Efektifitas dan Risiko Akupunktur

Advertisement
Akupunktur

Akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan tradisional Tiongkok yang telah digunakan sejak ribuan tahun. Pada akupunktur, jarum halus akan ditusukkan ke titik-titik tertentu pada kulit atau menggunakan teknik lain ke titik akupunktur untuk mengembalikan keseimbangan dan merangsang tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

Efektifitas akupunktur

Uji ilmiah di berbagai negara menemukan bahwa ketika akupunktur dilakukan oleh seorang yang ahli, maka akan menjadi pengobatan yang aman dan bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan tubuh.

Telah ada penelitian ekstensif yang dilakukan untuk bukti penggunaan akupunktur dalam mengatasi atau mengobati berbagai masalah kesehatan. Ditemukan bukti bahwa akupunktur efektif untuk mengobati sakit gigi, nyeri rahang, nyeri punggung dan leher, sakit kepala, mengendalikan mual pasca operasi, dan pengobatan kemoterapi. Akupunktur juga diklaim dapat membantu mengurangi frekuensi sakit kepala tegang, dan mencegah migrain.

Untuk kondisi kesehatan lainnya dimana akupunktur sering diterapkan, bukti-bukti tersebut belum ditinjau secara sistematis, atau bukti ilmiah untuk membuktikan hal itu belum ditetapkan.

Banyak negara di dunia yang telah mempublikasikan pedoman klinis bahwa akupunktur cukup efektif membantu dalam berbagai kondisi kesehatan, terutama kondisi yang terkait dengan rasa sakit.

Memilih ahli akupunktur

Banyak praktisi kesehatan yang langsung membuka praktek akupunktur setelah mereka menyelesaikan kursus akupunktur singkatnya. Perlu diketahui bahwa filosofi akupunktur itu rumit, jadi sebaiknya Anda hanya memilih ahli akupunktur yang berkualitas.

Risiko akupunktur

Di tangan yang tidak ahli, akupunktur dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti:
  • Reaksi alergi - adakalanya bahan dari tumbuh-tumbuhan dibakar di atas kulit untuk menciptakan panas tertentu di dekat titik akupunktur. Obat herbal sama kuatnya dengan obat farmasi, jadi harus diperlakukan sama dan dengan hati-hati.
  • Infeksi - jika jarum yang digunakan tidak steril, bakteri dapat menyebabkan infeksi lokal. Selain itu, ada juga risiko tertular hepatitis, HIV, atau penyakit darah lainnya jika jarum yang digunakan tidak steril.
  • Cedera kulit - cara menyisipkan jarum yang salah, atau jarum masuk ke pembuluh darah, dapat menyebabkan pendarahan, merah dan nyeri.
  • Efek samping lainnya - seperti meningkatnya rasa sakit, depresi, kejang, atau insomnia.

Akupunktur dapat berdampak signifikan pada sistem saraf, jadi titiknya harus benar, dan dengan cara perangsangan yang benar pula.

Proses akupunktur

Yang digunakan dalam akupunktur seharusnya adalah jarum steril sekali pakai. Tergantung dari lokasi terapinya, posisi Anda mungkin duduk atau berbaring. Bila dilakukan dengan benar, akupunktur tidak menimbulkan rasa sakit karena jarum yang digunakan sangat halus (diameternya sekitar 0,2 mm). Ketika jarum ditusukkkan, mungkin akan muncul rasa kesemutan di sekitarnya, rasa hangat, atau berat, tapi juga bisa tidak memunculkan rasa apapun.

Selain menusukkan jarum, ahli akupunktur juga mungkin menggunakan teknik lain, seperti:
  • Cupping - menggunakan alat sedot.hisap untuk mengumpulkan darah ke titik akupunktur.
  • Ramuan - diramu oleh ahli akupunktur atau tablet atau butiran.
  • Laser / listrik - digunakan disamping jarum untuk mengaktifkan titik akupunktur.
  • Pijat remedial - teknik tertentu yang diterapkan pada titik akupunktur atau meridian tertentu.
  • Moxibustion - ramuan yang dibakar dan diaplikasikan pada titik akupunktur.

Biasanya Anda akan merasa rileks dan segar setelah sesi akupunktur, namun respon ini dapat berbeda-beda pada tiap orang. Misalnya, sebagian orang merasa lebih berenergi, sebagian lainnya malah mengantuk. Dan gejala penyakit mungkin saja akan memburuk selepas akupunktur sebelum akhirnya membaik.

Berapa kali sesi akupunktur yang diperlukan tergantung dari kondisi dan gejala Anda. Umumnya, orang-orang baru merasakan penurunan gejala setelah melakukan beberapa sesi akupunktur. Ide akupunktur adalah mengembalikan keseimbangan alami energi di dalam tubuh. Setelah keseimbangan energi terjadi, tubuh akan menyembuhkan dirinya sendiri tanpa perawatan lain. Pengobatan dengan akupunktur akan dapat tetap efektif meskipun Anda tidak mempercayai filosofinya.


Article Resources
  • Department of Health & Human Services, State Government of Victoria, Australia. Acupuncture. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/acupuncture
  • NIH. Acupuncture: In Depth. https://nccih.nih.gov/health/acupuncture/introduction
  • Gambar: http://www.featri.org
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer