10 Cara yang Akan Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Monday, September 22, 2014
Sel kanker

Kita mungkin sering mendengar berbagai pendapat ilmuwan mengenai pencegahan kanker. Namun, terkadang pendapat-pendapat itu saling bertentangan, yang satu merekomendasikan sedangkan yang satu lagi malah melarangnya. Begitulah yang sering terjadi.

Tidak kita pungkiri, bahwa penyebab kanker hingga kini masih terus diteliti begitu pula dengan pencegahannya. Belum ditemukan cara yang pasti untuk mencegah perkembangan kanker. Namun, semua ilmuwan sepakat bahwa gaya hidup dan pola makan seseorang memiliki peran penting dalam risiko berkembangnya kanker. Bisa dikatakan, bahwa semakin sehat diri Anda, maka semakin Anda tercegah dari kanker. Di bawah ini adalah 10 cara mengoptimalkan kesehatan Anda, yang pada gilirannya akan menurunkan risiko kanker.

Jaga berat badan

Langkah pertama untuk mencapai kesehatan optimal adalah dengan menjaga berat badan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa obesitas akan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker tertentu. Berapa berat badan yang sehat itu? Silahkan cari tahu dengan kalkulator IMT kami.

Olahraga atau bergerak lebih aktif

Minimal, dalam satu hari tubuh Anda harus aktif selama 30 menit. Ini bisa dilakukan dengan berolahraga atau aktivitas lainnya, yang penting tubuh Anda harus bergerak aktif.

Makanlah makanan rendah kalori

Berat badan yang sehat dapat dipertahankan dengan memakan makanan yang rendah kalori. Ciri makanan yang tinggi kalori biasanya tinggi lemak atau gula.

Konsumsi nabati

Untuk mencapai kesehatan yang optimal, konsumsilah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam diet Anda sehari-hari. Makanan-makanan nabati ini mengandung banyak serat, air dan nutrisi penting lainnya bagi tubuh.

Kurangi konsumsi daging merah

Daging merah seperti daging sapi dan domba penting bagi tubuh, namun tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih. Daging merah tidak harus dikonsumsi setiap hari.

Stop rokok dan alkohol

Meninggalkan rokok dan alkohol merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai kesehatan yang optimal, yang pada akhirnya akan menurunkan risiko kanker. Tidak ada yang membantah hal ini.

Kurangi asupan garam

Garam penting bagi tubuh, namun jika berlebih akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Kurangi konsumsi garam dengan membatasi makan makanan asin atau makanan yang diolah dengan garam.

Tidak perlu mengonsumsi suplemen

Jika diet Anda sudah seimbang, maka Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen. Lagipula vitamin dan nutrisi yang diperoleh secara alami jauh lebih bagus daripada vitamin atau nutrisi yang diperoleh dari suplemen. Tidak ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa suplemen dapat mencegah kanker. Bahkan sebaliknya, dalam sebuah penelitian, suplemen tertentu malah akan meningkatkan risiko kanker tertentu.

Susui bayi Anda

Jika mungkin, pastikan Anda menyusui bayi Anda secara ekslusif (ASI eksklusif) selama enam bulan pertama sebelum bayi Anda diberikan makanan atau cairan tambahan. Menyusui akan menurunkan kadar hormon kanker tertentu dalam tubuh sang ibu.

Pasca terkena kanker

Setelah kanker Anda sembuh, eks penderita kanker sebaiknya menerapkan langkah-langkah di atas demi mencegah kanker berkembang kembali.

Gambar:  scienceblog.ru

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.