Khasiat dan Cara Pengobatan dengan Jeruk Nipis

Friday, September 07, 2018
Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki nama latin Citrus aurantifolia. Di beberapa daerah di Indonesia, jeruk nipis dikenal dengan berbagai nama seperti: kelangsa (Aceh),  dongaceta (Bima), mudutelong (Flores), lemo ape, lemo kapasa (Bugis), ausinepis, usinepese (Ambon) dan masih banyak lagi penamaan lainnya.

Jeruk nipis mudah dikembangbiakkan, dapat tumbuh pada tanah yang kurang subur, asalkan mudah meneruskan air dan mendapat sinar matahari. Konon, jeruk nipis berasal dari kepulauan Hindia Timur.

Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu, juga mengandung flavonoid, seperti poncirin, hesperindine, rhoifolin, dan naringin. Buah masak mengandung synephrine dan N- methyltyramine. Disamping itu, juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin (A, B1 dan C).

Buah jeruk nipis dapat menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik), peluruh keringat, dan membantu proses pencernaan.

Bagian utama yang digunakan adalah buah. Selain itu, daun, bunga, dan akar juga bisa digunakan sebagai obat.

Buah jeruk nipis digunakan untuk pengobatan:
  • Demam
  • Pusing
  • Influenza
  • Batuk
  • Lendir di tenggorokan
  • Jerawat
  • Ketombe
  • Penebalan kulit
  • Terkilir
  • Menambah stamina
  • Melangsingkan badan.
Sedangkan bunga dan daun jeruk nipis digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi.

Cara Pengobatan dengan Jeruk Nipis

Demam pada bayi dan anak

Potong sebuah jeruk nipis, lalu peras airnya. Tambahkan 3 siung bawang merah yang telah diparut, sedikit garam, dan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata. Kompreskan ramuan tadi pada ubun-ubun dan kepala bayi atau anak.

Kepala pusing

Cuci ½ genggam daun jeruk nipis segar sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis sambil diaduk rata. Gosokkan ramuan ini pada bagian tengkuk, dahi, pelipis. Lakukan 2-3 kali sehari.

Lendir di tenggorokan

Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya ke dalam gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum saat perut kosong.

Batuk, influenza

Potong sebuah jeruk nipis yang masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan ½ sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini sehari 2 x 2 sendok makan.

Batuk tanpa demam

Potong sebuah jeruk nipis yang telah masak, lalu peras airnya ke dalam gelas. Tambahkan kecap atau madu yang jumlahnya sama banyak dengan air jeruk nipis tadi. Aduk sampai rata, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.

Radang tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan ½ cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramuan ini untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selam 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

Abses tenggorokan

Tuangkan air perasan 2 buah jeruk nipis dalam segelas air garam sambil diaduk rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur (di tenggorokan)

Menambah stamina

Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis, dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan satu kali dalam seminggu.

Melangsingkan badan

Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis kedalam secangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

Mengecilkan perut

Potong satu buah jeruk nipis masak, lalu peras airnya. Tambahkan minyak kayu putih yang jumlahnya sama banyak dengan air perasan jeruk nipis, lalu tambahkan sedikit kapur sirih sambil diaduk rata. Balurkan di perut dan pinggang, lalu ikat perut atau gunakan korset supaya menjadi kencang. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Tekanan darah tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Selanjutnya, cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 3 kali ¾ gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

Jerawat

Potong jeruk nipis secukupnya, lalu peras airnya. Tambahkan 1 sendok teh bubuk belerang sambil diaduk rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa jam, lalu muka dapat dibersihkan kembali. Lakukan setiap hari sampai jerawat sembuh.

Ketombe

Potong sebuah jeruk nipis menjadi 2-4 bagian. Gunakan untuk menggosok kulit kepala secara merata. Biarkan mengering beberapa lama, baru di bilas.

Penebalan kulit (clavus)

Potong satu buah jeruk nipis segar menjadi 4 bagian, lalu gosokkan pada bagian kulit yang menebal. Lakukan setiap malam sebelum tidur, jangan dicuci sampai keesokan harinya.

Terkilir

Ambil jeruk nipis yang masak dan banyak airnya sebanyak 3 buah dibelah menjadi dua. Masukkan kedalam poci lalu diseduh dengan ½ cangkir air panas, kemudian ditutup. Setelah dingin ambil jeruknya kemudian peras dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 1 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk melumas dan mengurut bagian yang cidera. Setelah itu minum ¾ gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

Selain manfaat tersebut, air jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman penyegar, bahan pembuat asam sitrat, bahkan untuk membersihkan karat pada logam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer