Gigi yang Sehat dan Sekelumit Permasalahannya

Monday, February 18, 2013
Gigi merupakan salah satu mahkota wajah. Baik-buruknya gigi seseorang sangat mempengaruhi penampilan. Gigi yang sehat memang didambakan setiap orang, namun dalam hal ini seseorang itu sendiri terkadang tidak menjaga kesehatan giginya atau bahkan tidak mengetahui apa yang baik dan buruk bagi kesehatan giginya.

Kita mulai dari gigi pada masa masa kanak-kanak. Anak yang sudah berumur tiga tahun seharusnya sudah mempunyai dua puluh gigi susu atau gigi sulung. Pada akhir umur satu tahun, seharusnya si anak sudah mempunyai enam gigi, dua belas gigi saat umurnya delapan belas bulan, enam belas gigi saat umurnya sudah dua tahun dan total dua puluh gigi menjelang umurnya dua setengah tahun.

Ompong

Jika selama dalam kandungan sang ibu kekurangan kalsium, kemungkinan besar pertumbuhan gigi si anak nantinya akan terlambat. Tidak hanya kalsium, beberapa penyakit lain seperti syphilis juga diyakini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk gigi.
Pada orang dewasa normalnya memiliki tiga puluh dua gigi tetap. Gigi tetap mula-mula tumbuh ketika anak memasuki usia sekolah yaitu sekitar 6 sampai 7 tahun. Gigi tetap ini tumbuh dari bawah (gusi), dan biasanya mendorong keluar gigi sulung hingga gigi susu tanggal. Menjelang usia dua puluh lima tahun seseorang seharusnya sudah memiliki gigi tetap yang lengkap yaitu 32.

Seberapa sehat dan normalnya gigi seseorang biasanya sangat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsinya, berapa banyak gula atau air yang digunakannya (zat kimia pada air). Pemeliharaan gigi yang baik pada masa pertumbuhan sangat penting untuk kelanjutannya saat dewasa.

Hampir semua ahli kesehatan gigi sepakat bahwa kerusakan gigi sudah tentu sangat berhubungan erat dengan gula

Hampir setiap orang barangkali mempunyai sekurang-kurangnya satu lubang kecil pada giginya, walaupun hanya seukuran ujung jarum dan terkadang tidak diketahui. Orang-orang pada saat ini banyak sekali yang memiliki gigi berlubang, atau yang lebih parah sudah kehilangan gigi tetap sebelum usianya mencapai dewasa bahkan masih saat bersekolah. Hal ini sangat menyedihkan dan sangat disayangkan, karena hilangnya gigi (ompong) selain mempengaruhi fungsi dari pengunyahan juga sangat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Betapapun bagus dan miripnya gigi palsu, tetap saja tidak akan dapat menggantikan sepenuhnya fungsi gigi yang sudah hilang tersebut.

Ada juga gigi yang tampaknya sudah memiliki cacat sejak awal, hal ini bisa disebabkan karena faktor keturunan. Tetapi hampir semua ahli kesehatan gigi sepakat bahwa kerusakan gigi sudah tentu sangat berhubungan erat dengan gula (manis). Tidak seimbangnya karbohidrat dan protein mungkin juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Pada saat ini, makanan dan minuman yang kita konsumsi banyak mengandung zat yang bisa merusak gigi. 

Berikut beberapa tips umum dalam menjaga kesehatan gigi. Implementasikan, maka gigi Anda akan tetap sehat.
  1. Kurangi konsumsi makanan/minuman yang mengandung gula atau karbohidrat
  2. Biasakan berkumur dengan air bersih setelah Anda mengonsumsi makanan
  3. Selalu konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral
  4. Sikatlah gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride minimal 2 kali sehari dan ada baiknya ditambah satu kali lagi saat sebelum tidur
  5. Yang terakhir, selalu kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali
Untuk Anda yang memiliki anak yang masih menyusu, sebaiknya jangan biarkan botol susunya berlama-lama dimulutnya apalagi sampai dibawanya tidur, zat gula pada susu tersebut akan merusak giginya. Untuk permasalahan dan penyakit-penyakit pada gigi akan kita bahas pada lain waktu.

Foto via Young Party of Five

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.