Cara Efektif Menurunkan Berat Badan, Mudah !

Saturday, April 13, 2013
Wanita gendut

Menurunkan berat badan kedengarannya adalah hal yang berat, namun yakinlah bahwa hal ini akan memberikan manfaat besar. Orang yang kelebihan berat badan atau katakanlah gemuk/gendut akan lebih mudah mengidap beberapa penyakit yang serius, seperti tekanan darah tinggi, sesak napas, susah tidur, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan gangguan hati.

Berat badan yang sudah turun menjadi normal akan membuat jantung dan organ tubuh lainya lebih mudah melaksanakan tugasnya. Upaya untuk menurunkan berat badan terbilang sangat sulit bagi sebagian orang. Apa penyebabnya? Jawabannya simpel, karena mereka tidak mengikuti atau tidak paham dengan aturan diet. Satu kata, turunkan berat badan Anda, maka Anda akan berumur panjang.

Makan berpantang bukanlah cara yang baru bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Mereka sudah sering mencobanya, namun tidak berhasil. Ada pula yang melakukannya karena merasa gusar/malu akibat mendengar ejekan/sindiran dari orang lain yang membuat mereka tidak mau makan sama sekali dalam beberapa waktu, namun ujung-ujungnya mereka akan kembali melakukan kebiasan makan berlebih tersebut ketika "rasa malu" itu hilang dari pikirannya. Perilaku seperti itu tidak akan menurunkan berat badan. Satu-satu jalan untuk memecahkannya adalah dengan menerapkan cara hidup baru yang berbeda sama sekali. Berikut langkah-langkah sederhana namun efektif untuk menurunkan berat badan : 


1. Batasi Makan
Upayakan selalu makan makanan yang seimbang, kurangi atau bahkan tinggalkan semua makanan yang terbilang "mewah" yang sangat Anda gemari. Makanan seperti itu biasanya mengandung kalori dalam jumlah yang besar. Anda tidak akan mati karena meninggalkan makanan itu, namun sebaliknya Anda akan menjadi sehat.

Ada baiknya selalu mengonsumsi kentang dan bijian-bijian yang masih berkulit ari. Tidak perlu mengonsumsinya langusng, tambahkan saja pada makanan Anda. Selain itu, hindari semua makanan yang mengandung lemak, seperti es krim, kue-kue "mewah" dan permen atau semacamnya.

2. Hati-hati dengan Makanan Sisa
Banyak ibu yang tanpa sengaja telah menambah berat badan mereka karena sering mengonsumsi makanan yang tidak ada anggota keluarga lain yang mau memakannya lagi. Biasanya karena alasan sayang, mubazir dan lain-lain.

Persoalan makanan yang selalu berlebih ini sudah menjadi lazim di tiap-tiap rumah tangga saat ini. Akibatnya, di meja makan atau di lemari atau di kulkas selalu ada makanan untuk dimakan. Ada baiknya cukupkan saja jumlah makanan yang akan dibuat atau dibeli untuk keluarga Anda. "Kurang lebih baik daripada berlebih."

3. Jangan Makan di Antara Waktu Makan
Latihlah dirimu untuk menghindari memakan makanan yang tidak perlu. Bahkan alam pun tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan dalam hal makan. Dengan melakukan hal ini, lambat laun Anda akan menikmati pola hidup yang baru, dan tidak lama Anda akan segera merasakan kesehatan/kebugaran tubuh membaik. Ah saya makan biasa saja koq? Sebelum berucap ini, sebaiknya bandingkan dulu porsi, intensitas dan kualitas makan Anda dengan orang lain.

4. Olahraga
Saran yang satu ini memang selalu mengiringi hampir semua saran kesehatan. Lakukan gerak badan yang teratur setiap hari, ini akan membakar kalori yang tersimpan di dalam tubuh. Salah satu gerak badan termurah dan terbaik adalah berjalan kaki. Dengan menggerakkan otot tungkai Anda yang besar itu, maka akan banyak kalori yang terbakar.

Zaman sekarang ini serba mudah, hampir setiap rumah tangga sudah memiliki kendaraan bermotor, minimal memiliki sepeda motor. Mau ke tempat yang dekat pun menggunakan mobil atau sepeda motor. Coba Anda nilai diri Anda sendiri, Anda mau ke suatu tempat yang jaraknya hanya 100-200 meter saja. Sedangkan disamping Anda sudah ada sepeda motor milik Anda yang siap pakai. Apa yang Anda pilih ? Berjalan kaki atau memakai sepeda motor? Saya kira sebagain besar orang akan memilih memakai sepeda motor. Nah, untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, ada baiknya selalu berjalan kaki atau gunakan saja sepeda bila hanya untuk menempuh jarak yang wajar. Gunakan kendaraan bermotor hanya untuk hal-hal yang memang "tidak mungkin" ditempuh dengan berjalan kaki. Ini memang saran ringan, namun banyak yang tidak menyadarinya. Anda akan segera merasakan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama.

5. Tinggalkan Meja Makan
Maksudnya, segera hentikan makan sebelum Anda merasa kenyang. Jadi, atur porsi makan makanan yang mau Anda makan seperlunya saja, kira-kira cukup untuk mengobati rasa lapar saja. Untuk makanan yang Anda beli di rumah makan atau restoran, sebaiknya mintalah porsi yang lebih sedikit. Porsi makanan yang banyak akan sangat berbahaya bagi program diet Anda, bisa saja Anda akan menjadi terlalu bernafsu sehingga menghabiskan seluruh makanan itu.

6. Makan Teratur
Ingat, makan teratur adalah hal yang sangat penting dalam program diet. Ada sebagian manusia yang cukup makan dua kali sehari saja, namun sebagian lagi tidak. Tidak perlu Anda mengurangi waktu makan menjadi dua kali sehari bila memang dirasa tidak mungkin. Tetap lakukan tiga kali sehari namun harus tepat waktu, dan tentu saja dengan mengurangi porsi makan dari biasanya. Anda akan tersiksa? Tidak juga. Anda tetap bisa dengan nikmat menikmati makanan Anda itu, hanya saja dalam porsi yang lebih sedikit. Awalnya mungkin akan terasa menyiksa, namun yakinlah, dalam waktu yang tidak lama, Anda akan mulai menikmati pola makan yang baru ini.

7. Jangan Menahan Lapar
Jangan menahan lapar untuk waktu yang lama, karena akan menjadi bom waktu bagi program diet Anda. Makanlah sesuai dengan jadwal makan dan tentunya kurangi porsi dari biasanya.

8. Sarapan
Usahakanlah selalu sarapan setiap pagi. Ini akan memberikan kekuatan bagi Anda untuk melaksanakan akivitas hingga siang hari, dan membuat Anda terhindar dari nafsu untuk makan-makanan lain/jajan di antara waktu makan.

9. Konsumsi Makanan Ini
Konsumsi lebih banyak makanan-makanan ini : selada, tomat, wortel dan sayuran hijau. Semua makanan ini mengandung sedikit kalori, namun mengandung banyak vitamin dan mineral dan nilai gizi yang baik. Makanan seperti ini juga dapat digunakan unuk mengatasi rasa lapar di antara waktu makan jikalau Anda memang sudah tidak sanggup lagi menahan rasa lapar itu.

Sekali Anda telah berhasil menurunkan berat badan hingga ke batas normal, maka terus pertahankan berat itu! Anda harus meneruskan pola hidup yang baru ini, dan jangan kembali terjerumus yang akhirnya membuat berat badan Anda naik kembali. Bukan hanya untuk satu atau dua tahun kedepan, namun pertahankan seumur hidup Anda.

Kedengarannya sulit? Mungkin memang demikian. Tetapi sekali saja Anda merasakan pola hidup baru ini, tidak berapa lama maka Anda akan lebih menikmati makanan Anda. Semua tentunya ditujukan untuk meningkatkan kesehatan Anda sekaligus memberikan kepuasan hidup yang lebih besar. Jadi, merupakan hal yang penting untuk selalu mengontrol berat badan Anda.

Kredit foto : Bossip.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.