5 Manfaat / Khasiat Daun Sirih

Tuesday, June 25, 2013
Daun sirih

Siapa yang tidak kenal dengan sirih. Tanaman yang rambatannya bisa mencapai 15 meter dan sangat digemari sebagai campuran untuk menyirih. Namun tahukah Anda apa saja manfaat daun sirih untuk pengobatan? Ya, banyak sekali.

Nama ilmiah untuk sirih adalah Piper betle L. Berbagai nama daerah untuk sirih anatara lain suruh, sedah (Jawa), ranub (Aceh), belo (Batak) cambai (Lampung), uwit (Dayak) base (Bali), gapura (Bugis), mota (Flores) dan masih banyak lagi.

Daun Sirih yang Baik untuk Pengobatan

Daun sirih umumnya berbentuk jantung (hati) dan agak kasar bila diraba. Batangnya biasanya berwarna hijau kecoklatan dan tumbuh dengan merambat mirip tanaman lada. Warna daun sirih bisa bermacam-macam yaitu kekuningan, hijau tua, dan hitam.

Sirih kuning rasanya kurang pedas dan sering menjadi alternatif untuk menyirih bagi orang yang tidak tahan pedas. Sirih hijau tua yang rasanya pedas dan sirih hitam banyak dipakai untuk obat karena kandungan minyak atsirinya yang tinggi. Khusus untuk khasiat/manfaat daun sirih ini, kami rekomendasikan untuk menggunakan daun sirih hijau dan yang baru dipetik.

Kandungan Daun Sirih

Tanaman yang menyukai tempat terbuka dan sedikit terlindung ini banyak mengandung zat-zat yang berguna untuk pengobatan antara lain :

- Minyak atsiri
- Hidroksivacikol
- Kavicol
- Kavibetol
- Allypyrokatekol
- Karvakrol
- Eugenol methyl ether
- P-cymene
- Cineole
- Caryophyllene
- Cadinene
- Estragol
- Terpenema
- Sesquiterpena
- Fenil propana
- Tanin
- Diastase
- Gula
- Pati


Cukup banyak bukan. Tidak harus dihafal, cukup ketahui khasiatnya saja.

Manfaat / Khasiat Daun Sirih

1. Menghilangkan bau badan
Bermasalah dengan bau badan? Rebuslah 5 lembar daun sirih segar dengan 2 gelas air. Rebus hingga arinya menjadi 1 gelas. Minum air ini pada siang hari. Lakukan setiap hari bila perlu dan minimal 1 minggu sekali.

2. Mimisan (epistaksis)
Ambil 1 lembar daun sirih segar yang agak muda dan cuci hingga bersih. Daun sirih ditekuk dua, lalu tekukannya digulung seukuran lubang hidung. Lalu masukkan gulungan daun sirih itu ke hidung yang berdarah. Biarkan sampai darah berhenti mengalir. Usahakan agar penderita tetap duduk tegak agar darah tidak mengalir ke belakang rongga hidung.

3. Pembersih mata gatal dan merah
Rebuslah 5-6 lembar daun sirih muda dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan air dan saring. Basuh mata dengan air rebusan itu 3 kali sehari.

4. Koreng dan gatal-gatal
Ambil 20 lembar daun sirih yang cukup tua. Rebus dengan air sekitar 3-4 gelas. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci bagian badan yang terkena koreng atau gatal.

5. Obat sariawan
Sariawan tidak kunjung sembuh? Petiklah 1 atau 2 lembar daun sirih. Bersihkan lalu kunyah daun tersebut hingga lumat. Biarkan sesaat di dalam mulut, terutama di bagian yang terkena sariawan.

Beberapa manfaat / khasiat daun sirih lainnya yaitu efektif menghilangkan bau mulut dengan cara berkumur-kumur dengan air rebusannya. Selain itu, dapat dijadikan pembersih muka dan mengurangi jerawat apabila diterapkan pada wajah. Daun sirih yang dimakan dengan pinang dan kapur juga akan menguatkan gigi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.