Multiple Myeloma: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Multiple myeloma atau myeloma, adalah sejenis kanker sel yang disebut sel plasma. Ketika sel-sel plasma tumbuh abnormal (ganas) dan menumpuk di sumsum tulang, maka dikenal sebagai sel-sel myeloma. Saat ini tidak ada obat untuk myeloma, tetapi perawatan tetap tersedia.

Sel plasma adalah sejenis sel darah putih yang melawan infeksi. Sel plasma tidak sama dengan plasma, yaitu cairan yang membawa komponen darah.

Multiple myeloma

Apa yang menyebabkan myeloma?

Penyebab myeloma tidak diketahui. Sebagian orang yang mengembangkan myeloma diketahui pernah terpapar radiasi dosis tinggi, dan sebagian dari mereka telah terpapar beberapa jenis bahan kimia industri atau lingkungan secara kontinu. Sedangkan yang lainnya mengembangkan myeloma tanpa faktor-faktor risiko tersebut.

Myeloma lebih umum terjadi di usia tua. Ini mungkin menjadi bagian dari proses penuaan itu sendiri, atau hasil dari akumulasi zat beracun yang masuk ke tubuh seumur hidup.

Gejala myeloma

Myeloma mempengaruhi berbagai lokasi di tubuh - misalnya, tulang belakang, tengkorak, panggul, bahu dan pinggul. Gejala umum myeloma mungkin termasuk:

Penderita mungkin juga merasa lemah dan lelah, kehilangan berat badan dan kurang nafsu makan. Penderita mungkin lebih merasa haus, merasa mual atau bingung karena peningkatan kalsium dalam darah.

Diagnosis myeloma

Gejala myeloma mungkin mirip dengan banyak kondisi/penyakit lain, sehingga mungkin sulit didiagnosis, dan memerlukan beberapa tes atau pemeriksaan.

Tes mungkin termasuk:
  • tes urine
  • tes darah
  • x-ray (sinar X)
  • biopsi sumsum tulang.

Pengobatan myeloma

Meskipun belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan myeloma, ada berbagai perawatan seperti kemoterapi yang dapat memperlambat penyebarannya dan membantu meredakan gejalanya. Tingkat keberhasilan perawatan pada tiap-tiap orang dapat berbeda.

Article Resources
  • Health Direct Australia (Multiple Myeloma)
  • Gambar: Diseases and Conditions Net