Kanker: Jenis, Stadium, dan Perawatan

Sel kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh yang disebabkan oleh perubahan pada sebagian gen yang mengontrol perilaku sel.

Kanker dapat disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa jenis kanker dapat dicegah dengan menghindari faktor risikonya.

Deteksi dan pengobatan dini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan peluang kesembuhan kanker.

Jenis tumor

Tumor adalah benjolan atau pertumbuhan dari sel-sel abnormal. Tumor bisa bersifat jinak (non kanker) atau ganas (kanker). Tumor jinak terdiri dari sel-sel yang mirip dengan sel normal. Mereka tidak menyebabkan masalah kecuali jika ukurannya sudah besar dan mulai menekan organ lain di dalam tubuh.

Tumor ganas terdiri dari sel kanker dan biasanya tumbuh jauh lebih cepat daripada tumor jinak. Jika tidak ditangani, mereka dapat menyebar ke jaringan sekitarnya dan ke bagian tubuh lain, dan menyebabkan masalah serius.

Pertumbuhan sel abnormal

Umumnya, kanker terjadi ketika sel-sel normal dalam tubuh tumbuh tidak terkontrol. Tubuh terdiri dari miliaran jenis sel yang berbeda. Tubuh selalu membuat sel baru. Pertumbuhan dan penambahan sel baru membantu kita untuk tumbuh, mengganti sel-sel yang rusak, dan menyembuhkan sel yang rusak akibat cedera. Cara sel-sel baru berkembang dan berperilaku dikontrol oleh gen khusus.

Jika gen ini rusak, sel-sel tubuh dapat berkembang biak dengan cepat, tidak terkontrol, dan tumbuh secara tidak normal. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini bisa berubah menjadi kanker. Jika sel-sel kanker terlalu banyak menggantikan sel-sel sehat, organ yang terkena tidak dapat berfungsi dengan baik.

Di mana kanker dimulai

Kanker dapat mulai tumbuh di bagian tubuh manapun. Kanker memiliki sebutan yang berbeda-beda tergantung dari lokasi awal kemunculannya. Sebagai contoh:
  • Karsinoma - tumbuh di sel-sel yang melapisi kulit dan rongga tubuh.
  • Sarkoma - tumbuh dalam jaringan pendukung tubuh seperti otot, tulang, dan jaringan lemak.
  • Leukemia - jenis kanker yang berkembang di jaringan di mana sel-sel darah putih terbentuk, yang disebut sumsum tulang, dan mempengaruhi sel-sel dalam darah.
  • Myeloma - berkembang di sel plasma.
  • Limfoma - tumbuh di sel-sel sistem limfatik.

Bagaimana kanker menyebar

Kanker mulai menyebar ketika bagian dari tumor utama (tumor primer) memisahkan diri dari tempat ia pertama kali tumbuh dan bergerak ke jaringan di dekatnya atau ke bagian lain tubuh. Sel-sel kanker kemudian mulai tumbuh di daerah itu.

Tumor ganas yang menyebarkan selnya ke jaringan di dekatnya dikenal sebagai kanker invasif. Ketika kanker menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian lain, itu dikenal sebagai kanker sekunder atau 'metastasis'.

Untuk kanker tumbuh lebih besar dari kepala peniti dan menyebar, itu harus menumbuhkan pasokan darahnya sendiri. Ini disebut angiogenesis. Tanpa suplai darah ini, sel-sel di tepi tumor akan mati karena kekurangan oksigen.

Sel-sel kanker menghasilkan zat yang memungkinkan mereka untuk bergerak melalui tubuh jauh lebih mudah daripada sel-sel normal. Juga, sel-sel kanker tidak menempel bersama seperti halnya sel-sel normal.

Kanker dapat menyebar dalam tiga cara utama, yaitu:
  • secara lokal, di dalam dan di dekat jaringan di sekitar kanker primer
  • melalui sistem limfatik
  • melalui peredaran darah.

Kanker dan stadium

Kanker diklasifikasikan menurut stadium, mulai dari angka 1 hingga 4. Stadium mencerminkan ukuran kanker dan seberapa jauh kanker telah menyebar.

Stadium juga terkait dengan tingkat keparahan kanker. Stadium 1 biasanya paling ringan, kecil dan terbatas pada area lokal tubuh, sedangkan stadium 4 umumnya disebut kanker metastatik atau sekunder, karena telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Mengetahui stadium kanker membantu para profesional medis memutuskan pengobatan terbaik yang akan digunakan.

Ada berbagai cara untuk menentukan stadium kanker, tetapi umumnya akan mencari sejumlah faktor kunci seperti:
  • ukuran kankernya
  • apakah kanker telah menyerang jaringan di dekatnya dan seberapa banyak
  • apakah kanker telah menyebar ke pembuluh getah bening di dekatnya dan seberapa banyak
  • apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru, tulang, hati dan otak.

Faktor risiko untuk kanker

Penyebab pasti kebanyakan kanker tidak diketahui dan tidak ada satu penyebab untuk semua jenis kanker. Beberapa faktor risiko cenderung menyebabkan kanker, sedangkan yang lain hanya akan sedikit meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker. Kombinasi faktor genetik dan lingkungan dapat meningkatkan risiko kanker.

Beberapa faktor risiko meliputi:
  • Usia - sebagian besar jenis kanker menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.
  • Genetik make-up - sebagian orang dilahirkan dengan mutasi genetik yang sudah menempatkan mereka lebih berisiko terkena kanker.
  • Riwayat keluarga - perubahan gen diturunkan dari orangtua ke anak.
  • Gaya hidup - termasuk diet yang tidak sehat, merokok dan alkohol, dan kurang aktivitas fisik.
  • Penyebab lingkungan - juga termasuk paparan radiasi alami yang terlalu banyak dari matahari atau gas radon (gas mulia yang tidak radioaktif, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa).
  • Paparan bahan kimia berbahaya - termasuk beberapa pewarna, karet, gas dan asbes.
  • Radiasi buatan manusia - ini dapat mencakup radiasi dari prosedur medis (misalnya, sinar-x), televisi dan pembakaran bahan bakar yang mudah terbakar.
  • Virus - virus tertentu dapat membantu menyebabkan beberapa kanker, meskipun Anda tidak akan terkena kanker langsung begitu telah terinfeksi.
  • Sistem kekebalan tubuh - orang-orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan mereka memiliki risiko lebih besar untuk beberapa bentuk kanker.

Perawatan untuk kanker

Ada tiga jenis pengobatan standar utama yang digunakan dalam perawatan kanker. Masing-masing dapat digunakan untuk mencoba menyembuhkan kanker, untuk menghilangkan gejala, untuk membantu perawatan lain bekerja lebih baik atau untuk meningkatkan kelangsungan dan kualitas hidup.

Perawatan untuk kanker meliputi:
  • Pembedahan - kanker diangkat melalui operasi. Ini sering kali merupakan langkah pertama pengobatan jika kanker belum menyebar. Operasi juga dapat mengangkat kelenjar getah bening jika telah dipengaruhi oleh kanker. Kanker sistem darah (seperti leukemia) tidak dapat diobati dengan pembedahan.
  • Kemoterapi - penggunaan obat pembunuh sel-sel kanker. Ada banyak jenis obat kemoterapi. Sebagian dalam bentuk tablet atau kapsul, tetapi sebagian besar diberikan dalam bentuk infus ke dalam pembuluh darah. Obat masuk ke aliran darah dan berjalan ke seluruh tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker.
  • Terapi radiasi (atau radioterapi) - menggunakan radiasi dosis kecil dan tepat yang menargetkan dan menghancurkan sel-sel kanker. Kanker yang belum menyebar sering dapat diobati secara efektif dengan terapi radiasi.
  • Terapi biologis - termasuk imunoterapi untuk memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker, dan antibodi monoklonal yang memblokir molekul yang menghentikan kerja sistem kekebalan. Beberapa jenis terapi biologis sekarang digunakan untuk mengobati kanker jenis tertentu. Penelitian terus berlanjut dan banyak terapi sedang diuji dalam uji klinis.

Perawatan kanker dapat berupa satu perawatan saja atau kombinasi perawatan. Beberapa orang mungkin juga menggunakan terapi komplementer dan alternatif. Ketika digunakan bersama pengobatan kanker konvensional, beberapa terapi ini dapat membuat penderita merasa lebih baik dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Pengobatan kanker lainnya adalah penggunaan terapi hormon. Ada penelitian yang sedang berlangsung dalam perawatan kanker baru, dan beberapa di antaranya mungkin melibatkan perawatan laser, cryotherapy, terapi photodynamic dan high-intensity focused ultrasound (HIFU)

Adakalanya, kanker didiagnosis ketika sudah parah. Ini dapat berarti bahwa pengobatan standar tidak akan menyembuhkan kanker. Ketika penyembuhan tidak mungkin, kemoterapi, radioterapi atau perawatan lainnya masih dapat meringankan gejala dan membantu orang merasa senyaman mungkin. Mereka juga dapat memperpanjang usia. Ini disebut perawatan paliatif.

Remisi - lenyapnya gejala kanker

Kanker yang merespons pengobatan akan berhenti tumbuh atau mulai menyusut. Ini berarti tanda dan gejala kanker hilang. Dokter menyebut ini sebagai remisi. Remisi bisa berlangsung dari bulan hingga tahun.

Statistik kanker

Penting untuk diingat bahwa statistik sangat umum dan hanya digunakan sebagai panduan. Tiga kelompok statistik paling umum yang digunakan untuk menggambarkan kanker adalah:
  • Insiden - jumlah orang yang mengembangkan jenis kanker tertentu setiap tahun
  • kelangsungan hidup - berapa lama penderita dapat bertahan hidup dari kanker tergantung pada jenis kanker, usia , stadium kanker dan perawatan yang diterima. Biasanya digambarkan sebagai 'kelangsungan hidup lima tahun' dan 'kelangsungan hidup 10 tahun', yang mengacu pada persentase orang yang hidup lima atau 10 tahun setelah diagnosis mereka dengan jenis kanker tertentu. Beberapa orang mungkin sembuh, tetapi bagi orang lain, kanker akan kembali (kambuh) dalam periode ini. Orang lain mungkin dalam masa remisi selama bertahun-tahun sebelum kanker kambuh
  • mortalitas - jumlah orang yang meninggal karena jenis kanker tertentu dalam setahun.

Angka insiden dan kematian dapat bervariasi di antara kelompok orang yang berbeda. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi angka ini meliputi:
  • Perbedaan sosial ekonomi
  • Perbedaan geografis
  • Perbedaan tempat kelahiran.

Article Resources
  • Cancer. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/cancer
  • Cancer information and support, Macmillan Cancer Support, UK