9 Fakta Tentang Stroke

Sunday, December 15, 2013
Stroke hemorrhagic dan stroke iskemik
Stroke sudah menjadi kejadian yang biasa kita dengar dan kita saksikan dewasa ini. Tidak memandang usia, stroke juga bisa terjadi pada orang-orang yang masih muda. Berikut 9 Fakta Tentang Stroke :

1. Stroke terjadi apabila bagian dari otak kehilangan suplai darah dan berhenti bekerja. Ini menyebabkan ikut terhentinya kontrol terhadap bagian tubuh.

2. Stroke juga disebut sebagai kecelakaan cerebrovascular atau CVA.

3. Stroke iskemik terjadi apabila pembuluh darah tersumbat. Hal ini mungkin diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah secara bertahap atau karena perjalanan bekuan darah atau embolizes yang menghentikan aliran darah.

4. Stroke hemorrhagic menggambarkan adanya perdarahan ke jaringan otak, paling sering terjadi karena hipertensi (tekanan darah tinggi) yang tidak terkontrol.

5. Stroke merupakan keadaan darurat medis yang dapat menyebabkan kecacatan permanen atau kematian. Pasien atau keluarga harus menghubungi rumah sakit agar mendapatkan perawatan darurat.

6. Mulai dari timbulnya gejala stroke, hanya ada jeda 3 hingga 4,5 jam untuk menggunakan obat trombolitik (penghilang gumpalan) untuk mencoba mengembalikan suplai darah ke bagian otak yang terkena.

7. Selalu ingat : wajah layu, lengan lemah, kesulitan bicara dan waktu untuk menghubungi rumah sakit.

8. Serangan iskemik sementara atau TIA, adalah stroke yang terjadi/selesai biasanya hanya dalam beberapa menit saja. Menurut definisi, stroke akan diklasifikasikan sebagai TIA jika semua gejala diselesaikan dalam waktu 24 jam. Namun waspada, ini merupakan peringatan bahwa stroke akan terjadi lagi dalam waktu dekat.

9. Orang-orang yang berisiko stroke adalah mereka yang mengidap hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, dan perokok. Selain itu, orang yang memiliki gangguan irama jantung juga berisiko mengalami stroke.

[Kredit foto : Arizona.edu]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.