5 Cara Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak

Thursday, May 23, 2013

Sengaja tidak kami tampilkan gambar bulu ketiak yang sebenarnya, karena bisa saja akan merusak selera makan Anda, lagipula kami rasa Anda tidak perlu tahu lagi bagaimana bentuk bulu ketiak yang sebenarnya. Dalam ilmu kesehatan, pelafalan yang betul adalah rambut ketiak, bukan bulu ketiak. Namun karena sudah lazim digunakan, maka kami sebut saja dengan bulu ketiak.

Setiap orang terutama wanita biasanya ingin menghilangkan bulu ketiak dengan cepat dan efisien, namun kebanyakan mereka tidak mengetahui cara apa yang terbaik yang harus dilakukan. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara untuk menghilangkan bulu ketiak dengan cepat, maka perhatikan metode-metode di bawah ini.

Setiap metode ini memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri, dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka Anda cukup memilih salah satu saja yang sesuai dengan tipe tubuh atau kondisi Anda. Misalnya, jika Anda sensitif dengan lilin (wax) untuk menghilangkan bulu ketiak, maka pilihlah krim penghilang bulu sebagai gantinya. Berikut 5 metode untuk menghilangkan bulu ketiak :

1. Mencukur - Metode memangkas bulu ketiak
Tentu saja Anda sudah familiar dengan metode yang satu ini. Mencukur adalah metode untuk menghilangkan bulu ketiak yang tercepat, paling sederhana dan tentu saja murah. Hampir semua orang bisa melakukannya baik itu di rumah maupun di perjalanan. Untuk meminimalisir kemungkinan timbulnya nyeri saat bercukur, ada baiknya mengoleskan semacam krim atau sabun sebelumnya. Namun, hasilnya tidak akan berlangsung lama karena setelah beberapa hari setelah bercukur, bulu ketiak akan kembali muncul dan kulit akan terasa kasar.

Tidak dianjurkan untuk menggunakan metode ini terlalu sering karena daerah ketiak akan menjadi lebih sensitif, kulit menjadi hitam dan risiko bulu ketiak tumbuh akan semakin meningkat. Selain itu bisa terjadi pelebaran pori-pori di kulit ketiak yang bisa menyebabkan agen asing (bedak, deodorant dll) mudah sekali masuk ke ketiak dan akhirnya menumpuk di dalamnya.
Keuntungan : Metode ini cepat, sederhana dan efisien. Bisa dilakukan di mana pun.
Kekurangan : Efeknya tidak akan berlangsung lama. Biasanya seseorang harus mengulangi prosedur ini setidaknya minimal satu kali seminggu. Kulit bisa menghitam bila terlalu sering melakukannya.


2. Krim Depilatory - Metode tanpa rasa nyeri dan efisien
Menggunakan krim untuk menghilangkan bulu ketiak memang sangat cepat dan mudah, namun umumnya hanya bisa dilakukan di rumah. Krim yang banyak dijual di toko-toko kesehatan/kecantikan ini akan melarutkan rambut dari permukaan kulit dan akhirnya lepas dari kulit. Dengan menggunakan metode ini, ketiak akan tetap mulus dalam waktu yang lama dibandingkan dengan bercukur.

Pilihlah krim yang tepat, minimal yang memiliki sertifikasi dari BP POM RI. Untuk lebih amannya, ada baiknya sebelum menggunakan krim terlebih dahulu melakukan tes toleransi. Caranya, oleskan krim ini ke kulit siku dengan diameter kira-kira 5cm. Biarkan selama beberapa jam, jika tidak terjadi apa-apa pada kulit (perubahan warna / gatal /nyeri), maka penggunaan bisa diteruskan. Beberapa krim penghilang bulu ketiak satu kombinasi dengan mikro-kapsul Aloe Vera, krim semacam ini cukup dianjurkan untuk meminimalisir alergi. Baca aturan pakainya, dan basuh dengan baik setelah menggunakannya.
Keuntungan : Metode ini murah, cepat, efisien dan bisa diterapkan di rumah, di area pribadi Anda.
Kekurangan : Bulu ketiak akan cepat tumbuh dan beberapa jenis krim mungkin menyebabkan iritasi pada orang-orang yang berkulit sensitif.


3. Laser - Penghilang bulu ketiak tingkat tinggi dan permanen
Praktisnya, laser akan membakar dan mematikan jaringan folikel pada bulu ketiak Anda, namun tenang, ini bukan prosedur yang menyakitkan. Karena laser ini bersifat "mencari" warna yang gelap, wanita berkulit putih dengan bulu ketiak yang hitam akan lebih mendapatkan hasil yang terbaik. Sedangkan, orang yang berkulit gelap kurang bisa menyerap laser, kemungkinan dapat menyebabkan luka bakar.

Untuk metode ini, dianjurkan untuk menggunakan intensitas laser rendah, tetapi hasilnya kebanyakan sama. Tidak ada jaminan bahwa metode ini akan menghilangkan bulu ketiak secara permanen, namun bulu ketiak akan lebih tipis saat tumbuh kembali. Selain mahal, metode ini juga berisiko jadi harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli atau di klinik yang sudah terpercaya.
Keuntungan : Bulu ketiak hilang untuk jangka panjang dan bisa saja permanen (dalam banyak kasus).
Kekurangan : Prosedur ini cukup mahal dan memakan waktu yang lama, setidaknya membutuhkan jeda 4 minggu setiap sesi.


4. Elektroda - Hasil terbaik dengan harga termahal
Metode menggunakan elektroda dianggap sebagai metode yang terbaik untuk menghilangkan bulu ketiak. Elektroda akan menyingkirkan bulu yang tidak diinginkan dengan permanen, namun tentu saja Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Bagaimana cara kerja metode ini ? Nah, jarum yang sangat halus dimasukkan ke dalam folikel rambut, dilanjutkan dengan pelepasan elektroda yang akan membakar pembuluh darah, yang akhirnya mencegah tumbuhnya bulu ketiak di masa mendatang. Untuk melakukannya biasanya akan memerlukan waktu setidaknya 10 jam untuk masing-masing ketiak. Metode ini juga yang paling menyakitkan dari semua metode menghilangkan bulu ketiak dan hanya direkomendasikan untuk bulu ketiak yang sedikit/ringan.
Keuntungan : Hasil Permanen
Kekurangan : Biaya tinggi, tidak semua orang dianjurkan menggunakan metode ini.


5. Wax - Penghilang bulu ketiak lain yang cukup efisien
Cara kerja wax adalah dengan mengoleskan wax (semacam lilin) di bagian ketiak lalu ditarik dengan sejenis kertas melawan arah tumbuhnya bulu ketiak. Bulu ketiak akan tercabut hingga ke akarnya, dan hasilnya kulit akan tetap mulus selama 3-4 minggu. Nyeri yang terjadi saat proses pencabutan dan sesudahnya cukup signifikan, namun pil penghilang rasa sakit seperti antalgin atau parasetamol (bila perlu) setelah 20 menit dari sesi pencabutan akan mengurangi rasa nyerinya.
Keuntungan : Metode ini cepat dan murah
Kekurangan : Hasil tidak permanen dan prosedurnya bisa sangat menyakitkan

Jika Anda masih bertanya tentang "bagaimana cara menghilangkan bulu ketiak?" Anda bisa juga mencoba metode lain yang tersedia, namun yang kami sebutkan diatas adalah cara menghilangkan bulu ketiak yang paling efektif.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.