Sindrom Visi Komputer (CVS)

Saturday, September 15, 2018
Sindrom visi komputer

Menurut American Optometric Association (AOA), Computer Vision Syndrome atau Sindrom Visi Komputer (CVS) merupakan masalah yang kompleks dari mata dan visi (penglihatan) yang terkait dengan penggunaan komputer.

Pengguna komputer banyak yang mengeluhkan mata merah, gatal, berair, iritasi, mata lelah, hingga kesulitan fokus, dan berbagai masalah lain. AOA mengatakan bahwa sekitar 14 persen pasien yang memeriksakan matanya adalah terkait CVS.

Di Amerika Serikat, diperkirakan bahwa sekitar dua pertiga dari mereka yang menggunakan komputer - sekitar 60 juta orang - menderita masalah mata atau visi. The National Institute of Occupational Safety and Health melaporkan bahwa 88 persen dari orang-orang yang bekerja dengan komputer selama lebih dari tiga jam per hari menderita kelelahan mata.

Mereka yang berisiko tinggi mengalami CVS adalah mereka yang menghabiskan waktu dua jam atau lebih secara terus menerus di depan komputer setiap hari. Parahnya saat ini untuk bekerja dan bermain, orang-orang tidak lepas dari komputer.

Memang belum ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa penggunaan komputer dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen. Namun, faktanya mereka mengalami ketidaknyamanan ketika bekerja atau belajar dengan komputer beberapa jam setiap harinya. Bahkan para ahli mengkhawatirkan akan adanya epidemi masalah mata terkait komputer di masa mendatang, kecuali pelaku bisnis, sekolah, dan produsen komputer mencurahkan sumber daya yang cukup besar untuk mencegah masalah ini.

Bagaimana membaca di monitor bisa berbeda dengan membaca media cetak?

Membaca layar komputer berefek keras pada mata karena cara karakter yang terbentuk pada monitor. Tampilan video terdiri dari piksel, atau titik-titik kecil, bukan gambar padat seperti pada media cetak. Karena mata Anda tidak bisa "mengunci" fokus pada titik-titik piksel ini, mata Anda harus terus fokus untuk menjaga agar gambar tetap tajam. Hasil "refocusing" ini menyebabkan stres pada otot mata. Selain itu, mata akan lebih jarang berkedip bila menggunakan komputer, menyebabkan permukaan mata mengering dan menjadi iritasi. Iritasi membuat fokus menjadi lebih sulit, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan sakit leher.

Banyak masalah yang terkait dengan CVS adalah karena faktor ergonomis, berkaitan dengan posisi tubuh dengan lingkungan kerjanya. Misalnya, ketika monitor diposisikan terlalu tinggi, maka Anda harus membuka mata lebih lebar untuk melihatnya. Oleh karena itu, kelopak mata Anda tertarik lebih jauh dari biasanya dan lebih banyak air mata yang menguap. Di sisi lain, jika posisi monitor rendah, mata akan tetap lembab, mengurangi kemungkinan mata menjadi kering. Menurut beberapa penelitian, air mata akan diproduksi lebih banyak ketika melihat ke bawah.

Sindrom Visi Komputer bisa lebih buruk bagi orang-orang yang memiliki kelainan refraksi, penglihatan binokular, gangguan (fokus) akomodatif, atau mata kering.

Anak-anak yang menggunakan komputer bahkan mungkin lebih rentan terhadap CVS daripada orang dewasa. Anak-anak sering terus-terusan menggunakan komputer, seperti untuk permainan, dengan konsentrasi yang besar selama berjam-jam dengan sedikit istirahat. Keadaan seperti ini dapat menyebabkan masalah fokus mata dan iritasi mata.

Apa saja gejala CVS?

Mereka yang mengalami CVS akan menunjukkan gejala-gejala seperti:
  • Sakit kepala
  • Mata lelah
  • Mata gatal
  • Penglihatan kabur
  • Kelelahan
  • Otot tegang.

Dan CVS yang ekstrem bahkan dapat menyebabkan:

Selain ketegangan pada otot-otot yang mengontrol fokus dan pergerakan mata, menggunakan komputer lama dalam waktu lama juga dapat menyebabkan penegangan otot-otot wajah sekitar pipi, pelipis, dan hidung. Penegangan wajah ini menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah, membuat mata menjadi lelah.

Orangtua harus mengawasi berapa lama anak-anak mereka menghabiskan waktu di depan komputer. Anak-anak sering tidak mengeluhkan gejala-gejala gangguan mata seperti penglihatan kabur yang disebabkan oleh rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisma karena mereka berpikir semua orang melihat seperti yang mereka lihat. Rabun dekat yang tidak dikoreksi dapat menyebabkan kelelahan mata di depan komputer karena mata harus bekerja keras fokus pada objek dekat. Setiap anak di atas usia 4 tahun sebaiknya menjalani pemeriksaan mata yang komprehensif untuk memastikan bahwa masalah penglihatan dapat didiagnosis dan diperbaiki. Hal ini sangat penting karena anak-anak sekarang menghabiskan begitu banyak waktu di depan komputer.

Langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk meminimalisir CVS?

Faktor terpenting untuk mencegah dan mengobati CVS adalah posisi tubuh terhadap komputer harus ergonomis dan didukung dengan lingkungan eksternal yang baik. Ini termasuk kondisi pencahayaan, kenyamanan kursi, penggunaan document holder, dan posisi monitor, keyboard, dan mouse.

Dimana monitor sebaiknya berada?

Kebanyakan orang merasa lebih nyaman untuk melihat monitor saat mata melihat ke bawah, namun banyak monitor yang ditempatkan sejajar atau bahkan diatas mata. Secara optimal, monitor komputer harus 20 sampai 30 derajat di bawah mata (sekitar 5 atau 6 inci) yang diukur dari pusat monitor, dan 20 sampai 28 inci dari mata.

Bahan referensi yang akan digunakan di komputer harus berada di atas keyboard dan di bawah monitor. Jika hal ini tidak mungkin, gunakan pemegang dokumen di samping monitor. Lebih baik lagi bila dokumen referensinya ada di komputer, sehingga Anda tidak perlu lagi menggerak-gerakkan kepala untuk melihat dari dokumen ke monitor

Bagaimana pencahayaan yang baik?

Penyebab lain sakit kepala adalah karena silau pada layar komputer, terutama dari pencahayaan di ruangan, seperti jendela dan lampu yang digunakan. Gunakan tirai atau gorden di jendela, dan ganti bola lampu meja dengan lampu dengan watt rendah. Jika tidak ada cara untuk meminimalkan silau dari sumber-sumber cahaya, pertimbangkan untuk membeli filter layar silau untuk monitor komputer. Melalui polarisasi, filter ini mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan dari layar.

Untuk jenis lampu, lampu neon adalah jenis lampu yang paling nyaman dalam hal pencahayaan bagi banyak pengguna komputer.

Bagaimana posisi tubuh yang baik saat menggunakan komputer?

Sebagian besar pengguna komputer menghabiskan waktu berjam-jam dalam posisi yang sama. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kenyamanan dan posisi tubuh Anda, terutama lengan, tangan, dan pergelangan tangan. Kursi harus nyaman, empuk dan sesuai dengan tubuh. Jika kursi Anda tidak dapat disesuaikan, gunakan pad chiropractic, yang kontur untuk punggung bawah Anda. Kursi yang tinggi juga harus disesuaikan sehingga kaki bisa beristirahat bebas di lantai. Jika kursi Anda memiliki lengan, maka harus disesuaikan untuk memberikan topangan pada lengan saat Anda mengetik. Ketika bahu harus mendukung berat lengan Anda untuk jangka waktu yang lama, bahu, punggung, dan leher bisa terasa sakit.

Ketidaknyamanan pada pergelangan tangan adalah keluhan umum dari orang-orang yang menggunakan komputer untuk jangka waktu lama. Gunakan bantalan pergelangan tangan yang lembut di depan keyboard untuk menaikkan pergelangan tangan Anda. Pergelangan tangan  tidak boleh beristirahat pada keyboard saat Anda mengetik. Hanya jari-jari yang bergerak saat Anda mengetik, pergelangan tangan Anda tetap diam. Mouse harus diposisikan dekat keyboard dan sejajar.

Bagaimana menjaga mata saat menggunakan komputer?

Untuk mencegah CVS, cobalah untuk mengistirahatkan mata Anda saat menggunakan komputer. Istirahatkan mata Anda selama 15 menit setelah dua jam penggunaan komputer terus menerus. Juga, untuk setiap 20 menit menggunakan komputer, untuk melihat ke kejauhan selama 20 detik - aturan "20/20".

Ada tetes mata khusus untuk membantu mata lelah dan mengatasi kurangnya air mata selama penggunaan komputer, tetapi pengobatan terbaik adalah untuk mencegah masalah itu terjadi. Untuk meminimalkan risiko mata kering saat menggunakan komputer, upayakan untuk sering berkedip. Berkedip akan membuat mata terlumasi. Juga, menutup mata Anda, lalu menggulirkan bola mata dapat membantu menjaga mata Anda tetap lembab.

Jika Anda mengenakan kacamata, pertimbangkan untuk menggunakan lensa kacamata yang dirancang khusus untuk pengguna komputer untuk membantu mengurangi CVS.

Anak-anak mungkin tidak menyadari silau pada layar komputer atau kondisi tempat duduk mereka yang tidak ergonomis. Oleh karena itu, orangtua harus memposisikan anak dengan benar saat menggunakan komputer, dan ingatlah bahwa anak butuh istirahat, Anda harus membatasi waktu mereka menggunakan komputer.

Article Resources
  • http://www.visionrx.com/library/enc/enc_cvs.asp#differ
  • http://www.allaboutvision.com/cvs/faqs.htm
  • http://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/protecting-your-vision/computer-vision-syndrome?sso=y

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer