Kalsium, Mineral yang Penting untuk Tubuh

Saturday, February 23, 2013
Semua mineral yang terdapat di dalam tubuh memiliki fungsi pentingnya masing-masing. Salah satunya kalsium dan fosfor diperlukan untuk membangun kekuatan tulang dan gigi. Tanpa bahan ini, tubuh segera akan ambruk. Ada juga mineral lain yang fungsinya kira-kira seperti busi mobil untuk reaksi kimia yang penting. Yang lain lagi membentuk persenyawaan yang rumit dengan berjenis-jenis protein, dan dengan demikian diperlukan untuk susunan enzim di dalam tubuh.

Berbagai jenis mineral terdapat di dalam tubuh, kebanyakan dalam kadar yang sangat sedikit, yang disebut "trace metal." Mineral lain seperti cobalt dan tembaga juga penting bagi tubuh. Yang lain masih ada lagi dengan beberapa fungsinya masing-masing. Tetapi ada empat jenis mineral yang utama yaitu kalsium, fosfor, zat besi dan yodium yang amat  penting bagi tubuh kita. Kita memerlukan banyak sekali mineral ini. Itulah sebabnya makanan kita harus selalu mengandung bahan-bahan ini, kalau tidak, lambat-laun kita akan menjadi lemah dan sakit.

Kalsium

Kalsium (calcium) atau zat kapur, adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh. Hampir semua kalsium terdapat di dalam tulang, dimana disediakannya kekuatan dalam keseimbangan yang tetap bagi seluruh tubuh. Sebagian kecil kalsium juga dibawa di aliran darah, dan bahan itu antara lain digunakan untuk mencegah pendarahan yang serius.

Osteoporosis, karena kekurangan kalsium
Osteoporosis, karena kekurangan kalsium
Kalsium juga diperlukan untuk urat saraf dan otot. Bila kadar kalsium di dalam tubuh menurun, urat saraf akan menjadi peka dan otot akan menjadi kejang. Sebab itu, perasaan kesemutan atau kejang terasa di beberapa bagian tubuh, terutama pada otot-otot besar pada tungkai (kaki).

Namun yang jauh lebih penting adalah kalsium di dalam otot jantung. Bila kalsium di aliran darah dikurangi, jantung akan lekas kehilangan tenaga, pergerakannya menjadi tidak teratur, malah bisa berhenti sama sekali, sangat berbahaya. Jadi, kalsium penting sekali untuk kesehatan. Supaya tetap sehat kita harus selalu memenuhi kebutuhan kalsium dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dalam takaran yang diperlukan oleh tubuh.

Untuk pembahasan tentang mineral lain, akan kita bahas pada artikel lain.

Kredit foto : cdc.gov

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.