Setiap Wanita Berisiko Mengalami Selulit

Advertisement
Selulit pada bagian bokong dan paha
Tidak peduli berapa umur Anda, apa warna dan jenis kulit Anda, dan berapa berat badan Anda, selulit akan selalu menjadi musuh besar. Meskipun juga terjadi pada laki-laki, selulit merupakan masalah tersendiri bagi wanita karena hampir 85 persen yang mengalami selulit pada kulitnya adalah wanita.

Utamanya selulit sering muncul pada bagian bokong, paha, perut, ketiak, pinggang dan bagian-bagian tubuh lainnya yang jarang bergerak. Hampir semua wanita mengalami selulit bahkan bagi mereka yang langsing sekalipun.

Selulit ini seperti gurat jeruk dan tidak sedap untuk dipandang. Selulit ini berkaitan erat dengan rentannya kulit terhadap perubahan lemak. Dengan kata lain, selulit merupakan lemak yang terperangkap di dalam kulit. Hal ini disebabkan oleh lemak yang tidak terbuang secara sempurna sehingga menggumpal pada bagian tubuh tertentu dan menimbulkan kesan yang tidak rata. Bisa diambil kesimpulan bahwa selulit terjadi karena kulit mengalami gangguan metabolisme dan lemak yang berlebih sehingga membentuk jaringan parut. Lihat artikel Penyebab dan 5 Langkah Mengurangi Selulit.

Risiko seorang wanita terkena selulit akan meningkat apabila:
  • Menggunakan kontrasepsi hormonal.
  • Terjadi perubahan hormon dalam tubuh seperti saat seorang wanita menjadi ibu.
  • Mengonsumsi kafein.
  • Perubahan berat badan yang tidak stabil akan menyebabkan lemak tidak merata yang akhirnya menyebabkan selulit.
Sebagai pencegahan dari selulit, sangat disarankan untuk memenuhi asupan air. Mengonsumsi cukup air dan makanan yang mengandung air dapat membuat kulit lebih lembab dan sehat. Bahkan memakan makanan yang mengandung air harus ditingkatkan lagi karena dapat mencegah timbulnya selulit, hal ini bahkan lebih baik daripada dengan cara diminum. Oleh karena itu buah-buahan seperti apel, timun dan anggur sangat direkomendasikan untuk mencegah dan menghilangkan selulit.

Selain itu, cemilan yang mengandung vitamin C dapat mencegah kerusakan kolagen atau struktur pendukung kulit. Maka jika Anda ingin mengemil, sebaiknya pilihlah cemilan yang mengandung vitamin C, yakni sayuran yang berwarna-warni. Juga jangan lupa berolahraga untuk mengimbanginya. Karena bagaimanapun dengan berolahraga secara rutin akan mengencangkan kulit.
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer