Mengapa Saya Gemuk

Tuesday, February 26, 2013
Andaikan berat badan Anda lebih 14 kg. Apa yang harus Anda lakukan? Anda tahu bahwa berat badan ini sudah melebihi berat badan normal, dan Anda harus berbuat sesuatu untuk mengatasinya. Tapi bagaimana?

Kembali dulu ke awal, cobalah selidiki terlebih dahulu mengapa berat badan Anda tidak sebagaimana mestinya. Jangan terkejut bila diberitahu bahwa ada orang yang kelebihan berat badan disebabkan karena mereka sedang dirudung perasaan susah ataupun frustasi. Misal, karena patah hati, belum juga memperoleh jodoh atau karena mereka merasa terabaikan oleh keluarga atau orang lain. Nah, untuk menghibur perasaan sakit hati tersebut, mereka akan makan sedikit demi sedikit di antara waktu makan. Malah ada pula yang bangun di malam hari untuk jajan sementara anggota keluarga yang lain tidur. Makan sedikit-sedikit seperti ini bila diteruskan akan menambah berat badan dengan cepat.

Gemuk

Tapi, kata beberapa orang saya makan tidak sebanyak saudara perempuan saya. "Tapi lihatlah ia sangat kurus." Mungkin benar begitu, karena setiap orang berbeda dalam berapa jumlah kalori yang harus dibakar dalam melakukan sesuatu.

Jika seseorang itu berat badannya terus bertambah, artinya ia terus menerus menambah kalori yang melebihi kebutuhannya. Tubuh tidak akan memboroskan kalori yang tidak perlu. Sebagai gantinya, tubuh akan menyimpan kalori ekstra itu, ia akan menyimpannya baik-baik dalam bentuk lemak untuk dipakai pada hari-hari mendatang. Alangkah mudahnya bagi kita untuk menambah berat badan, tetapi alangkah sulitnya untuk menurunkannya kembali!

Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Hal itu tergantung pada banyak hal, seperti jenis pekerjaan yang Anda lakukan, umur, perawakan dan kegiatan bekerja. Seorang pekerja bangunan yang bekerja keras mungkin akan memerlukan 5.000 kalori setiap hari. Untuk bekerja terus ia harus cukup makan. Sebaliknya, seorang bos yang kerjanya cuma duduk di kantor sepanjang hari mungkin hanya memerlukan 2.200 kalori setiap hari. Istrinya yang sibuk dengan urusan rumah tangga sepanjang hari mungkin akan butuh 2.500 kalori setiap hari. Dan seorang sekretaris kantor yang kerjanya cuma di atas meja mungkin cuma butuh 1.800 kalori setiap hari. Jadi kebutuhan kalori tiap-tiap orang itu berbeda.

Semuanya juga tergantung pada aktifitas kita sehari-hari. Pada usia 25 tahun kita biasanya membakar semua kalori tanpa kesulitan. Pada usia 35 tahun situasi sudah mulai berubah. Sekarang kita sudah tidak lagi bergerak aktif. Kita lebih sering duduk dan mungkin memakai alat-alat modern untuk menggantikan kerja tubuh. Ini berarti bahwa kita harus mengatur banyaknya makanan sesuai dengan pekerjaan yang kita lakukan, dan bukannya sesuai dengan yang dilakukan orang lain.

Masih adakah hal-hal lain yang mempengaruhi berat badan seseorang? Ya tentu saja. Seseorang mungkin menjadi kelebihan berat badan karena adanya air yang terkumpul di jaringan-jaringan bawah kulit. Misalnya, dekompensasi jantung yang mengakibatkan pembengkakan di tungkai atau bagian tubuh yang lain. Demikian juga halnya dengan beberapa penyakit ginjal. Orang yang menderita penyakit seperti itu harus menghindari pemakaian garam yang berlebih. Tetapi hal ini bukanlah menjadi suatu penyebab yang biasa sehingga kebanyakan orang kelebihan berat. Makan berlebih-lebihan lebih mungkin menjadi penyebab yang sesungguhnya. Walaupun demikian, perhatikanlah saran ini jika Anda kelebihan berat. Jantung dan ginjal Anda akan menjadi lemah pada masa mendatang karena terus dipaksa bekerja berat dengan menanggung semua lemak tambahan. Jangan lupa, bahwa berat badan yang berlebih dapat mendatangkan bahaya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.