3 Minyak Esensial dan Manfaatnya

Apa yang Anda ketahui tentang minyak esensial? Pada umumnya orang-orang tidak tahu apa itu minyak esensial. Disini kita akan mengulas sedikit tentang minyak esensial, penggunaan dan manfaatnya.

Minyak esensial atau juga disebut sebagai minyak atsiri adalah minyak beraroma yang diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan atau nabati. Minyak esensial adalah minyak alami dan termasuk sebagai minyak terbaik dalam hal penggunaannya untuk kesehatan.

Minyak esensial

Jika kita melihat kembali sejarah minyak esensial, maka akan kita ketahui bahwa minyak ini telah digunakan sejak berabad-abad silam sebagai parfum, obat-obatan, atau kosmetik. Tentu saja, hal ini karena esensi alami yang minyak esensial miliki, sehingga menjadikannya kaya manfaat.

Sesuai cara penggunaan, minyak esensial juga bisa diterapkan ke kulit untuk membuatnya halus dan bersinar. Minyak esensial mengandung banyak fitokimia (fitonutrien) yang benar-benar aman untuk kulit manusia, jadi tidak perlu khawatir akan adanya efek buruknya.

Manfaat kesehatan minyak esensial

Satu hal terbaik dari minyak esensial adalah tidak memiliki efek samping. Minyak esensial tidak menurunkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan Anda. Sebaliknya, menggunakan minyak esensial akan membuat mood dan sistem otak Anda menjadi lebih kuat sekaligus mengurangi sakit kepala dan mual.

Minyak esensial

Tidaklah salah jika dikatakan bahwa penyakit dunia yang serba canggih saat ini adalah sakit kepala dan stres, jadi tidak ada salahnya pula menggunakan minyak esensial karena minyak ini benar-benar akan membantu menurunkan ketegangan, stres dan memperbaiki mood.

Di bawah ini adalah 5 jenis minyak esensial berikut manfaatnya bagi kesehatan.

Minyak lavender (lavender oil)

Minyak yang berasal dari bunga lavender segar ini sangat baik untuk kesehatan sistem saraf. Minyak ini sangat terkenal di seluruh dunia karena keefektifannya. Satu contoh, jika Anda menderita alopecia areata (kerontokan rambut) maka minyak lavender yang diterapkan ke kepala akan merangsang pertumbuhan rambut Anda. Minyak lavender juga bisa digunakan untuk mengatasi depresi, stres, dan gangguan kecemasan.

Minyak kayu putih (eucalyptus oil)

Minyak kayu putih merupakan obat yang sempurna untuk orang-orang yang menderita masalah paru-paru. Minyak yang berasal dari daun kayu putih ini memiliki kandungan antimikroba, nematisida, herbisida yang berperan besar untuk kesehatan fisik dan mental.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih termasuk salah satu minyak terbaik yang perlu Anda simpan agar selalu hidup sehat. Selain baik untuk kesehatan pernapasan, minyak kayu putih juga dapat menyingkirkan masalah perut, bisa mengatasi beberapa jenis batuk dan hidung buntu.

Karena itu, jika Anda benar-benar ingin hidup sehat, menggunakan minyak kayu putih merupakan pilihan yang bijak. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak kayu putih merupakan suplemen terbaik untuk menyingkirkan masalah otot, mental, dan beberapa masalah fisik.

Minyak peppermint (peppermint oil)

Yang terakhir tapi tidak sedikit manfaatnya. Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint untuk menghilangkan mual, gangguan pencernaan, kecemasan, dan sakit kepala. Dilema terbesar manusia modern saat ini adalah kegelisahan, depresi, dan masalah mental. Karena itu, jika Anda mengalami masalah-masalah tersebut, maka inilah saatnya untuk mulai menggunakan pengobatan alami untuk mengatasinya.

Minyak peppermint

Sebuah studi menunjukkan bahwa 80% masalah mental dan emosional dapat diatasi dengan menggunakan minyak ini, jadi mengapa tidak membuat hidup Anda menjadi lebih sehat dan mudah dengan menggunakan minyak esensial?