Masalah-Masalah Prostat dan Kandung Kemih

Wednesday, May 30, 2018
Letak prostat

Prostat adalah kelenjar yang hanya dimiliki pria. Ukurannya kira-kira sebesar kacang kenari dan berada di bawah kandung kemih, mengelilingi saluran kencing (uretra). Prostat memproduksi cairan berwarna putih susu, yang merupakan bagian dari mani dan menyediakan makanan bagi sperma.

Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat semakin membesar. Hal ini terjadi selama bertahun-tahun dan pada sebagian pria hal ini dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

Apa saja masalah prostat yang umum?

  • Prostatitis merupakan pembengkakan, dan rasa sakit pada kelenjar prostat dan mungkin disebabkan oleh infeksi kandung kemih. Cukup umum terjadi pada dewasa muda.
  • Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau Pembesaran Prostat Jinak, terjadi ketika prostat perlahan-lahan membesar, biasanya dimulai pada usia paruh baya. Sekitar satu dari empat pria membutuhkan operasi untuk mengatasinya (BPH tidak menyebabkan kanker).
  • Kanker Prostat sering ditemukan sebelum Anda merasakan gejalanya. Dokter mungkin menemukannya lewat tes darah (disebut PSA) dan pemeriksaan prostat. Kanker ini merupakan jenis kanker paling umum pada pria, dan semakin bertambahnya usia semakin mungkin Anda mengalaminya. Namun kanker ini merupakan kanker yang paling cepat ditangani.

Bagaimana cara untuk mengetahui keberadaan masalah prostat?

Jika Anda mengalami satu atau lebih dari masalah berikut ini, Anda mungkin punya masalah dengan prostat Anda:
  • sulit mengeluarkan kencing;
  • aliran air kencing lambat begitu keluar;
  • merasa harus sering buang air kecil;
  • ada rembesan setelah buang air kecil, atau di antara waktu-waktu ke kamar kecil;
  • merasa ingin buang air kecil lagi padahal baru keluar dari kamar kecil;
  • merasa ada dorongan kuat untuk buang air kecil;
  • rasa panas atau sakit ketika buang air kecil;
  • darah di air kencing; dan
  • merasa kandung kemih tidak sepenuhnya kosong setelah buang air kecil.
Sebagian dari masalah ini mungkin bukan disebabkan prostat. Misalnya, beberapa jenis obat dapat membuat gangguan sementara pada sistem perkemihan.

Bagaimana prostat bisa menyebabkan masalah kandung kemih?

Tersumbatnya uretra (saluran kencing): Seiring membesarnya prostat, prostat dapat menghalangi saluran kencing dan mencegah pengosongan kandung kemih; Dalam beberapa kasus, air kencing bisa saja tertampung sampai air kencing ini mulai merembes.

Kandung kemih yang terlalu aktif dapat disebabkan oleh kandung kemih yang bekerja terlalu keras untuk dapat melewati halangan. Kandung kemih yang terlalu aktif dapat mengencang tanpa kendali Anda, mengakibatkan dorongan buang air kecil yang mendesak. Setelah operasi untuk meredakan halangan itu, Anda mungkin masih akan merasa dorongan buang air kecil yang mendesak dan dapat bertambah buruk selama beberapa minggu, hingga kandung kemih kembali normal.

Dalam beberapa kasus, operasi untuk masalah-masalah prostat dapat merusak otot dan saraf-saraf saluran kencing Hal ini dapat mengakibatkan lemahnya kendali kandung kemih. Jika memang terjadi, ini biasanya bersifat sementara, walaupun operasi besar untuk kanker prostat dapat menyebabkan masalah mengendalikan kandung kemih dalam jangka panjang.

Bagaimana mengatasi lemahnya kendali kandung kemih?

Ada beberapa cara mengatasi lemahnya kendali kandung kemih akibat penyakit prostat.

1. Periksakan diri ke dokter

Kendali kandung kemih yang lemah dapat membaik seiring dengan berjalannya waktu, atau dengan saran-saran dokter untuk perubahan sederhana dalam kebiasaan sehari-hari.

2. Obat-obatan

Tersedia sejumlah obat yang dapat menolong mengendalikan kandung kemih. Ini perlu diiskusikan dengan dokter.

3. Bedah prostat

Jika prostat Anda adalah masalahnya, maka pembedahan dapat mengangkat semua atau sebagian dari kelenjar itu. Jenis bedah tergantung pada ukuran kelenjar prostat.

4. Latihan untuk kandung kemih

Program latihan untuk kandung kemih dapat membantu kandung kemih supaya dapat menampung lebih banyak urin tanpa merembes atau dorongan mendesak, bahkan bagi mereka yang kandung kemihnya terlalu aktif.

5. Latihan otot dasar panggul

Latihan otot dasar panggul membangun otot-otot yang mengontrol sebaik apa kerja kandung kemih dan usus. Belajar bagaimana melatih otot-otot Anda sebelum operasi dan mulai sesegera mungkin setelah operasi.

6. Produk-produk kontinensia

Ada berbagai produk kontinensia yang dapat menolong mengatasi rembesan urine. Tanyakan dengan dokter.

Pastikan Anda cukup tahu apa masalahnya, perawatan apa yang ada, sebaik apa kegunaannya, masalah apa yang mungkin terjadi, supaya Anda dapat memilih perawatan yang terbaik, dengan bantuan dokter Anda.

Article Resources
  • https://www.continence.org.au/factsheet.php?id=388

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer