11 Tanda-tanda Bahaya untuk Kanker

Tuesday, April 02, 2013
Kanker lambung

Tanda-tanda bahaya untuk kanker di bawah ini adalah tanda-tanda kanker secara umum. Bila menderita salah satu atau beberapa dari tanda di bawah ini, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya secara pasti karena belum tentu itu kanker. Berikut tanda-tanda kanker secara umum :

Pembengkakan
Pembengkakan pada bagian tubuh bagian luar (yang dapat dilihat) merupakan suatu tanda bahaya yang sangat jelas. Dimanapun adanya pembengkakan itu harus selalu diwaspadai. Malah penyakit gondok, yaitu pembesaran kelenjar gondok di leher bagian depan, mungkin akan menjadi berbahaya. Jika timbul keraguan karena munculnya suatu pembengkakan, sebaiknya berkonsultasilah kepada ahli bedah.

Berat badan terus menurun
Menurunnya berat badan dapat menjadi suatu masalah yang serius. Penyebabnya harus segera diselidiki, terutama pada orang-orang yang berusia lanjut. Penurunan berat badan bisa terjadi secara drastis/cepat namun terkadang juga terjadi lambat sekali sehingga seseorang itu tidak menyadarinya. Mungkin ada sebab lain yang cukup beralasan untuk hal ini, namun apapun yang menjadi penyebabnya tetap saja masalah ini harus segera diatasi. Ada baiknya Anda selalu menyimpan catatan berat badan dari waktu ke waktu, untuk ditunjukkan kepada dokter bila nanti mereka membutuhkannya untuk mengobservasi Anda.

Perubahan warna
Inilah penyebab lain yang perlu diperhatikan. Lihat anggota-anggota tubuh Anda, apakah ada yang mengalami perubahan warna? Bila ada, berharaplah jika hal itu mungkin cuma disebabkan oleh anemia yang berkembang perlahan-lahan yang menekan fungsi-fungsi normal pada sumsum tulang. Bila bukan karena anemia atau gangguan lainnya, waspadalah, karena kanker kadang-kadang juga menimbulkan perubahan-perubahan warna ini. Demikian juga perubahan warna ini dapat ditimbulkan oleh jenis-jenis penyakit lain yang serius. Kejadian seperti ini harus harus mendapat pemeriksaan yang sempurna, antara lain pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan air seni, X-ray dan pemeriksaan-pemeriksaan lainnya yang perlu dilakukan.

Borok-borok menahun
Borok yang tidak sembuh dalam dua atau tiga minggu dapat disebabkan oleh kanker kulit. Borok-borok seperti itu mungkin saja terdapat pada muka, tangan, lengan, tungkai, dan bagian-bagian tubuh yang lain. Jikalau borok itu memang kanker, tidak ada gunanya mengobati borok itu dengan salep atau obat oral dengan mengharapkan borok itu akan hilang. Segera berkonsultasi dengan ahli kulit.

Pendarahan yang luar biasa
Pendarahan yang terjadi luar biasa harus dicurigai. Ini juga mungkin disebabkan oleh kanker.

Kutil dan tahi lalat.
Memiliki kutil dan tahi lalat adalah hal yang biasa. Banyak orang mempunyai kutil dan tahi lalat. Biasanya kutil dan tahi lalat itu tidak berbahaya. Tetapi sesuatu perubahan yang tiba-tiba dari kutil atau tahi lalat harus segera dilaporkan kepada dokter dengan segera. Perubahan-perubahan seperti itu bisa saja adalah kanker.

Gangguan pencernaan
Sebenarnya ini masalah umum dan setiap orang pasti sudah mengalaminya. Namun yang dibicarakan ini adalah gangguan pencernaan yang tak kunjung hilang. Banyak orang sering disusahkan karena serangan gangguan pencernaan. Kejadian ini timbul biasanya karena kerja lambung yang tidak teratur akibat terangsang oleh makanan-makanan yang tidak baik. Gangguan pada urat saraf merupakan faktor lain yang biasanya juga menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan. Gejala-gejala seperti itu bisa saja dialami seumur hidup. Tetapi jika seorang tiba-tiba merasa bahwa ia sering mendapatkan gangguan pencernaan, sudah waktunya ia pergi kepada dokter untuk memeriksakan lambung, usus dan organ pencernaan lainnya karena bisa saja gangguan ini disebabkan oleh Kanker.

Sukar menelan
Walaupun lebih sering disebabkan oleh gangguan lainnya, namun kanker juga dapat menyebabkan seseorang itu sukar menelan. Segera periksakan ke dokter bila keadaan sukar menelan terjadi dalam waktu yang lama.

Keparauan
Kanker pada kotak suara jarang dialami, tetapi selalu ada yang mengalaminya. Jika seseorang menderita keparauan lebih dari seminggu atau dua minggu, sebaiknya segera pergi ke ahli THT karena bisa saja kanker pada pita suara yang menyebabkannya.

Batuk Menahun
Batuk berhubungan dengan banyak penyakit. Batuk menahun mungkin saja disebabkan oleh kanker paru-paru. Segera periksakan ke dokter.
Perubahan-perubahan dalam Kebiasaan Buang Air Besar.

Perubahan yang tiba-tiba dalam kebiasaan buang air besar harus diperiksa dengan teliti. Pemeriksaan X-ray atau pun USG pada usus bagian bawah harus diadakan. Perubahan-perubahan seperti itu mungkin saja disebabkan oleh kanker.

Bila seseorang selalu mementingkan kesehatannya, ada baiknya selalu memeriksakan diri ke dokter bila mengalami salah atau beberapa gangguan di atas. Setiap orang memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kanker, apakah itu kanker A, B, C dll. Namun jangan lantas merasa ketakutan karena tanda-tanda di atas, karena belum tentu itu kanker.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.