13 Juli 2015

9 Manfaat Menakjubkan Protein

Sebuah penelitian menyatakan bahwa unsur terpenting yang dibutuhkan tubuh adalah protein. Penelitian ini menunjukkan bahwa protein merupakan senyawa organik, karena itu protein menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Protein terdiri dari asam amino dan membentuk sekitar 1/6 dari total berat tubuh manusia. Karena protein merupakan unsur penting untuk menjaga agar Anda tetap sehat, maka Anda harus cukup makan makanan yang mengandung protein setiap hari.

Nutrisi penting ini akan membantu tubuh dalam tumbuh dan kembang. Protein juga memberikan manfaat yang besar pada tiap-tiap sel tubuh. Tahukah Anda bahwa kuku dan rambut juga terdiri dari protein?

Protein

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengemukakan bahwa ada tiga fungsi utama protein bagi tubuh:
  • Tubuh menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan
  • Tubuh membutuhkan protein untuk memproduksi enzim, hormon dan bahan kimia tubuh penting lainnya
  • Protein merupakan blok pembangun penting untuk tulang, otot, tulang rawan, kulit dan darah.

Berikut adalah beberapa manfaat protein, disini kita dapat melihat mengapa protein sangat kita butuhkan.

1# Menambah massa otot

Salah satu manfaat protein adalah untuk membantu menambah massa otot tubuh. Secara alami, protein akan menambah massa otot. Itulah sebabnya mengapa para binaragawan mengonsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang luar biasa setiap harinya, tapi hal ini tidak boleh dilakukan kecuali di bawah pengawasan ahli. Konsumsilah telur sebagai diet harian Anda, terutama jika Anda bekerja di lapangan.

2# Menjaga dan menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan menjadi salah satu hal yang paling banyak hadir di benak seseorang. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsilah lebih banyak protein dalam diet Anda. Dengan protein energi Anda akan bertambah, yang berarti Anda akan menjadi lebih giat bekerja dan penurunan berat badan pun menjadi lebih cepat.

3# Untuk kepadatan tulang

Produk susu umumnya mengandung protein dan juga kaya akan kalsium. Jika Anda menginginkan tulang dan gigi yang sehat, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti susu dan keju.

4# Tenaga yang kuat

Untuk mendapatkan tenaga yang kuat, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat, yaitu makanan yang kaya akan protein. Telur, kacang, lentil dan daging adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan protein.

5# Fungsi otak

Kerja otak juga sangat tergantung dari makanan yang Anda konsumsi. Bila Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, otak Anda akan bekerja lebih aktif.

6# Tidur yang berkualitas

Manfaat protein lainnya adalah menjadikan tidur Anda menjadi lebih baik. Inilah alasan mengapa para ahli menyarankan bagi mereka yang menderita insomnia untuk meminum secangkir susu hangat setelah makan malam, yang mana susu merupakan minuman yang kaya akan protein.

7# Pemulihan cepat

Untuk membantu pemulihan tubuh agar lebih cepat, seperti karena luka, Anda harus banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi.

8# Membantu pertumbuhan anak

Anak-anak juga harus mengonsumsi diet seimbang, yang berarti cukup jumlah vitamin, protein, mineral serta karbohidrat untuk energi. Ikan, produk susu, kacang, buah-buahan kering semuanya mengandung protein yang merupakan makanan yang sangat baik untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

9# Panjang umur

Ketika tubuh mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya, maka berkemungkinan Anda akan berumur panjang. Berumur panjang menjadi salah satu dari sekian banyak manfaat dari mengonsumsi protein yang cukup setiap hari.