Penyebab dan 5 Langkah Mengurangi Selulit

Friday, January 24, 2014
Selulit

Selulit adalah timbunan/gumpalan lemak yang berbentuk tidak rata dan bergumpal yang terdapat di bawah kulit. Gumpalan lemak ini akan menarik tisu-situ di bawah kulit sehingga menyebabkan kulit mengerut, bergelombang mirip dengan kulit jeruk.

Selulit umumnya mengenai daerah perut, paha dan bokong. Bisa mengenai siapa pun tidak memandang jenis kelamin, dan gemuk atau pun kurus. Selulit biasanya muncul saat usia 25 sampai 35 tahun, dan kemunculan selulit akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Faktanya, hampir 80 persen wanita di dunia memiliki selulit di bagian tubuhnya.

Penyebab Munculnya Selulit

Selulit muncul akibat terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah. Banyak faktor yang menyebabkannya namun yang diyakini faktor terkuat adalah genetik (keturunan). Sedangkan beberapa faktor lainnya adalah obesitas, kurang berolahraga, obat-obatan, dan struktur lemak seseorang itu sendiri.

Selain itu, faktor hormon seperti estrogen juga mempengaruhi kemunculan selulit. Karena pada umumnya selulit muncul pada wanita saat mengalami perubahan hormon estrogen seperti pada waktu pubertas, hamil, menopause dan mengonsumsi pil KB.

5 Langkah Mengurangi Selulit

Langkah pertama: Olahraga
Dengan berolahraga rutin seperti berjalan atau segala bentuk latihan kardio, akan memperlancar sirkulasi darah dan mengencangkan kaki. Mulailah dengan berjalan cepat, jogging atau crosstraining, ini untuk membantu mengurangi lemak.

Langkah kedua: Diet
Makanlah buah dan sayuran yang berwarna cerah, ini akan membatu meningkatkan sirkulasi kulit, yang akhirnya akan mengurangi selulit. Buah dan sayuran berwarna banyak mengandung antioksidan, membantu tubuh dalam mengeluarkan racun.

Makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak dapat menyebabkan keelastisitasan kulit berkurang dan sirkulasi menjadi tidak lancar. Mangga dan pisang juga akan mendorong aliran darah, yang lagi-lagi membantu mengurangi selulit.

Cobalah untuk banyak mengonsumsi vitamin C. Vitamin C akan meningkatkan kadar kolagen di dalam kulit. Selain itu, garam merupakan faktor yang memperparah keadaan selulit, jadi hindari makanan tinggi garam.

Langkah ketiga: Pakaian Dalam
Pakaian yang ketat dapat menghambat kerja tubuh dalam memindahkan lemak. Memakai pakaian dalam yang longgar akan membantu mencegah selulit. Kondisi selulit akan bertambah parah akibat penggunaan pakaian dalam yang ketat, karena akan menghambat sirkulasi.

Langkah keempat: Perawatan Kulit/Pijat
Body brushing akan mengangkat sel kulit mati dan memberikan kulit yang sehat, membuat penampilan tampak lebih muda. Gunakan juga pelembab, ini akan membantu sel-sel kulit untuk untuk bernapas kembali yang akhirnya membuat kulit lebih halus.

Lakukan pijatan terutama pada otot-otot sekitar kaki, beti dan paha, ini akan membuat rileks urat saraf dan otot-otot dan memperlancar sirkulasi darah yang akan menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh.

Langkah kelima: Velashape
Faktor genetik memainkan peran besar dalam kemunculan selulit, sehingga ada kalanya seseorang telah melakukan berbagai macam upaya namun selulitnya tidak kunjung berkurang. Jika Anda selalu makan makanan sehat, merawat kaki dan berolahraga secara teratur tapi tetap saja tidak bisa mengurangi selulit, maka mungkin Anda perlu mempertimbangkan perawatan yang lebih baik.

Salah satunya yang dianggap terbaik saat ini adalah Velashape, perawatan yang menggunakan gabungan frekuensi radio, infra merah, vakum dan pijat mekanik untuk mengatasi selulit. Perawatan ini akan meningkatkan sirkulasi darah, membuat kulit teras halus dan tentunya akan mengurangi selulit.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.