7 Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok Selamanya

Tanggal berhenti merokok

Berhenti merokok memang sulit dan mungkin akan mengalami kegagalan sampai beberapa kali. Tapi dengan rencana yang matang dan dukungan yang tepat, Anda bisa berhenti merokok untuk selamanya.

Agar berhasil berhenti merokok, diperlukan beberapa upaya dan kerja keras. Hanya berniat untuk berhenti merokok tapi menunda-nunda "action-nya" adalah kesalahan besar.

Berikut ini adalah 10 trik dan tips mujarab yang akan membantu menyingkirkan rokok untuk selamanya.

1. Kuatkan keputusan berhenti merokok

Apa-apa saja alasan Anda untuk berhenti merokok? Tulis dan buat dalam satu daftar, misalnya karena Anda ingin menabung, ingin lebih sehat, lebih kuat, dan tidak mudah capek, ingin kulit wajah lebih bersih, atau karena tidak mau asap rokok Anda terhirup oleh orang-orang yang Anda sayangi. Semakin kuat alasannya, semakin kuat keinginan Anda untuk berhenti merokok.

Saran: Taruh daftar tersebut di suatu tempat yang sering dilihat (seperti kulkas) atau buat daftar tersebut di ponsel Anda, dan baca kembali setiap kali Anda memiliki keinginan untuk merokok.

2. Tentukan tanggal berhenti merokok

Pilih kapan tanggal Anda harus berhenti merokok dan patuhi. Jangan pilih tanggal dimana pekerjaan Anda sedang banyak atau cenderung berada di bawah tekanan.

Sebelum tanggal tersebut, disarankan untuk melakukan persiapan di beberapa minggu sebelumnya. Cobalah untuk tidak merokok di saat biasanya Anda merokok (seperti di saat istirahat kerja). Sebaiknya pergilah ke tempat-tempat yang tidak berhubungan dengan rokok.

Saran: Singkirkan semua rokok, korek api, dan asbak di rumah, mobil, dan dimana saja di malam sebelum tanggal Anda berhenti. Jika ada anggota keluarga lain di rumah yang merokok, ajak juga mereka. Jika tidak bisa, minta agar mereka merokok di luar atau di tempat yang jauh.

3. Tentukan caranya

Tentukan cara terbaik untuk Anda berhenti merokok. Jangan segan meminta bantuan dari dokter atau profesional yang terlatih. Mereka dapat membuat Anda semakin termotivasi untuk berhenti merokok. Semakin termotivasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda meninggalkan rokok.

Buat keputusan apakah akan berhenti merokok dengan cara 'cold turkey' (berhenti tiba-tiba), menggunakan terapi penggantian nikotin, atau ditambah dengan berkonsultasi rutin dengan dokter. Dalam hal ini, dokter dapat meresepkan obat untuk membantu mengatasi gejala withdrawal berhenti merokok.

4. Mengatasi keinginan merokok

Setelah keputusan berhenti merokok Anda buat, beberapa minggu pertama adalah masa-masa yang paling sulit. Anda akan diliputi ketegangan, lemah, dan mudah tersinggung dan marah. Ini semua karena tubuh sedang menyesuaikan diri.

Jika Anda merasakan ada dorongan kuat untuk merokok coba lakukan 4 hal sederhana ini - tahan dulu tangan Anda untuk mengambil rokok, tarik napas dalam beberapa kali, minum air putih, dan lakukan kegiatan lain lain hingga keinginan itu hilang. Gejala withdrawal akan mereda di minggu ketiga.

5. Hadiahi diri Anda sendiri

Setiap kali Anda menahan keinginan untuk merokok, berarti Anda telah selangkah lebih dekat untuk menyingkirkan nikotin selamanya, jadi tidak salah untuk menghadiahi hasil kerja keras Anda ini. Pikirkan upaya saja yang telah Anda lakukan dan juga rasakan seberapa sehat Anda saat ini setelah beberapa hari tidak merokok.

Dalam tiga bulan, sirkulasi darah dan fungsi kekebalan tubuh akan membaik dan batuk dan mengi akan mereda. Stres Anda juga akan berkurang. Dan setahun kemudian, paru-paru akan lebih sehat.

Saran: Belanjakan "uang rokok" Anda untuk sesuatu yang bermanfaat sebagai hadiah untuk diri Anda sendiri.

6. Pikirkan solusi untuk situasi sulit

Dengan berhenti merokok berarti akan terjadi perubahan besar dalam rutinitas seseorang. Di beberapa minggu pertama, hindari makanan, dan minuman yang menambah keinginan untuk merokok.

Bagi kebanyakan orang, rokok dan kopi adalah sahabat karib. Jika memang begitu, ada baiknya untuk meninggalkan kopi selama proses berhenti merokok. Hindari kumpul-kumpul bersama perokok dan tetaplah sibukkan diri dengan pekerjaan atau hiburan.

Saran: Ganti jam istirahat kerja di kantor dengan berjalan-jalan di sekitar kantor atau menyegarkan diri di kamar mandi - gosok gigi, lihatlah sudah seberapa sehat mulut Anda selama berhenti merokok. Saat dimana Anda biasanya merokok, gantilah dengan kegiatan lain.

7. Jangan sendirian

Mereka yang berhasil berhenti merokok kebanyakan adalah orang-orang yang mendapat dukungan dari keluarga atau teman. Ada baiknya memberitahu teman-teman bahwa Anda berhenti merokok dan minta mereka untuk mensupport Anda. Apalagi teman atau keluarga ada yang mantan perokok, sarannya akan sangat berarti bagi Anda. Anda juga dapat berkonsultasi ke praktisi kesehatan yang memiliki keahlian khusus dalam hal ini.

Akhirnya, banyak perokok yang merasa khawatir berat badannya akan naik bila berhenti merokok. Emosi yang kuat dan gejala withdrawal ketika berhenti merokok memang dapat membuat nafsu makan meningkat di minggu-minggu pertama.

Bagi orang kurus, kenaikan berat badan beberapa kilogram setelah berhenti merokok akan baik untuk kesehatannya. Tapi bagi orang yang sudah gemuk, mungkin akan menjadi beban pikiran. Tapi ingatlah bahwa kenaikan ini hanyalah beberapa kilogram saja dan tidak sebanding dengan sehatnya tubuh Anda setelah berhenti merokok. Jangan khawatir, nafsu makan akan kembali normal pada minggu-minggu berikutnya. (MDK/BHC)