Pengertian Kuman

Kuman

Istilah "kuman" mengacu pada bakteri mikroskopis, virus, jamur, dan protozoa yang dapat menyebabkan penyakit.

Selalu mencuci tangan adalah langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kuman dari menyebabkan infeksi dan penyakit.

Jenis kuman

Bakteri

Bakteri adalah organisme kecil bersel tunggal yang mendapatkan nutrisi dari lingkungannya. Dalam hal ini, lingkungan hidupnya adalah manusia atau makhluk hidup lainnya.

Beberapa bakteri baik untuk tubuh kita - mereka membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah bakteri jahat masuk. Beberapa bakteri juga digunakan untuk memproduksi obat-obatan dan vaksin.

Tetapi bakteri juga dapat menyebabkan masalah, seperti menyebabkan gigi berlubang, infeksi saluran kemih, infeksi telinga, atau radang tenggorokan. Antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

Virus

Virus tidak dapat bertahan hidup, tumbuh, dan bereproduksi kecuali seseorang atau binatang menjadi tempat hidupnya. Virus hanya dapat hidup dalam waktu yang sangat singkat di luar sel hidup lainnya. Sebagai contoh, virus-virus dalam cairan tubuh yang terinfeksi yang terdapat/tersisa di suatu permukaan seperti meja atau toilet hanya mampu hidup secara singkat disana, kecuali mereka berpindah ke tubuh orang lain.

Setelah mereka berpindah ke tubuh seseorang, virus menyebar dengan mudah dan dapat membuat orang itu sakit. Virus bertanggung jawab menyebabkan beberapa penyakit ringan seperti flu, dan penyakit yang sangat serius seperti cacar atau HIV / AIDS.

Antibiotik tidak efektif melawan virus. Agen antivirus telah dikembangkan terhadap sekelompok kecil virus pilihan.

Jamur

Jamur adalah organisme multi-sel, mirip tumbuhan. Mereka mendapatkan nutrisi dari tumbuhan, makanan, dan hewan di lingkungan yang lembab dan hangat.

Infeksi jamur umumnya tidak berbahaya pada orang yang sehat. Namun pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah (bisa karena disebabkan penyakit seperti HIV atau kanker), dapat mengembangkan infeksi jamur yang lebih serius.

Protozoa

Protozoa adalah, seperti bakteri, organisme bersel tunggal dan banyak yang dapat bergerak sendiri. Protozoa menyukai kelembapan, sehingga infeksi usus dan penyakit lain yang disebabkannya sering menyebar melalui air yang terkontaminasi. Beberapa protozoa juga dikemas dalam kista, yang membantu mereka hidup di luar tubuh manusia dan di lingkungan yang keras untuk jangka waktu yang lama.

Apa yang dilakukan kuman

Setelah organisme seperti bakteri, virus, jamur, dan protozoa menyerang tubuh, mereka bersiap-siap tinggal untuk sementara waktu. Kuman-kuman ini mengambil energi dari inang. Mereka dapat merusak atau menghancurkan sel-sel sehat. Ketika mereka menggunakan nutrisi dan energi inangnya, mereka dapat menghasilkan protein yang dikenal sebagai toksin atau racun.

Beberapa racun menyebabkan gejala yang menyebabkan kondisi ringan seperti pilek, bersin, batuk, dan diare. Tetapi racun lain dapat menyebabkan demam tinggi, peningkatan denyut jantung, tekanan darah rendah, respons peradangan menyeluruh dalam tubuh, dan bahkan penyakit yang mengancam jiwa.

Jika seseorang sakit, dokter dapat melakukan tes darah, kultur tenggorokan, atau sampel urin untuk mencari tahu kuman apa (jika ada) yang menyebabkannya.

Perlindungan dari kuman

Sebagian besar kuman menyebar melalui udara dalam bersin atau batuk atau melalui cairan tubuh seperti keringat, air liur, air mani, cairan vagina, atau darah. Jadi membatasi kontak dengan zat-zat itu, sejauh mungkin, adalah perlindungan terbaik kita melawan kuman.

Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya mencuci tangan adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman penyakit. Terutama penting setelah batuk atau menghembuskan ingus, setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyiapkan atau makan makanan, setelah menyentuh hewan, setelah berkebun, dan sebelum dan sesudah mengunjungi kerabat atau teman yang sakit.

Untuk mencuci tangan, gunakan air hangat dan sabun, lalu gosok kedua tangan selama setidaknya 15 detik. Anak-anak dapat menyanyikan lagu pendek selama proses mencuci tangan untuk memastikan mereka telah menghabiskan cukup waktu. Bilas tangan Anda dan selesaikan dengan mengeringkannya di atas handuk bersih.

Saat bekerja di dapur, cuci tangan sebelum makan atau sebelum menyiapkan makanan, dan pastikan anak-anak juga melakukan hal yang sama. Gunakan teknik penanganan makanan yang tepat, seperti talenan dan peralatan masak terpisah, dan handuk untuk menyiapkan daging dan unggas mentah; dan air hangat bersabun untuk membersihkan peralatan dan meja.

Membersihkan permukaan rumah tangga dengan baik juga penting. Bersihkan benda-benda yang sering ditangani di sekitar rumah, seperti mainan, gagang pintu, sakelar lampu, bak cuci piring, dan pegangan pembilasan di toilet.

Sabun dan air sudah cukup baik untuk membersihkan. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih kuat, Anda dapat menggunakan pembersih anti-bakteri. Mungkin tidak membunuh semua kuman yang dapat menyebabkan penyakit, tetapi setidaknya dapat mengurangi jumlah bakteri pada suatu objek.

Article Resources
  • http://kidshealth.org/en/parents/germs.html?WT.ac=ctg#catsick