6 Manfaat / Khasiat Jeruk Nipis

Tuesday, May 14, 2013
Pohon jeruk nipis

Rasanya hampir semua orang sependapat jika perasan jeruk nipis ditambah air dan gula adalah minuman yang nikmat sekaligus baik untuk kesehatan. Tapi, umumnya kita hanya mengetahui bahwa manfaat jeruk nipis itu adalah obat tradisional untuk menghilangkan batuk saja. Jangan anggap remeh jeruk nipis, karena sebenarnya masih banyak lagi manfaat/khasiat dari buah ini.

Nama ilmiah untuk jeruk nipis adalah Ciltrus aurantifolia. Beberapa nama daerah untuk jeruk nipis antara lain jeruk asam (Jawa), limau asam (Sunda), jeruk dhurga (Madura).

Kandungan Jeruk Nipis

Tanaman yang tumbuh lebih sehat di tempat yang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, yaitu: limonen, linalin asetat, geranit asetat, asam sitrat, vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, sitral

Sebuah kandungan yang cukup lengkap untuk buah murah sekelas jeruk nipis.

Manfaat / Khasiat Jeruk Nipis

1. Batuk kronis

Peras satu buah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh dan campur dengan kecap manis. Minum tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Angkat dan diamkan hingga panasnya menjadi suam-suam (hangat-hangat) kuku. Belah jeruk nipis tersebut lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan.

2. Demam

Ambil 2-4 genggam daun jeruk nipis dan rebus dengan 2-4 gelas air (1 genggam = 1 gelas). Gunakan air rebusan untuk mengompres pasien yang demam. Caranya, basahkan kain (alat kompres) pada air rebusan dan peras, lalu tempelkan pada dahi orang yang demam.

3. Anemia (kurang darah)

Jeruk nipis cukup ampuh untuk mengobati anemia, namun diperlukan beberapa bahan tambahan lainnya agar pengobatan menjadi lebih efektif.

Siapkan bahan-bahan berupa:

  • Jeruk nipis 1/2 buah
  • Daun bayam duri 25 gram
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok madu
  • Daun tapak liman 10 gram (abaikan saja bila sulit ditemukan).

Bersihkan daun bayam dan daun tapak liman, lalu tumbuk dan ambil airnya. Campur air tersebut dengan kuning telur, jeruk nipis (sari) dan madu. Aduk sampai rata dan minum 2 kali sehari.

4. Flu ringan

Untuk yang mengalami flu namun enggan meminum obat atau karena alasan lain, mungkin Anda bisa mencoba resep yang satu ini. Mudah, hanya dengan meminum air jeruk nipis yang hangat diyakini akan mempercepat kesembuhan flu Anda.

5. Menghentikan kebiasaan merokok

Cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel Medkes tentang Cara Mudah Berhenti Merokok. Setelah itu, Anda bisa menerapkan hal ini.

Hisap sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam dan segar akan membuat rangsangan untuk meminum air putih lebih banyak. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini akan mengurangi keinginan untuk merokok dan membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut.

6. Bau ketiak

Siapkan jeruk nipis yang dicampur dengan kapur sirih. Usapkan campuran ini pada ketiak setelah mandi dan biarkan beberapa saat sebelum dibasuh. Untuk hasil yang maksimal, lakukan setiap pagi dan sore.

Beberapa khasiat lain dari jeruk nipis adalah untuk menyegarkan tubuh dan memperlancar pengeluaran air kemih. Cukup peras jeruk nipis dan campurkan pada minuman teh, lalu minum.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer