18 April 2013

Pentingnya Mengonsumsi Buah Antioksidan Setiap Hari

Semangka kaya anti oksidan
Salah satu makanan penting bagi tubuh adalah buah, karena buah kaya akan mineral, vitamin, dan serat. Ketiganya zat ini sangat dibutuhkan sebagai bagian dari fisiologi tubuh manusia.
Tubuh akan membutuhkan mineral yang disebut juga trace element walaupun dalam jumlah yang kecil. Jika kekurangan ketiga atau salah satu saja zat ini, fisiologi tubuh akan terganggu. Vitamin dibutuhkan untuk menjaga kebugaran dan fisiologi agar tetap berfungsi dengan baik. Sedangkan serat, tugasnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan.
Maka ditekankan, buah yang berwarna mencolok seperti semangka, jambu biji, ceri, stroberi, dan kurma sebaiknya rutin dikonsumsi setiap hari karena banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Pasalnya antioksidan terdapat pada kandungan vitamin A, E dan C yang terdapat pada buah-buahan berwarna mencolok.

Selain itu, buah jeruk juga mengandung vitamin C yang kaya akan zat antioksidan. Sangat baik untuk dikonsumsi guna mencegah pengeroposan tulang, mencegah asma, menurunkan kadar kolesterol, dan lain sebagainya.

Antioksidan merupakan zat yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan senyawa yang nantinya akan mengikat atau mengonsumsi oksigen yang akibatnya akan menghambat pertumbuhan dan metabolisme sel, dan sifatnya juga merusak dinding sel.

Oleh karena itu, radikal bebas perlu dinetralisir dengan antioksidan. Sebab, pada situasi ekstrim, radikal bebas bisa menimbulkan mutasi pada DNA hingga dapat menimbulkan kanker. Salah satu cara untuk menangkal radikal bebas salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang cukup.

Seharusnya kita mengonsumsi buah setiap hari. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak, bisa satu hingga tiga potong saja dan itu biasanya sudah cukup untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Namun pada penderita kanker dan penyakit kronis lainnya, konsumsi buah harus lebih banyak lagi.

Selain  dari buah-buahan yang warnanya mencolok, dimanakah lagi sumber antioksidan? Sebenarnya antioksidan telah disediakan/dibuat dalam bentuk preparat kapsul ataupun cairan yang dijual oleh perusahaan farmasi. Namun secara fisiologis, sebaiknya antioksidan langsung didapatkan dengan konsumsi buah secara langsung, khususnya buah yang berwarna mencolok. (FS)
Disadur dari wawancara Sumeks dengan dr Erial Bahar MSc, Ketua PHD PKBI Sumsel.