02 May 2021

Apa itu Endokrinologi? Pengertian dan Gambaran Umum

Endokrinologi

Endokrinologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari sistem endokrin, yaitu sistem yang mengontrol hormon tubuh. Sistem endokrin terdiri dari banyak kelenjar, misalnya kelenjar pankreas, kelenjar adrenal yang ada di atas ginjal, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, dan beberapa organ reproduksi, seperti ovarium dan testis.

Sistem endokrin bertanggung jawab dalam produksi dan sekresi hormon, yang berperan sebagai pembawa pesan kimiawi yang memberitahu sel atau jaringan untuk bekerja dengan cara tertentu atau melakukan aktivitas yang penting bagi nyawa seseorang.

Ahli endokrin (endocrinologist) atau spesialis endokrin adalah dokter terlatih khusus yang mendiagnosis penyakit yang berhubungan dengan kelenjar. Karena dokter-dokter ahli endokrin ini mengkhususkan diri pada kondisi-kondisi ini, yang kondisi penyakitnya bisa jadi rumit dan gejalanya yang sulit ditemukan, ahli endokrin adalah penasihat terbaik Anda saat menangani masalah hormonal.

Pada umumnya pasien berkonsultasi ke ahli endokrin karena rujukan dari dokter umum atau dari fasilitas layanan kesehatan primer. Dokter ini akan melakukan serangkaian tes untuk melihat kemungkinan masalah yang dihadapi pasien. Jika diduga ada masalah dengan hormon, dokter umum akan memberikan rujukan ke ahli endokrin. Tujuan ahli endokrin adalah mengembalikan keseimbangan hormonal dalam tubuh.

Apa yang Dilakukan Ahli Endokrin?
Kelenjar di tubuh seseorang melepaskan hormon. Ahli endokrin merawat orang yang menderita ketidakseimbangan hormon, biasanya dari kelenjar di sistem endokrin atau jenis kanker tertentu. Tujuan keseluruhan pengobatan adalah mengembalikan keseimbangan normal hormon yang ditemukan dalam tubuh pasien.

Sebagian besar pekerjaan yang dilakukan oleh ahli endokrin berfungsi sebagai dasar penelitian yang sedang berlangsung. Beberapa ahli endokrin hanya bekerja sebagai dokter peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan cara baru untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon dengan lebih baik, termasuk pengembangan obat baru.

Apa yang Diperlukan untuk Menjadi Ahli Endokrin?
Langkah pertama untuk menjadi ahli endokrin adalah menjadi dokter umum. Selanjutnya mengikuti program residensi yang berlangsung antara tiga hingga empat tahun.

Kursus umum yang harus diselesaikan untuk menjadi ahli endokrin meliputi:
  • Pencitraan dan analisis tiroid
  • Endokrinologi klinis
  • Endokrinologi dan genetika
  • Konsep endokrinologi molekuler
  • Tumor endokrin.

Biasanya dibutuhkan setidaknya waktu 10 tahun bagi seseorang untuk menyelesaikan semua kursus, sekolah, dan pelatihan yang diperlukan untuk menjadi ahli endokrin. Sebelum seseorang memulai jalur pendidikan untuk menjadi dokter jenis ini, sangat disarankan agar dia mempertimbangkan dengan cermat apakah itu cocok atau tidak baginya.

Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Endokrin
Sistem kelenjar endokrin terdiri dari berbagai kelenjar, termasuk kelenjar adrenal, pankreas, paratiroid, hipofisis, indung telur, testis dan tiroid. Dari beragam kelenjar tersebut akan melepaskan hormon dalam tubuh.

Dokter spesialis endokrin secara khusus menangani pasien yang mengalami gangguan atau ketidakseimbangan hormon pada sistem kelenjar endokrin tersebut. Tujuannya  agar dapat mengembalikan keseimbangan hormon menjadi normal.

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan sistem endokrin dan langsung ditangani oleh dokter spesialis endokrin, di antaranya adalah:

Selain itu, dokter spesialis endokrin juga mampu menangani beragam gangguan endokrin pada anak-anak, terutama gangguan pertumbuhan dan masalah pubertas. Namun, khusus penanganan ini umumnya dilakukan oleh dokter spesialis endokrin anak.
This Is The Newest Post