Mengatasi Nyeri Haid dengan Tepat

Wednesday, December 18, 2013
Kompres pada nyeri haid

Suatu perasaaan yang tidak enak biasanya akan muncul pada permulaan datangnya haid, meskipun ini tidak terjadi pada semua wanita. Jika nyeri yang terjadi biasa saja, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun bila nyeri yang datang itu hebat, maka bisa jadi hal itu disebabkan karena suatu keadaan yang abnormal yang harus segera ditangani.

Lucunya juga ada wanita-wanita yang cenderung membesar-besarkan gejala-gejala haid mereka, ini hanyalah usaha mereka untuk mendapatkan perhatian yang lebih. Penyebab nyeri haid yang hebat ada beberapa macam, berikut diantaranya:
  • Ketidakseimbangan endokrin.
  • Posisi rahim yang abnormal.
  • Kondisi panggul tertentu seperti endometriosis dan myoma. Namun hal ini biasanya hanya terjadi pada usia lanjut.
  • Infeksi tertentu seperti syphilis, penyakit kencing nanah, TBC.
  • Kelainan-kelainan poros usus seperti sembelit.
  • Kelain bentuk punggung dan sikap tubuh yang salah.
Selain disebabkan oleh fisik tubuh seorang wanita, gejala nyeri haid yang hebat juga bisa disebabkan karena kondisi psikis yang tidak sehat seperti ketegangan emosi dan stress.

Bila memang Anda termasuk dalam kategori wanita yang mengalami nyeri haid hebat, ada baiknya untuk melakukan olahraga rutin karena hal ini akan memperbaiki keadaan panggul. Gerak badan khusus untuk menguatkan panggul sangatlah dianjurkan untuk menguatkan punggung, namun ingat lakukan secukupnya saja.

Selain berolahraga, si penderita nyeri haid hebat ini sebaiknya tidak boleh terlalu letih. Aturlah sebaik mungkin agar aktivitas sekolah, kuliah atau bekerja Anda tidak menguras waktu dan pikiran Anda yang akhirnya dapat mengakibatkan Anda merasakan letih yang berlebih. Pastikan juga Anda cukup tidur dan istirahat. Berkonsultasilah juga ke dokter bila Anda mengalami masalah sembelit yang berlarut-larut. Bila memang penyebab nyeri haid Anda bukan diakibatkan karena adanya penyakit lain di dalam tubuh, maka saran-saran diatas akan sangat membantu mengurangi nyeri haid yang hebat.

Untuk mengatasi rasa nyeri hebat saat datangnya haid,  saat ini sudah banyak obat yang tampaknya dijual bebas di pasaran. Namun perlu Anda perhatikan dosis yang tepat, efek samping dan kontra indikasi dari obat tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, obat adalah racun. Salah satu obat pereda nyeri haid adalah asam mefenamat, penghilang rasa sakit ini cenderung efektif untuk mengatasi rasa sakit yang hebat karena haid. Meskipun sudah lumrah dijual di pasaran, obat ini tergolong obat keras dan berisiko. Ada baiknya untuk berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya. Selain itu, lakukan juga kompres hangat pada panggul dan bokong, hal ini juga membantu mengurangi nyeri haid.

[Foto: Wikihow]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.