10 Cara Terbaik Mengatasi Kebiasaan Mengantuk

Mengantuk

Dalam arti sederhana, mengantuk berarti merasa ingin tidur. Orang yang memiliki kebiasaan mengantuk dapat tertidur pada saat yang tidak tepat. Kebiasaan mengantuk dapat juga disebut hipersomnia atau somnolen.

Mengantuk paling sering diakibatkan karena kurang tidur. Bahkan, mengantuk berlebihan di siang hari bisa merupakan gejala dari gangguan tidur. Penyebab lainnya adalah faktor emosional, seperti depresi, kecemasan, stres, dan kebosanan.

Mengantuk juga bisa merupakan efek samping dari obat-obatan tertentu. Penyebab lainnya adalah diet yang buruk, gangguan makan, sakit kronis, kurang berolahraga, penyalahgunaan alkohol, diabetes, dan hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif).

Rasa kantuk dapat mempengaruhi produktivitas dan bahkan menyebabkan kerusakan dalam kehidupan pribadi. Dengan perubahan gaya hidup, pola makan yang sehat dan pola tidur yang tepat, kebiasaan mengantuk dapat diatasi.

Berikut ini adalah 10 cara terbaik untuk mengatasi kebiasaan mengantuk:

1. Tentukan waktu tidur

Kurang tidur dan tidur yang tidak berkualitas adalah dua penyebab utama di balik kantuk di siang hari. Oleh karena itu, mengatur waktu tidur yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegahnya. Tidur yang tepat bahkan membantu melawan rasa lemah, lelah, depresi dan stres.

Kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda, namun rata-rata 7-8 jam dalam sehari sudah bisa membuat tubuh kembali fit.

Agar tidur lebih nyenyak:
  • Tetapkan jam tidur dan jam bangun setiap hari
  • Kamar dalam keadaan gelap / lampu remang agar tidur nyenyak
  • Gunakan kasur, selimut, dan bantal yang berkualitas baik untuk meningkatkan kualitas tidur
  • Baca buku sebelum tidur
  • Jangan menatap layar komputer, bermain gadget, menonton TV sebelum jam tidur malam.

2. Mandi sinar matahari pagi

Paparkan diri dengan sinar matahari pagi setiap hari. Sinar matahari akan membantu tubuh tetap energik dan melawan kantuk di siang hari.

Sinar matahari juga membantu tubuh memproduksi vitamin D. Sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan tidur, terutama mengantuk di siang hari.

Ketika bangun pagi, berjalanlah di luar rumah dan nikmati paparan sinar matahari selama lebih kurang 15 menit. Jangan menggunakan tabir surya selama melakukan ini.

3. Percikkan air dingin ke wajah

Ketika terserang kantuk, percikkan air dingin ke wajah Anda. Perubahan suhu wajah yang tiba-tiba dapat membantu menghilangkan perasaan kantuk dan meningkatkan energi serta fokus mental.

Jika perlu, setelah memercikkan wajah dengan air dingin, berdirilah di depan hembusan dingin AC agar terapi air ini menjadi lebih efektif.

Juga, mandi air dingin di pagi hari dapat membantu mengusir kantuk dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

4. Minum teh hijau di pagi hari

Teh hijau meningkatkan energi dan stamina selama berjam-jam setelahnya dan mencegah kantuk. Teh hijau bahkan efektif melawan kelelahan dan stres, selain meningkatkan fokus mental. Juga, polifenol yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

5. Minum air jeruk nipis

Minum air jeruk nipis di pagi hari adalah cara lain yang sangat baik untuk menghilangkan kantuk di siang hari. Air jeruk nipis membantu menjaga tubuh terhidrasi dan membuang racun berbahaya. Dehidrasi akan mempengaruhi oksigenasi otak, membuat Anda merasa lelah dan mengantuk.

Minumlah segelas air jeruk nipis di pagi hari dan boleh ditambah satu gelas lagi di siang hari.

6. Sarapan makanan ringan

Untuk mencegah kantuk di siang hari, jangan pernah meninggalkan sarapan. Makan sarapan ringan yang sehat akan membuat tubuh tetap aktif di pagi hari dan lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari.

Tidak sarapan akan membuat gula darah tubuh rendah di pagi hari sehingga tingkat energi turun.

7. Olahraga

Olahraga teratur 30 menit sehari, 5 kali seminggu, dapat sangat membantu meningkatkan energi dan melawan kantuk di siang hari. Olahraga juga meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Olahraga di luar ruangan memberikan manfaat yang paling banyak. Jangan memaksakan diri saat berolahraga sehingga membuat Anda lelah. Dan jangan berolahraga tepat sebelum jam tidur.

8. Aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu mengurangi kantuk di siang hari, serta mengatasi iritabilitas, lemah, kelelahan dan sakit kepala. Beberapa minyak esensial terbaik untuk aromaterapi termasuk rosemary, basil dan peppermint.

Teteskan beberapa tetes minyak esensial favorit kesukaan Anda pada kain, dan hirup dari waktu ke waktu untuk membuat Anda tetap waspada dan terjaga. Opsi lainnya adalah menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air  mandi.

Anda juga bisa menyebarkan minyak aromaterapi di ruang kerja untuk hasil yang berkelanjutan.

9. Makan makanan kaya omega-3

Sebuah penelitian tahun 2014 oleh Universitas Oxford menunjukkan bahwa kadar omega-3 DHA yang lebih tinggi terkait dengan kualitas tidur yang lebih baik. Tidur yang nyenyak di malam hari secara otomatis akan membantu melawan rasa kantuk di siang hari serta kelelahan dan depresi ringan.

Selain itu, asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat Anda tetap waspada sepanjang hari. Beberapa sumber asam lemak omega-3 yang baik antara lain, ikan berlemak (salmon, sardin, dan tuna), kacang-kacangan, dan telur.

10. Hindari makanan yang menyebabkan kantuk

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu menghindari makanan yang menyebabkan mengantuk.

Pada sebagian orang, memakan beberapa jenis makanan seperti nasi, gorengan, pisang, daging, keju, susu, dan sayuran tertentu dapat menyebabkan kantuk. Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan seperti ini di pagi hari jika memang dapat menyebabkan kantuk.