untuk pencernaan mereka. Selain itu, buah anggur berpotensi menyebabkan penyakit tenggorokan, juga dapat menyebabkan diare untuk bayi usia dibawah satu tahun.

Keju
Keju yang tidak dipasteurisasi akan meningkatkan risiko keracunan makanan ringan. Oleh karena itu, keju menjadi salah satu makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada bayi.

Gandum
Makanan lainnya yang sebaiknya bayi hindari adalah makan makanan yang berhubungan dengan gandum. Gandung mengandung banyak gluten, sehingga akan membuat bayi kesulitan dalam mencernanya.

Jus
Jus buah mengandung asam yang tidak baik untuk bayi karena dapat menjadi penyebab masalah perut. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan mereka yang belum sekuat orang dewasa.

Kerang-kerangan
Salah satu makanan lainnya yang sebaiknya dihindari bayi adalah kerang-kerangan. Kerang-kerangan mengandung kadar merkuri yang tinggi yang tidak baik untuk tubuh mungil mereka. Mereka juga dapat menjadi alergi terhadap kerang-kerangan, yang tentu saja akan menciptakan masalah dan kepanikan bagi orangtua.

Stroberi
Meskipun buah stroberi kaya akan vitamin C, namun buah stroberi dinilai berbahaya bagi bayi. Buah stroberi mengandung asam yang tidak baik bagi pencernaan bayi, sehingga mereka akan sulit untuk mencernanya.

Coklat
Coklat mengandung kafein yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak usia dibawah satu tahun.

Kacang-kacangan
Karena bayi belum memiliki gigi atau belum memiliki kemampuan untuk mengunyahnya, yang terbaik bagi mereka adalah tidak memberikan mereka makanan kacang-kacangan, karena dapat menyebabkan mereka tersedak. (boldsky)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.