06 Mei 2013

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi janin saat hamil

Perencanaan makan saat masa kehamilan sangatlah penting. Bukan hanya penting bagi si ibu, namun juga penting bagi janin yang dikandungnya. Janin harus mendapatkan cukup gizi agar sehat pada saat lahir.

Makanan selama masa kehamilan harus mengandung cukup protein yang tinggi nilainya, serta mineral-mineral lain seperti kalsium, fosfor, zat besi, yodium, dan berbagai jenis vitamin lainnya. Umumnya, jauh lebih baik bagi ibu hamil untuk menghindari makanan-makanan asin. Pemberian suplemen vitamin/mineral dari dokter atau bidan dapat juga membantu terpenuhinya kebutuhan gizi yang tinggi saat masa hamil.

Makanan yang Disarankan Saat Kehamilan

Konsumsi
Keterangan
Nasi

Setengah mangkuk padat dalam satu kali saji. Walaupun terlihat kuno, alangkah baiknya jika beras yang digunakan adalah beras yang masih berkulit ari (beras tumbuk).

Minuman

Susu, minimal setengah liter sehari dan jus buah

Keju

Jenis apa saja

Telur

Sebutir sehari

Daging / pengganti daging

Daging, ayam, ikan, gluten, tahu, tempe. Sekurang-kurangnya 1 porsi besar setiap hari. Jika tidak bisa mengonsumsi telur atau susu, lipat gandakan porsi daging/pengganti daging

Buncis

Makin sering, makin baik

Sayur-sayuran

Sekurang-kurangnya tiga sajian setiap hari (satu sajian adalah setengah mangkuk). Sebaiknya bervariasi, mulai dari sayuran berwarna hijau dan berdaun seperti kangkung, bayam, labu dan wortel. Juga sayuran yang berdaging seperti terong, labu, dan tomat.

Lemak

Gunakanlah mentega atau margarine yang kaya dengan vitamin dan gunakanlah minyak goreng sesuai takaran.

Bahan makanan lain

Bumbu, kecap, dan penyedap rasa sebaiknya secukupnya saja. Bila sanggup, sebaiknya tinggalkan penggunaan penyedap rasa.



 Rencana Menu Saat Kehamilan

Sarapan

-   Buah-buahan atau jus buah
-   Telur, ikan, daging atau keju
-   Nasi atau roti dan mentega atau margarine yang kaya dengan vitamin
-   Susu

Makan siang

-   Susu atau kaldu
-   Daging, ayam, ikan atau pengganti daging
-   Sayur-sayuran
-   Nasi

Makan malam

-   Susu
-   Sup
-   Daging, ayam, ikan atau kacang-kacangan
-   Sayur-sayuran
-   Nasi



Makanan yang harus dihindari saat kehamilan

Minuman ringan (sirup / softdrink dan minuman bersoda) dan minuman keras, pastel atau kue-kue yang berlebih-lebihan, terutama jika seorang ibu berat badannya sudah melebihi normal. 

Jangan lupa juga untuk memeriksakan berat badan dengan seksama selama masa kehamilan. Pertambahan berat badan rata-rata bagi seorang ibu yang hamil sebaiknya jangan sampai melebihi 10 kg dari berat badan ideal. Bisa diasumsikan, pertambahannya adalah 1 kg setiap bulan selama masa kehamilan.

Kredit foto : webwhispering.net