Kulit Sehat, Siapa yang Tidak Ingin ?

Tuesday, February 19, 2013
Tubuh manusia telah dikaruniai tuhan dengan penutup yang paling indah, yaitu kulit. Tidak ada sesuatu yang dipandang manis dan lebih menarik daripada kulit yang sehat dan berseri-seri. Namun, ada kalanya indahnya kulit seseorang dinodai dengan parut luka yang jelek atau ruam menahun yang kebanyakan daripadanya mungkin tidak akan terjadi seandainya kita telah memelihara kulit itu sebagaimana mestinya.

Penyakit kulit bisa terjadi pada siapa saja. Setiap orang harus menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit, karena sudah tentu luka dan penyakit pada kulit dapat meninggalkan bekas, barangkali bisa seumur hidup.

Lapisan kulit manusia
Lapisan kulit manusia

Kulit Anda mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting. Kulit itulah yang menjadi garis depan pertahananmu dari kuman/bakteri yang mau memasuki tubuhmu. Enzim yang terdapat pada permukaan kulit akan memusnahkan kuman-kuman dengan cepat, dengan syarat kondisi kulit tersebut dalam keadaan sehat dan utuh. Retak dan sobek kecil pada permukaan kulit akan membuka jalan bagi kuman untuk masuk dan akhirnya menyebabkan infeksi, bukan saja infeksi di dalam kulit, tetapi juga bisa masuk ke jaringan-jaringan yang lebih dalam.

Tidak hanya itu, kulit Anda juga mempunyai fungsi penting lain, yaitu membantu mengatur suhu tubuh. Contohnya saat Anda melakukan gerak badan terus menerus atau sedang bekerja atau berolahraga, otot-otot Anda akan menghasilkan panas yang banyak. Nah, agar suhu tubuh Anda tetap normal, panas ini harus dihilangkan dengan cepat, karena bila tidak akan menyebabkan demam tinggi. Nah, disinilah fungsi kulit untuk menyejukkan tubuh. Bagaimana kulit melakukannya? Pada saat itu akan ada banyak darah yang mengalir dengan cepat ke kulit. Banyaknya darah pada kulit ini menimbulkan warna kemerah-merahan pada kulit. Selanjutnya pembuluh kecil pada kulit akan melebar dan darah yang melaluinya akan disejukkan dengan udara dari luar.

Proses pengeluaran keringat malah lebih penting lagi. Kelenjar-kelenjar keringat yang kecil di dalam kulit mengeluarkan air yang banyak. Ketika keringat ini menguap, akan banyak sekali panas yang dibawa keluar dan ini membantu untuk menormalkan kembali suhu tubuh. Anda tidak perlu memerintahkan kulit untuk melakukan itu, karena semua kerja kulit ini dilakukan oleh susunan saraf dan pembuluh darah yang serba lengkap yang terdapat di dalam kulit, di bawah perintah susunan saraf simpatis dari tubuh. Tetap jaga kesehatan kulit.

Kredit foto : webmd.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.