Fungsi Penting Hati dan Permasalahannya

Wednesday, February 20, 2013
Hati atau liver adalah sebuah struktur kelenjar vital yang terbesar di dalam tubuh manusia. Hati terletak pada sebelah kanan perut tepat di bawah sekat rongga perut atau diafragma yang membagi dada dengan perut. Hati mempunyai banyak fungsi penting, salah satu fungsi utamanya adalah sebagai laboratorium kimia terbesar di dalam tubuh.

Bila seseorang dalam keadaan sehat, hati akan bekerja dengan baik sehingga kita tidak pernah menghiraukannya. Pada saat fungsi hati sudah melemah atau tidak bekerja dengan baik, barulah kita merasakannya. Hati dapat mengalami berbagai gangguan serius, seperti berbagai infeksi virus, parasit, gangguan peredaran darah, terbentuknya batu di dalam saluran empedu, kerusakan karena zat-zat beracun/kimia dan tumor.

Letak hati pada tubuh manusia

Fungsi hati kelihatannya memang tidak sepenting jantung, namun jangan salah, sebenarnya banyak pekerjaan penting yang dilakukan oleh hati. Kebanyakan makanan yang kita makan akan disimpan di dalam hati, setelah dicerna dan diserap dari saluran pencernaan. Suatu jaringan pembuluh-pembuluh darah yang kecil berasal dari semua bagian lambung, usus kecil dan limpa. Cabang-cabang yang banyak ini bersatu dan menjadi vena porta, yang sebaliknya mengalir ke dalam hati. Sesudah itu vena porta bercabang-cabang menjadi saluran yang banyak sekali yang mengalir di antara sel-sel hati yang sedang giat bekerja. Dengan jalan ini bahan-bahan makanan dari saluran pencernaan sanggup mencapai sel-sel hati di mana bahan-bahan tersebut diubah dan disimpan sampai diperlukan oleh tubuh. Makanan-makanan penghasil tenaga ini disimpan untuk memenuhi kebutuhan otot-otot, tulang-tulang, urat-urat saraf, dan jaringan-jaringan lain.

Vitamin-vitamin tertentu juga disimpan di dalam sel-sel hati, terutama yang ada hubungannya dengan produksi sel-sel darah merah di dalam sumsum pada tulang-tulang. Di sini juga bahan-bahan protein dari saluran pencernaan disenyawakan kembali menjadi bentuk-bentuk yang diperlukan di dalam tubuh. Dengan demikian, aliran darah membawa sesuatu yang kita sebut bahan-bahan mentah dari saluran pencernaan, meninggalkan bahan-bahan ini di sel-sel hati, dan kemudian meneruskannya ke jantung, dengan membawa hasil yang sudah diselesaikan oleh sel hati untuk keperluan setiap organ tubuh dan jaringan.

Intinya hati berfungsi untuk memetabolisme sebagian besar nutrisi yang diserap oleh usus serta detoksifikasi (menetralisir racun) dengan melepaskan obat-obatan, alkohol dan berbagai bahan kimia berbahaya lain dari aliran darah dan memprosesnya secara kimiawi sehingga zat-zat ini dapat dikeluarkan dari tubuh melalui kemih dan sistem pencernaan. Jadi, fungsi hati tidak bisa dianggap sepele.

Untuk tetap menjaga hati agar tetap sehat, yang pertama dan pasti harus Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dalam takaran gizi dan vitamin yang pas bagi tubuh. Jika berlebih, maka juga akan menimbulkan masalah bagi hati. Terutama soal kalori, cukup konsumsi seperlunya saja. Karena bila berlebih, dapat menyebabkan disfungsi hati.

Penyakit hati yang paling ditakuti saat ini adalah hepatitis, yang sangat mudah disebarkan. Untuk itu, ada baiknya selalu mencuci tangan tiap kali akan mengonsumsi makanan atau setelah buang air besar. Lakukan hubungan yang aman (hanya dengan pasangan Anda) dan segera vaksinasi bayi dengan vaksin hepatitis. Pembahasan lebih lanjut mengenai penyakit-penyakit hati akan kita bahas pada artikel lain.

Kredit foto :functionsoftheliver.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.