Cara Efektif Mencegah Bau Badan

Advertisement
Cara Efektif Mencegah Bau Badan

Banyak pria dan wanita yang mencari cara "menghilangkan bau badan" yang efektif. Dinilai dari sisi tata bahasa, sebenarnya ini cukup menggelikan, karena bila hanya ingin menghilangkan bau badan, semprot saja tubuh atau ketiak dengan minyak wangi atau deodorant. Mudah bukan? Yang sebenarnya diinginkan adalah bagaimana "cara mencegah timbulnya bau badan".

Tentu saja bau badan akan sangat mengganggu. Si pemilik bau badan mungkin saja tidak merasakannya, namun orang lainlah yang biasanya akan tersiksa. Dan lucunya, orang yang memiliki bau badan biasanya adalah orang yang terakhir menyadarinya. Orang-orang di sekeliling Anda biasanya akan lebih dulu tahu masalah bau badan Anda ketimbang Anda sendiri. Itulah fenomena bau badan yang sering menimbulkan cemoohan dan rasa malu.

Apakah Bau Badan Itu Normal ?

Bau badan atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai Bromhidrosis biasanya mulai terjadi pada masa pubertas karena peningkatan hormon androgen. Hormon-hormon ini belum aktif sampai seseorang itu memasuki masa pubertas, itulah sebabnya ketika masih kecil Anda tidak memiliki masalah dengan bau badan.

Sebenarnya keringat itu sendiri tidak berbau, namun bakteri memanfaatkannya sebagai tempat berkembang biak dengan cepat. Apa yang Anda cium itu adalah hasil dari pemecahan protein keratin bakteri pada permukaan kulit. Kedengarannya menjijikkan bukan? Tapi itulah fakta sebenarnya.

Ketika Anda beraktivitas di bawah terik matahari, tubuh akan memproduksi keringat. Berkeringat adalah cara tubuh untuk mengatur suhu agar tetap normal. Ketika keringat bertemu bakteri pada permukaan kulit, maka barulah terjadi bau yang tidak sedap itu. Bau itulah yang kita sebut dengan bau badan.

Bagaimana Cara Mencegah Bau Badan ?

Sementara bau badan biasanya dikaitkan dengan ketiak, bakteri juga dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap di selangkangan, daerah anus, paha atas, dan kaki. Membasuh kulit dengan kain basah dan sabun -terutama pada anggota tubuh yang rawan berkeringat- akan membantu mencegah bau badan. Jika Anda ingin terbebas dari bau badan, perhatikan tips berikut :
  • Gunakan antiperspirant. Antiperspirant akan bekerja dan mencegah timbulnya keringat di tubuh Anda. Ingat, deodorant tidak mencegah keluarnya keringat. Deodorant hanya menutupi bau keringat pada kulit Anda. Antiperspirant adalah agen kimia yang akan mengurangi keringat. Saat ini juga banyak antiperspirant yang mengandung deodorant, yang akan membantu menutupi bau. Jadi, sebelum Anda membeli suatu produk, sebaiknya periksa dan pastikan produk tersebut mengandung antiperspirant.
  • Jaga agar ketiakmu tetap kering. Bakteri akan mengalami kesulitan pemijahan di area tubuh yang kering.
  • Coba larutan hidrogen peroksida dan air untuk melawan bau. Larutkan 1 sendok teh peroksida 3% ke dalam 1 gelas air. Lap bagian tubuh yang rawan atau terkena (ketiak, kaki, pangkal paha) dengan waslap dengan menggunakan larutan ini. Ini akan membantu membunuh beberapa jenis bakteri yang menciptakan bau.
  • Jika keringat akibat bekerja adalah penyebab utama bau badan Anda, sering-seringlah mencuci pakaian. Pakaian yang sudah dibasahi keringat adalah tempat yang baik untuk berkembangbiaknya bakteri.
  • Ubah diet Anda. Terkadang, makanan berlemak, berminyak atau makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, kari, dan bawang, bisa merembes melalui pori-pori Anda dan menyebabkan bau badan. Namun ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan pola makan yang drastis/sangat berbeda.
  • Jika Anda termasuk orang yang memiliki keringat berlebih (hiperhidrosis), komunikasikanlah dengan dokter. Akan ada beberapa pengobatan yang dokter bisa berikan untuk Anda. Selain itu, masalah medis tertentu juga bisa menyebabkan produksi keringat yang berlebih. Dokter akan mendiagnosis dan memberikan resep pengobatan.
  • Menghilangkan bulu ketiak secara teratur akan membantu mencegah akumulasi bakteri yang akhirnya dapat mengurangi keringat dan bau. 

Dalam beberapa golongan masyarakat, bau badan tentu saja masih dapat diterima. Namun kebanyakan negara di dunia saat ini memiliki isu sensitif dengan bau badan. Anda mungkin pernah mendengar bahwa sudah suatu perusahaan akan mewajibkan calon karyawannya bebas dari bau badan? Terutama bagi pelamar-pelamar kerja, suatu perusahaan memang tidak menyebutkan secara resmi bahwa mereka tidak menerima orang yang memiliki masalah dengan bau badan. Namun saat penerimaan pegawai, ada kalanya mereka akan membuat para pelamar kerja agar berkeringat dengan berbagai cara. Tanpa pelamar kerja ketahui, mereka juga memeriksa bau badan Anda. Selain itu, agama juga menyarankan kita untuk tetap selalu bersih.

Cara terbaik untuk mengatasi bau badan adalah dengan mencegahnya. Bagi para remaja, tingkat kebersihan tubuh harus cukup baik seperti membasuh secara rutin atau menggunakan antiperspirant dan deodorant pada ketiak.

Image Credit
  • younghrmanager.com
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer