Perbedaan Antara Campak dan Rubella

Monday, August 27, 2018
Campak dan rubella memiliki nama yang mirip. Mengapa disebut mirip? Karena nama asli campak sendiri adalah rubeola. Sedangkan nama lain untuk rubella adalah campak Jerman. Baik campak maupun rubella disebabkan oleh virus. Keduanya sama-sama menyebabkan ruam pada kulit.

Bingung dengan perbedaan campak dan rubella?

Meskipun kedua penyakit ini memiliki kesamaan, tapi keduanya masih memiliki karakteristik yang berbeda dengan keseriusannya masing-masing.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rubella juga disebut sebagai campak Jerman, sedangkan rubeola adalah campak biasa. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah bahwa rubella dianggap hanya sebagai penyakit ringan yang hanya berlangsung sekira tiga hari. Sedangkan campak dapat merupakan penyakit serius yang berlangsung selama beberapa hari dan dapat menyebabkan komplikasi permanen serius.

Tapi rubella akan sangat berbahaya bagi wanita hamil terutama jika terinfeksi virus rubella di 20 minggu pertama kehamilannya.

Jika seorang wanita hamil terinfeksi rubella, dapat menyebabkan cacat lahir pada janin yang belum lahir dan bahkan keguguran. Orang yang terinfeksi rubella seringkali tidak menunjukkan gejala yang berarti, sehingga mereka sering tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi rubella.

Itulah mengapa sangat penting bagi wanita usia subur atau wanita yang ingin hamil diimunisasi rubella. Paling tidak dilakukan pada satu bulan sebelum kehamilan.

Perbedaan ruam campak dan rubella

Ruam rubella berwarna merah muda atau merah terang, terlihat berbintik-bintik atau bertutul-tutul dan berlangsung hingga tiga hari. Gejala lainnya adalah demam ringan selama satu sampai dua hari, pembengkakan sendi, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdapat di leher, tulang selangka, di bawah lengan (ketiak), dan pangkal paha.

Penderita rubella dapat menularkan virus rubella ke orang lain satu minggu sebelum dan satu minggu setelah gejalanya. Anak-anak biasanya akan pulih dalam waktu sekira satu minggu, tetapi pada orang dewasa, mungkin sedikit lebih lama meskipun gejalanya ringan.

Campak biasa adalah ruam merah atau coklat kemerah-merahan di seluruh tubuh. Namun gejala pertamanya biasanya adalah batuk kering, pilek, dan demam tinggi.

Selain itu, penanda umum yang ditemukan pada campak adalah bintik-bintik Koplik, yang muncul di mulut dalam bentuk bintik-bintik merah kecil dengan pusat putih biru. Campak sangatlah menular. Orang dengan campak sudah dapat menularkan virus campak empat hari sebelum gejala muncul, dan empat hari setelah ruam erupsi.

Komplikasi campak bisa serius. Enam hingga 20 persen komplikasi campak adalah infeksi telinga, diare, atau bahkan pneumonia.

Pencegahan:
Tidak ada pengobatan untuk campak dan rubella, itulah sebabnya mengapa imunisasi diperlukan untuk mencegah penyebarannya. Vaksinasi MMR adalah singkatan dari Measles (rubeola), Mumps dan Rubella atau juga MR (Measles dan Rubella) adalah vaksin untuk mencegah campak dan rubella.

Article Resources
  • https://www.empowher.com/measles/content/difference-between-rubella-and-rubeola
  • http://www.cdc.gov/vaccines/vpd-vac/measles/faqs-dis-vac-risks.htm

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer