Penanganan Luka Bakar Ringan dan Serius

Friday, April 19, 2013

Keadaan darurat seperti luka bakar bisa saja terjadi pada setiap rumah tangga atau tempat kerja. Khusus dirumah tangga, kejadian luka bakar kadang kala sering terjadi, hal ini biasanya terjadi pada anak-anak yang karena memang sudah sifatnya ingin mencoba/memainkan segala macam benda yang menarik perhatiannya. Oleh karena itu, orang tua harus dituntut untuk siap menghadapi berbagai keadaaan darurat bagi anak-anaknya, dalam hal ini penanganan untuk luka bakar.

Setiap orang tua harus tahu mengenai apa-apa yang harus dilakukan dalam menghadapi situasi darurat luka bakar. Berikut kami uraikan perawatan untuk luka bakar. Perawatan ini ini bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi juga berlaku untuk orang dewasa.

Pengenalan Luka Bakar

Luka bakar bisa menjadi keadaan yang berbahaya, bukan saja mengakibatkan nyeri pada daerah yang terbakar, tetapi juga mengakibatkan perubahan kimia di dalam tubuh, bahkan kematian. Luka bakar bisa terjadi karena cairan panas, kompor, knalpot, radiator, aliran listrik, petasan, zat kimia, setrika, gas, sinar matahari, dan masih banyak sebab-sebab lainnya. Keadaan luka bakar yang berbahaya adalah bila sampai terjadi shock. Shock sering terjadi karena luka bakar yang terjadi pada sebagian besar dari tubuhnya.

Bila seseorang mengalami luka bakar yang serius, mereka akan kehilangan cairan di dalam tubuh dalam jumlah besar dan ini sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak. Ginjal dan kelenjar anak ginjal bisa saja tidak lagi bekerja dengan baik dan organ-organ tubuh lainnnya mungkin juga akan terganggu akibat luka bakar.

Luka bakar yang terlihat kecil pun mungkin akan menyebabkan kelainan bentuk bila terjadi pada persendian yang besar, misalnya pada lutut dan siku. Apabila luka bakar itu berkategori dalam, maka akan mengakibatkan timbulnya jaringan parut. Seandainya jaringan parut ini mengganggu fungsi dari persendian, maka bagian itu harus dikeluarkan/diangkat dengan cara pembedahan.

Perawatan Luka Bakar

Untuk luka bakar yang ringan, tidak perlu dibawa ke rumah sakit, cukup dirawat di rumah saja. Cucilah bagian yang terkena luka bakar itu dengan sabun dan air hangat, sesudah itu oleskan petrolatum atau vaselin dan tutup dengan kain kasa. Balutlah dengan baik. Tekanan karena kain kasa yang dibalutkan akan membantu mengurangi rasa nyeri dan juga untuk mengurangi kehilangan cairan tubuh. Jika terjadi nyeri yang cukup hebat, berilah si korban obat penghilang rasa sakit seperti antalgin atau asam mefenamat (awas, ini obat keras) atau juga paracetamol untuk mengurangi rasa nyeri.

Perawatan luka bakar

Perawatan Luka Bakar Serius

Luka bakar yang serius bisa diartikan sebagai luka bakar yang menembus lapisan kulit dalam dan biasanya menyebabkan lepuh. Bersihkan kulit terlebih dahulu dan keluarkanlah semua kotoran (bila ada) dengan sabun dan air hangat. Keadaan lepuh yang besar boleh dipecahkan dengan menggunakan jarum atau ujung pisau yang tajam yang sebelumnya sudah disterilisasi (dibersihkan dari kuman) dengan nyala api atau juga bisa dengan alkohol.

Taruhlah kain kasa yang sudah dibubuhi dengan vaselin pada bagian yang terbakar dan balut dengan baik. Ingat, jika luka bakar terjadi 10% dari tubuh, maka si korban harus segera mendapatkan perawatan di rumah sakit. Luka bakar akan sangat berbahaya bila bagian wajah, tangan, kaki dan alat kelamin juga ikut terbakar. Jika si korban dalam keadaan shock, namun masih sadar, berilah ia minum air hangat. Segera bawa si korban ke rumah sakit, dan ingat jangan pernah berusaha memberikan minum untuk orang yang tidak sadar.

Perawatan Luka Bakar Karena Bahan Kimia

Luka bakar karena bahan kimia mungkin akan mengakibatkan parut yang dalam. Lepaskan semua pakaian (ganti) yang Anda pakai ketika Anda terkena bahan kimia dan cuci dengan baik bagian yang terkena dengan air yang banyak. Ada baiknya untuk membasuh bagian yang terkena bahan kimia (luka bakar) dengan air mengalir selama beberapa menit.

Jika bahan kimia itu adalah asam yang keras, cobalah menetralkannya dengan kain basah yang direndam dalam larutan natrium bicarbonat (BicNat). Luka bakar karena alkali dapat dinetralkan denga cuka. Luka bakar karena karbol dapat dinetralkan dengan alkohol. Jika terbakar hebat, taruhlah kain basah seperti yang dianjurkan tadi, dan segera bawa si korban ke rumah sakit.

Perawatan Luka Bakar Karena Uap


Luka Bakar karena uap panas harus dirawat seperti luka bakar serius lainya. Jika si korban merasa lemah, berilah ia minum minuman yang hangat. Jika ia tidak sadar, baringkanlah dan jangan beri minum dan segera bawa ke rumah sakit.

Perawatan Luka Bakar Karena Listrik

Luka bakar karena listrik dapat dirawat seperti pada luka bakar serius lainnya. Rawatlah seperti perawatan untuk luka bakar serius.

Perawatan Luka Bakar Karena Sinar Matahari

Luka bakar karena sinar matahari bisa saja terjadi. Oleskan minyak zaitun atau krim dingin pada bagian yang terbakar. Si korban harus tetap diam, dan berbaring. Obat penghilang rasa sakit boleh diberikan guna menghilangkan nyeri. Kantong es dan alat pendingin lainnya, seperti handuk yang dicelupkan ke dalam air es, boleh ditempelkan ke kulit yang terbakar untuk menghilangkan nyeri. Calamine lotion juga akan sangat membantu.

Kredit foto : www.msktc.org
Share this article :

Artikel Menarik Lainnya

+ comments +1comments

Anonymous
July 11, 2013 at 1:42 PM

Terimakasih infonya

Post a Comment

 
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan bertanggungjawab atas pandangan tersebut. Semua resiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.