6 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Mengonsumsi Antibiotik

Monday, July 13, 2015
Antibiotik
Ketika Anda jatuh sakit, yang pertama kali diresepkan oleh dokter biasanya adalah antibiotik. Antibiotik disarankan hanya diminum dengan air, karena apabila Anda mengonsumsinya dengan jus buah atau produk-produk susu maka akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Di luar itu, ada pula beberapa makanan lainnya yang harus Anda hindari ketika mengonsumsi antibiotik.

Medkes telah menyiapkan daftar makanan yang harus dihindari selama mengonsumsi antibiotik, karena bila antibiotik dikonsumsi bersama dengan makanan-makanan ini maka akan menurunkan khasiat dari antibiotik tersebut. Makanan yang kita konsumsi akan berinteraksi dengan antibiotik yang kita minum melalui tiga cara: Pertama, mencegah penyerapan antibiotik di dalam tubuh; kedua, menurunkan tingkat penyerapan antibiotik oleh tubuh; dan terakhir, mengganggu pengelolaan obat di dalam tubuh.

Itulah sebabnya mengapa Anda harus menghindari makanan-makanan tertentu saat mengonsumsi antibiotik. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika mengonsumsi antibiotik.

Makanan asam
Makanan pertama yang harus dihindari selama mengonsumsi antibiotik adalah makanan yang mengandung kadar asam tinggi. Jeruk, tomat dan mangga adalah beberapa contoh makanan yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap antibiotik.

Produk susu
Kecuali yoghurt, produk susu atau produk olahan susu lainnya harus dihindari selama mengonsumsi antibiotik. Makanan seperti susu dan keju mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi yang akan mencegah penyerapan antibiotik. Namun, yoghurt yang mengandung probiotik tidak memiliki pengaruh dalam proses penyerapan antibiotik.

Alkohol
Tidak hanya selama mengonsumsi antibiotik, alkohol juga harus dihindari ketika Anda sedang mengonsumsi obat apapun. Zat-zat yang terkandung di dalam alkohol memiliki efek yang mengerikan pada tubuh, yang akan merusak fungsi obat tersebut. Alkohol adalah salah satu minuman yang wajib dihindari selama mengonsumsi antibiotik.

Makanan berserat
Makanan berserat juga harus dihindari karena mengandung zat yang akan memperlambat penyerapan antibiotik di dalam tubuh. Antibiotik membutuhkan waktu tersendiri untuk dipecah di dalam perut dan jika Anda mengonsumsi makanan berserat tinggi maka antibiotik tidak akan bereaksi dengan baik dengan sistem tubuh Anda.

Kopi
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga harus dihindari ketika mengonsumsi antiobiotik. Kafein akan menjadi racun ketika tubuh sedang menjalani pengobatan dengan antibiotik.

Makanan lain
Hindari juga makanan yang mengandung zat besi dan kalsium dalam jumlah yang tinggi. Makanan-makanan tinggi zat besi atau kalsium ini harus dihindari karena sifatnya yang akan mengganggu penyerapan antibiotik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.