6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Monday, June 17, 2013
Lidah buaya

Aloe vera, biasa kita kenal dengan lidah buaya merupakan tanaman berakar serabut yang berwarna hijau atau jingga dengan tangkai yang panjang dan berduri kecil. Lidah buaya diketahui selama ini berkhasiat sebagai penyubur rambut, penyembuh luka bakar serta untuk perawatan kulit.

Tanaman ini sangat menyukai daerah yang berhawa panas dan terbuka dengan kondisi tanah yang gembur dan kaya akan bahan organik. Sebagai tanaman sukulen (mengandung air), lidah buaya tidak menyukai tempat yang mengandung air karena dapat membusukkan batang dan daunnya. Pembiakannya pun tergolong mudah, cukup ambil anakan di sekitar tanaman induknya dan tanam di tempat lain.

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat seperti aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, aloenin,aloesin dll, yang bermanfaat untuk :

1. Penyubur rambut
Ambillah daun lidah buaya segar secukupnya, lalu belah. Ambil daging daun yang seperti agar-agar dan digosokkan ke kulit kepala. Selanjutnya bungkus rambut dengan kain dan biarkan beberapa saat agar meresap ke kulit kepala sebelum dicuci.

2. Mengobati rambut rontok
Siapkan daun lidah buaya 40 gram, daun mangkokan 20 gram, daun waru muda 20 gram, dan minyak kemiri 50 ml. Tumbuk semua daun tersebut hingga halus. Hasil tumbukan dicampur dengan minyak kemiri dan tempelkan ke kulit kepala. Biarkan beberapa saat (makin lama makin baik) sebelum dicuci.

3. Luka bakar atau tersiram air panas ringan
Cukup tempelkan daging daun lidah buaya ke bagian tubuh yang terkena luka bakar.

4. Bisul
Daging daun lidah buaya ditambah dengan garam dan tempelkan pada bisul.

5. Kencing darah
Petik 15 gram daun lidah buaya segar. Peras dan ambil airnya. Tambahkan 30 gram gula dan sedikit air beras sebelum diminum.

6. Wasir
Siapkan 1/2 daun lidah buaya. Buang durinya lalu cuci bersih. Parut daun tersebut dan tambahkan 1/2 gelas air matang dan 2 sendok makan madu. Aduk rata campuran tersebut, lalu saring. Minum ramuan ini sehari 3 kali dan wasir akan segera sembuh.

Itulah 6 manfaat utama lidah buaya disamping manfaat lainnya yang masih banyak sekali. Semoga bermanfaat.

[Foto:mygreenlivingideas.com]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.