Cara Ampuh Menambah Berat Badan, Mudah!

Friday, March 08, 2013

Jika tubuh Anda langsing (kurus) atau hanya kurang sedikit saja dari berat badan ideal, maka kesehatan Anda cukup baik. Ada baiknya Anda pertahankan berat badan seperti itu, karena orang yang langsing cenderung lebih panjang usianya, dengan syarat mereka tidak menderita suatu penyakit yang sangat melemahkan tubuh, misalnya TBC. Tapi, jika berat Anda terlampau rendah, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan guna memastikan ada atau tidaknya hal serius (misalnya penyakit) di dalam tubuh Anda.

Ada dua jenis orang kurus. Jenis yang pertama adalah orang kurus yang kuat dan penuh semangat, layaknya anjing pemburu. Orang seperti itu jarang sekali sakit. Makannya banyak, namun berat badan mereka tidak pernah bertambah. Ini karena mereka selalu giat melakukan gerak badan yang akhirnya membakar habis semua energi yang dikonsumsinya. Kebanyakan orang kurus jenis ini ingin menambah berat badan sedikit saja agar terlihat lebih tampan. Tidak masalah dilakukan, asal menambah secukupnya saja.

Tips menambah berat badan
Joko Widodo, Gubernur DKI, sosok kurus yang penuh semangat
Orang kurus jenis kedua adalah yang lemah dan tidak bersemangat. Mereka kurang bertenaga dan bersemangat. Kebanyakan dari mereka lekas lelah dan sering berfikir mengenai apa yang salah pada diri mereka. Mereka selalu cemburu melihat orang lain makan dengan lahapnya, sedangkan alat pencernaan mereka sendiri biasanya mengalami kesulitan untuk mencerna makanan biasa sekalipun untuk porsi tertentu. Makanan-makanan yang tergolong "mewah" biasanya akan membuat mereka sakit. Karena jarang sekali mereka bisa menghabiskan sajian yang dihidangkan, mereka hanya makan beberapa suap saja dan kenyang.

Apa yang salah dengan golongan kurus seperti ini? Sebagian dari mereka mungkin memiliki lambung kecil kapasitasnya rendah. Orang seperti itu dapat menolong dirinya sendiri dengan makan sedikit-sedikit tapi sering. Ada juga yang bisa mengatasi kekurangan gizi mereka dengan meminum jus buah di antara waktu makan. Selamanya mereka harus memilih makan yang sederhana, karena makanan yang "mewah" tidak cocok bagi mereka.

Golongan kurus seperti ini ada baiknya dilakukan pemeriksaan X-ray pada alat pencernaan mereka untuk menyingkirkan kemungkinan adanya penyakit tersembunyi yang dideritanya. Pemeriksaan tinja juga diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya cacing, infeksi oleh amoeba, dan berbagai parasit lainnya yang berbahaya. Pemeriksaan darah juga perlu dilakukan untuk memastikan orang tersebut tidak menderita anemia. Selain itu, air seni juga harus diperiksa guna memastikan ada atau tidaknya infeksi di dalam ginjal atau kandung kemih.

Faktor lain yang menyebabkan kurangnya nafsu makan adalah kecemasan yang disertai kegugupan. Anak yang merasa diabaikan (dibuang) mungkin akan menderita suatu kecemasan kronis yang menyebabkannya kurang nafsu makan. Obat terampuh untuk anak seperti ini adalah menempatkan dirinya pada lingkungan yang menyenangkan, biasanya nafsu makannya akan muncul dengan segera. Ingat, sifat mencari-cari kesalahan atau mengkritik bahkan memarahi tidak akan membantu, karena ini hanya akan menambah permasalahan emosi anak itu. Tablet multivitamin juga berguna untuk menambah nafsu makan dan mengembalikan tubuh pada fungsinya yang normal.

Bagaimana Menambah Berat Badan

Hindari jajan menjelang waktu makan, karena hal ini akan merusak nafsu makan. Makanlah makanan yang seimbang, sebaiknya makan-makanan yang berkalori tinggi. Berhentilah merokok atau bila tidak sanggup, hindari saja merokok menjelang waktu makan.

Dan yang terpenting adalah belajarlah untuk membuat diri Anda merasa nyaman dalam hidup. Hal ini akan membantu mengurangi ketegangan saraf sementara tubuh kembali pada keadaan normal. Banyak orang yang kurus sangat merasa letih karena ketegangan saraf. Kebanyakan mereka terlampau teliti dan sering mengkhawatirkan keadaan yang tidak dapat mereka ubah. Ada juga penyebab lain pencernaan mereka tidak berjalan normal adalah karena kencangnya ikat pinggang yang mereka gunakan.

Beristirahatlah menjelang makan malam dan menjelang makan siang, ini untuk mengembalikan tenaga tubuh. Usahakanlah tidak melakukan sesuatu secara berlebihan, karena hal ini akan membantu mengurangi ketegangan. Tips-tips diatas, ditambah tidur cukup dan tenang di waktu malam dan gerak badan yang cukup di udara yang segar setiap hari adalah resep ampuh untuk menambah berat badan dan yang terpenting untuk kesehatan.
Share this article :

Artikel Menarik Lainnya

Post a Comment

 
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan bertanggungjawab atas pandangan tersebut. Semua resiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.