Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat

Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman dari keluarga sukulen. Sukulen adalah tanaman yang tahan akan kekeringan karena biasanya pada bagian daun, batang, atau akarnya memiliki jaringan yang mampu menyimpan air.

Gel bening yang terdapat di dalam daun lidah buaya digunakan sebagai lotion untuk kulit yang terbakar atau iritasi, dan sebagian lainnya menggunakannya untuk mengobati jerawat. Fungsi anti-bakteri dari lidah buaya menjadikannya sebagai obat efektif untuk mengobati jerawat.

Selain diterapkan langsung pada kulit, ada juga sebagian yang mengonsumsi lidah buaya langsung. Hal ini diyakini akan bermanfaat dalam menghidrasi dan menyembuhkan kulit dari dalam, namun hanya sedikit bukti yang mendukung pendapat ini.

Lidah buaya untuk jerawat

Lidah buaya, apabila diterapkan bersama beberapa bahan obat tradisional lainnya, maka hasilnya akan lebih menjanjikan. Jika kondisi jerawat Anda ringan atau sedang, dan Anda sedang mencari pengobatan yang aman dan nyaman, cobalah manfaatkan lidah buaya

Menggunakan lidah buaya murni secara topikal

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan antioksidan. Lidah buaya telah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk membersihkan luka, menghilangkan nyeri, dan menyembuhkan luka bakar. Jarang sekali ada orang yang alergi akan lidah buaya.

Caranya: Oleskan gel daun lidah buaya langsung ke wajah Anda sebagai ganti pembersih. Ini akan meningkatkan aliran darah ke kulit wajah dan membunuh bakteri yang merugikan kulit wajah. Untuk mengobati jerawat, buatlah masker dan terapkan pada wajah semalaman dan cuci keesokan paginya.

Masker lidah buaya, madu, dan kayu manis

Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mengendalikan dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Dua bahan lainnya yaitu madu dan kayu manis diketahui memiliki efek yang sama dengan lidah buaya. Dengan menggabungkan ketiganya sebagai masker, maka semakin besar kemungkinan Anda akan memiliki kulit yang halus dan bebas dari jerawat.

Caranya: Ambil 2 sendok makan madu murni dan campurkan dengan 1 sendok makan lidah buaya. Campuran harus merata. Selanjutnya tambahkan 1/4 sendok makan kayu manis sebelum menerapkannya ke wajah. Bersantailah sejenak dan biarkan maskernya bekerja selama 5-10 menit, lalu bilas.

Masker lidah buaya dan jus lemon

Masker wajah lidah buaya dan jus lemon akan membuat wajah menjadi segar karena lidah buaya dan lemon akan membersihkan pori-pori kulit wajah dan membunuh bakteri yang mungkin menyebabkan jerawat. Beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa asam buah, seperti yang terdapat pada lemon, adalah pembersih yang efektif untuk mengobati jerawat.

Caranya: Untuk membuat masker ini, campurkan sekitar 1/4 sendok teh jus lemon dan sampai 2 sendok makan lidah buaya. Jika ingin membuat lebih banyak, pastikan rasionya tetap 8:1 untuk menghindari risiko iritasi akibat keasaman jeruk. Biarkan masker ini pada wajah selama 5-10 menit sebelum dibilas.

Spray lidah buaya anti bakteri

Karena lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit yang sehat, mungkin Anda ingin membuat spray atau semprot lidah buaya. Bisa. Spray lidah buaya akan melembabkan wajah tanpa menimbulkan kilau atau membuat produksi minyak berlebih, yang bisa menyumbat pori-pori.

Caranya: Ambil botol spray ukuran 2 oz, campurkan air murni 1 1/4 oz, dan campurkan 1/2 oz lidah buaya, dan tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial non toksik kesukaan Anda. Hati-hati, jangan menyemprotkannya pada bagian mata, dan spray harus dikocok sebelum disemprotkan.

Scrub lidah buaya, gula pasir, dan minyak kelapa

Metode lain untuk mengatasi jerawat menggunakan lidah buaya adalah dengan mengombinasikannya dengan gula pasir dan minyak kelapa sebagai scrub. Scrub dari ketiga bahan alami ini dapat menghilangkan sel kulit mati yang menghalangi pori-pori.

Gula pasir dapat dengan lembut menyapu sel-sel kulit tua ini, lalu lubang-lubang pada wajah akan dibersihkan oleh lidah buaya sekaligus merangsang pertumbuhan kulit yang sehat. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri tersendiri, dan juga berfungsi sebagai emolien alami. Asam utama minyak kelapa telah dipelajari dan telah terbukti sebagai obat jerawat yang menjanjikan. Mencampurkan ketiga bahan ini bisa membuat kulit terasa halus dan segar.

Caranya: Tambahkan sekitar 1/2 cangkir minyak kelapa dan 1/2 cangkir gula pasir dan aduk rata. Lalu masukkan 1/4 cangkir lidah buaya murni. Bahan ini dapat Anda simpan di lemari es agar awet. Untuk menggunakannya, gosok perlahan campuran ini pada wajah dan hindari daerah mata. Bilas degan air bersih setelah menggunakannya.

Cleanser lidah buaya dan minyak pohon teh

Karena minyak pohon teh adalah bahan anti bakteri dan musuh jerawat yang telah terbukti, mencampurnya dengan lidah buaya akan memberikan dampak yang semakin baik. Campuran ini hanya diterapkan sebentar saja pada wajah karena sangat ampuh dan asam.

Caranya: Gunakan lidah buaya sebagai bahan pokoknya, tambahkan air bersih dan 2 sampai 3 tetes minyak pohon teh sebelum menerapkan campuran ini dengan hati-hati ke wajah Anda. Bilas setelah satu menit penggunaan dan tepuk-tepuk wajah Anda.

Risiko dan komplikasi menggunakan lidah buaya untuk jerawat

Ada beberapa bukti yang mengatakan bahwa mengonsumsi banyak lidah buaya dapat membuat tubuh sakit dan berisiko terkena beberapa jenis kanker. Hindari minum lidah buaya dalam jumlah banyak, konsumsi sewajarnya saja.

Lidah buaya juga mungkin memiliki interaksi dengan obat lain. Jadi hati-hati bila mengonsumsinya bersamaan obat lain dan pastikan dokter mengetahuinya sebelum meresepkan obat untuk Anda.

Jika memang belum pernah menggunakan lidah buaya, sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu. Tempelkan sedikit lidah buaya pada pergelangan tangan, belakang telinga, atau di lengan atas. Jika muncul reaksi tertentu seperti gatal atau kemerahan setelahnya, jangan coba menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat Anda. Ini berlaku pula untuk zat-zat lain selain lidah buaya yang belum pernah Anda gunakan.

Ada banyak cara untuk menjadikan lidah buaya sebagai obat tradisional yang efektif. Jika jerawat Anda ringan sampai sedang, memilih lidah buaya adalah pilihan yang cukup bijak. Lidah buaya telah diketahui sebagai pembunuh bakteri dan sebagai obat tradisional yang efektif untuk jerawat. Dengan risiko yang sangat kecil dan kemungkinan keberhasilan yang tinggi.