Hubungan Antara Kesehatan Gigi dan Berat Badan

Gigi sehat

Senyum yang indah merupakan cerminan gigi yang sehat. Hampir semua orang akan membenarkannya, tapi apakah Anda tahu bahwa ada hubungan antara kesehatan gigi dan penurunan berat badan? Ini sama halnya dengan kesehatan mulut yang juga memiliki hubungan dengan kenaikan berat badan.

Berikut kami akan menguraikan bagaimana kesehatan gigi yang optimal dapat membantu menurunkan berat badan.

Hubungan antara mulut dan tubuh

Seperti yang umum diketahui, kesehatan mulut sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Gigi dan mulut yang sehat akan mencegah dari penyakit serius pada sistem kardiovaskular dan pernapasan. Lantas, bagaimana kesehatan gigi dapat mempengaruhi berat badan?

Ketika kita berbicara mengenai kesehatan gigi, bukan berarti orientasinya hanya pada menyikat gigi dan flossing, tetapi juga aspek berbeda lainnya seperti diet dan kebiasaan sehari-hari. Dari situ baru dapat diketahui bagaimana seluruh aspek-aspek ini akan mempengaruhi berat badan.

Higiene (kebersihan)

Penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan potensial antara penyakit gusi dan obesitas. Hal ini karena peradangan yang terjadi akibat penyakit gusi menyebabkan stres di dalam tubuh, menyebabkan masalah metabolisme dan sirkulasi. Pada akhirnya, masalah ini dapat menghambat upaya untuk menurunkan berat badan. Dengan memiliki kebersihan mulut dan gigi yang baik, Anda akan tercegah dari penyakit gusi.

Diet

Diet atau makanan yang Anda makan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan mulut. Yang mana ujung-ujungnya kesehatan gigi dan mulut akan mempengaruhi berat badan Anda. Salah satu bagian terpenting dari kesehatan gigi dan mulut adalah tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Apa saja makanan atau minuman yang buruk untuk kesehatan mulut? Minuman manis, minuman soda, permen, kue-kue dengan kadar gula tinggi, dan masih banyak lagi. Nah jika Anda menjaga kesehatan mulut dengan menghindari makanan-makanan tersebut, tentu saja akan berefek pula pada berat badan.

Kebiasaan

Ada pula kebiasaan lainnya yang mempengaruhi kesehatan mulut dan berat badan Anda. Kebiasaan meminum alkohol akan membuat mulut kering, yang mengarah ke komplikasi kesehatan gigi. Juga, pada dasarnya alkohol adalah kalori kosong yang sama sekali tidak memiliki manfaat kesehatan. Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar risiko Anda mengalami komplikasi kesehatan mulut dan kenaikan berat badan. Anda tidak perlu mempercayai pendapat orang yang mengatakan bahwa minum alkohol sedikit saja akan menjadi obat.

Menjaga gigi tetap sehat da berat badan turun

Kita sudah berbicara tentang bagaimana higiene, diet, dan kebiasaan yang mempengaruhi kesehatan gigi dan berat badan. Tapi bagaimana cara merawat kesehatan gigi dan mulut dan menurunkan berat badan? Nah, berikut ini tips yang akan membuat gigi tetap sehat sekaligus menurunkan berat badan Anda.

Makan lima porsi buah dan sayuran sehari. Buah dan sayuran renyah seperti apel, seledri, dan wortel, selain penuh nutrisi juga dapat membantu mulut tetap bersih.

Mengunyah permen karet bebas gula akan menyibukkan mulut. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa permen karet akan membantu mengurangi rasa lapar, dan permen karet bebas gula akan menjaga gigi Anda bersih.

Pastikan rutin mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Meskipun makanan-makanan ini mengandung kalori, mereka juga sarat dengan nutrisi untuk gigi. Sangat aman untuk mengonsumsinya dalam batas yang wajar.

Akhirnya, kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor penting pada kesehatan Anda secara keseluruhan, jadi berilah perhatian besar pada kesehatan gigi dan mulut.