Penyakit Bowen: Tipe, Gejala, dan Pengobatan

Penyakit Bowen adalah bentuk awal dari kanker kulit yang belum menyebar di luar lapisan atas kulit. Ini juga disebut karsinoma sel skuamosa in situ.

Penyakit Bowen umumnya tidak serius dan ada perawatannya, tetapi jangan mengabaikannya karena penyakit Bowen tetap mungkin untuk menyebar dan menjadi bentuk kanker kulit yang lebih serius.

Tipe penyakit Bowen

Penyakit Bowen berkembang di epidermis, lapisan kulit terluar. Penyakit Bowen bisa berkembang di bagian tubuh mana saja, tetapi paling umum di badan, lengan, atau kaki. Bisa juga muncul di bibir, di dalam mulut, atau di sekitar alat kelamin atau dubur.

Penyakit Bowen lebih sering terjadi pada orang yang banyak terpapar sinar matahari, orang yang terinfeksi Human Papilloma Virus (HPV), orang yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh, atau orang-orang yang telah terpapar dengan arsenik atau radiasi.

Orang dengan penyakit Bowen sering juga memiliki bentuk lain kanker kulit seperti karsinoma sel basal.

Penyakit Bowen

Gejala penyakit Bowen

Penyakit Bowen biasanya tampak seperti bercak merah, kulit bersisik yang tumbuh perlahan seiring waktu. Kadang-kadang bercak itu bisa menonjol dan terlihat mengoreng, atau bisa terlihat seperti kutil atau bercak coklat gelap di daerah genital. Bercak ini sering terasa gatal.

Biasanya tidak ada gejala lain yang menyertainya. Penyakit Bowen sering disalahartikan sebagai psoriasis, eksim, atau infeksi jamur.

Diagnosis penyakit Bowen

Jika Anda melihat tahi lalat atau bintik yang baru atau yang berubah, sebaiknya periksakan ke dokter dermatologis (spesialis kulit).

Penyakit Bowen dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan kulit langsung dan bagaimana perilakunya, tetapi biopsi akan diperlukan untuk memastikannya. Biopsi adalah prosedur dimana sampel kecil dari jaringan diambil untuk diperiksa di laboratorium.

Pengobatan penyakit Bowen

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit Bowen. Karena itu adalah kanker awal, jadi sangat mungkin untuk disembuhkan.

Jenis perawatan terbaik akan tergantung pada ukuran dan ketebalan penyakit Bowen, di mana lokasi tumbuhnya di tubuh, usia dan kesehatan Anda, dan preferensi Anda. Perawatan untuk penyakit Bowen termasuk:
  • Pembekuan: Nitrogen cair disemprotkan ke bercak kulit untuk membekukannya. Ini akan membuatnya berkeropeng dan rontok setelah beberapa hari. Prosedur ini bisa sedikit tidak nyaman.
  • Krim kemoterapi: Obat seperti 5-fluorouracil atau imiquimod ditaruh di bercak secara rutin selama beberapa minggu. Kulit biasanya akan menjadi merah dan meradang sebelum membaik.
  • Kuret dan kauter: Anda diberi bius lokal sebelum becak kulit dikerok dan kemudian panas atau listrik digunakan untuk menghentikan pendarahannya.
  • Terapi fotodinamik / photodynamic (PDT): Sebuah krim yang bereaksi terhadap cahaya disebarkan pada bercak kulit dan kemudian laser menyinari di area tersebut untuk membunuh sel-sel kanker beberapa jam kemudian. Prosedur ini mungkin perlu diulang.
  • Pembedahan: Becak dipotong setelah sebelumnya diberi anestesi lokal. Kulit mungkin perlu dijahit setelahnya.

Kadang-kadang, penyakit Bowen kambuh kembali setelah perawatan, jadi penting untuk mengikuti saran dokter untuk kontrol ulang.

Hidup dengan penyakit Bowen

Jika Anda memiliki jenis kanker kulit, sangat penting untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. Anda juga harus memeriksakan kulit ke dokter setidaknya setahun sekali.

Article Resources
  • Cancer Research UK (Bowen's disease), NHS Choices UK (Bowen’s disease)