31 Desember 2014

Mitos dan Fakta Obat Steroid untuk Asma

Menggunakan inhaler steroid

Asma adalah penyakit yang sangat menyebalkan dan membuat kehidupan sehari-hari menjadi sulit. Seiring perkembangannya, asma yang tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada kerusakan paru-paru dan saluran napas. Kerusakan pada organ pernapasan ini akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih buruk lagi. Sejatinya setiap penderita asma harus mendapatkan perawatan asma yang tepat demi mencegah komplikasi serius yang tidak diinginkan.

Apa saja jenis obat asma?

Secara garis besar, ada dua jenis obat asma, yaitu:
  • Obat pengendali asma
  • Obat serangan asma. 

Obat-obat pengendali asma akan mencegah serangan asma. Obat-obat ini berfungsi mencegah serangan asma sebelum terjadi. Selain mengendalikan asma, obat-obat ini juga akan mengurangi peradangan pada paru-paru. Dan sesuai dengan cara kerjanya, obat pengendali semacam ini tidak digunakan untuk mengatasi serangan asma, melainkan hanya mencegahnya. Hal ini karena cara kerjanya yang terbilang lambat.

Ketika serangan asma terjadi, seseorang akan membutuhkan obat asma yang memiliki reaksi cepat, yaitu obat untuk serangan asma. Obat serangan asma ini akan dengan cepat membuka kembali saluran napas ketika serangan asma terjadi. Karena obat ini bukan termasuk pengendali asma, jadi tidak disarankan untuk digunakan secara rutin.

Fakta-fakta mengenai obat steroid pengendali asma

Salah satu metode terbaik untuk mengendalikan asma adalah dengan menggunakan obat pengendali asma yang mengandung kortikosteroid (steroid). Tetapi banyak orang yang khawatir menggunakan obat steroid untuk asma karena berbagai mitos yang berkembang di masyarakat.

Jika Anda atau anak Anda menggunakan inhaler steroid, maka fakta-fakta di bawah ini akan menambah pengetahuan Anda.

Mitos dan fakta obat steroid untuk asma

Mitos Fakta tentang obat steroid asma
"Meskipun cara penggunaannya berbeda, efek samping steroid tetap sama" Steroid yang dihirup dalam hal pengobatan untuk asma hanya berdampak langsung pada gangguan di paru-paru, meskipun ada sebagian kecil yang diserap. Sangat berbeda dengan jenis steroid yang disuntikkan atau dikonsumsi secara oral, obat ini akan menyebar ke seluruh tubuh dan lebih berisiko.
"Otot dan rambut akan tumbuh karena menggunakan inhaler steroid" Steroid yang digunakan dalam pengobatan asma berbeda dengan steroid yang digunakan untuk membentuk otot atau menumbuhkan rambut. Dan karena inhaler steroid hanya dihirup, maka efeknya hanya berkisar antara paru-paru atau di lokasi yang dibutuhkan saja.
"Menggunakan inhaler steroid akan menghambat pertumbuhan anak-anak" Tidak dipungkiri, ada kemungkinan perlambatan pertumbuhan pada anak yang menggunakan inhaler steroid secara rutin. Namun perlu diketahui bahwa efek samping ini cukup jarang, dan jikapun terjadi maka perbedaan ketinggiannya sangatlah kecil.
"Pengendali asma terbaik adalah inhaler" Faktanya sebagian besar penderita asma dapat mengendalikan asmanya dengan baik dengan menggunakan obat-obat steroid.

Image Credit
  • www.ctvnews.ca