Kunjungan Pertama Anak ke Dokter Gigi


Bayi belajar hal baru setiap harinya, dan kunjungan pertamanya ke dokter gigi adalah salah satu pelajaran berharga baginya.

Kunjungan pertama anak ke dokter gigi sebaiknya sudah dilakukan pada saat gigi pertamanya muncul, atau selambat-lambatnya di usianya satu tahun. Kenapa cepat sekali? Karena ketika bayi sudah memiliki gigi, maka giginya sudah berisiko berlubang.

Orangtua yang proaktif dengan kesehatan gigi anak mereka adalah orangtua yang peduli dengan senyum anak mereka kelak.

Persiapan ke dokter gigi

Mulailah sejak dini. Agar anak Anda siap ke dokter gigi, jelaskan padanya apa-apa yang akan terjadi selama ke dokter gigi. Minta anak berlatih membuka mulut agar siap ketika nanti dokter gigi memeriksa gigi mereka. Membaca buku atau menonton video tentang kunjungan pertama kali ke dokter gigi akan membantu anak mengurangi ketakutannya dan membuatnya lebih percaya diri.

Untuk orangtua, siapkan pertanyaan-pertanyaan terkait masalah gigi anak. Bila perlu catat agar tidak lupa menanyakannya nanti.

Proses pemeriksaan gigi anak

Dokter gigi akan memeriksa anak Anda dan melihat apakah gigi dan rahang mereka tumbuh sebagaimana mestinya. Jika anak tidak mau duduk sendiri di kursi pemeriksaan, anak dapat duduk di pangkuan Anda di kursi pemeriksaan. Dokter gigi akan memeriksa apakah ada cedera mulut, gigi berlubang, atau masalah gigi dan mulut lainnya. Dokter akan membersihkan gigi anak dan memberikan tips untuk merawatnya.

Jika anak menangis atau tidak bisa diam selama pemeriksaan, jangan khawatir. Itu normal, dokter gigi sudah terbiasa dan akan sangat paham dan maklum dengan hal ini, karena ini kunjungan pertama anak Anda.

Kiat sukses di kunjungan pertama

Berikut ini beberapa kiat agar anak Anda sukses di kunjungan pertamanya ke dokter gigi:
  • Jangan ke dokter gigi di jam tidur siang anak. Sebaiknya pilihlah waktu dimana anak biasanya kooperatif.
  • Pastikan anak sudah makan makanan ringan dan menyikat giginya sebelumnya sehingga anak tidak lapar selama pemeriksaan.
  • Jangan berikan anak camilan kecuali setelah kunjungan, sehingga tidak menempel di gigi selama pemeriksaan.
  • Kondisikan dan ajarkan bahwa ke dokter gigi adalah pengalaman yang menyenangkan dan penuh akan pengalaman.

Article Resources
  • https://www.mouthhealthy.org/en/babies-and-kids/first-dental-visit
  • Gambar: Youtube