Fungsi Jantung Manusia

Sunday, February 24, 2013

Jantung manusia merupakan alat yang ajaib. Fungsinya ialah memompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh, tidak pernah berhenti sesaat pun dalam pekerjaannya, dan tidak pernah berkesudahan selama hidup manusia.

Jantung itu satu, namun terdiri dari dua pompa, yang satu di bagian kanan dan satu lagi di bagian kiri. Jantung bagian kanan menerima darah dari seluruh bagian tubuh dan memompanya ke paru-paru. Disitulah darah meninggalkan muatan karbon dioksia dan menerima persediaan oksigen yang segar, setelah itu meneruskannya ke bagian kiri jantung, dan dari situ dipompakan ke seluruh tubuh.

Jantung manusia

Tiap-tiap bagian jantung bekerja dengan tidak bergantung pada yang lain, tetapi semuanya bekerja bersama-sama untuk mengatur peredaran darah yang normal.

Dinding-dinding jantung terdiri dari serat-serat otot yang kuat yang mempunyai kekuatan untuk menguncup (berkontraksi) atau berdenyut dengan berirama. Denyutan berirama yang terus menerus ini memelihara kelangsungan peredaran darah.

Jantung Anda melakukan pekerjaan yang banyak sekali. Jantung itu berdenyut lebih dari seratus ribu kali sehari, terus-menerus memompakan darah melalui lebih dari 60.000 mil pembuluh darah yang amat kecil - Betapa unik tubuh manusia-

Pembuluh-pembuluh kapiler ini hanya sepersepuluh inci panjangnya, tetapi jika ujung-ujungnya disambungkan satu sama lain, maka panjangnya adalah dua setengah kali lingkar bumi melalui khatulistiwa. Untuk menjaga tekanan yang sesuai, semua pembuluh ini harus diisi dengan jumlah darah yang sesuai, karena jika tidak, jaringan-jaringan tubuh akan mati.

Kredit foto : kerrizane.com

Share this article :

Artikel Menarik Lainnya

Post a Comment

 
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.