10 Makanan yang Tinggi Kalium

Sunday, January 21, 2018
Tubuh membutuhkan cukup kalium setiap harinya. Kalium atau potasium merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Sebagai mineral terbanyak ketiga yang terdapat di dalam tubuh, kalium dibutuhkan untuk fungsi beberapa organ, seperti jantung, ginjal, otak, dan jaringan otot.

Kadar kalium tubuh yang rendah disebut sebagai hipokalemia. Gejalanya antara lain sakit kepala, dehidrasi, palpitasi jantung (jantung berdebar), dan pembengkakan kelenjar dan jaringan. Sumber kalium yang paling aman dan paling menyehatkan adalah yang berasal dari makanan alami.

Kebutuhan kalium harian untuk pria dan wanita dewasa adalah 4.700 miligram. Angka ini terdengar tinggi sekali, tapi itulah faktanya, dan banyak orang yang tidak mendapatkan cukup asupan kalium setiap harinya.

10 Makanan yang tinggi kalium

Makanan apa yang tinggi kalium? Ada banyak makanan tinggi kalium yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Berikut ini adalah daftar makanan yang tinggi akan kalium:
  • Alpukat
  • Labu biji
  • Bayam
  • Ubi jalar
  • Salmon liar
  • Aprikot kering
  • Delima
  • Air kelapa
  • Kedelai
  • Pisang.

Makanan kaya kalium

1) Alpukat: 1 buah: 1.067 miligram (30 persen AKG)

Alpukat adalah buah yang kaya akan kalium yang banyak disukai orang-orang. Sebuah studi pada tahun 2013 mengungkapkan data epidemiologis dari tahun 2001 sampai 2008 yang menjelaskan efek dan manfaat mengonsumsi alpukat untuk faktor risiko penyakit metabolik. Secara keseluruhan, para periset menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki diet yang lebih sehat, serta peningkatan asupan nutrisi, dan kemungkinan penurunan sindrom metabolik.

2) Labu biji: 1 gelas: 896 miligram (26 persen AKG)

Labu biji merupakan sayuran sumber kalium yang juga mengandung antioksidan dalam tingkat yang tinggi. Yang mengesankan adalah kandungan karotenoid di dalamnya. Antioksidan jenis ini terkenal karena membantu mencegah dan melawan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat.

3) Bayam: 1 cangkir dimasak: 839 miligram (24 persen AKG)

Ada banyak alasan mengapa bayam dijadikan makanan favorit oleh tokoh kartun Popeye. Tidak hanya kaya akan kalium, penelitian juga menunjukkan bahwa bayam mengandung glikogliserolipid, yang diyakini berperan sebagai agen melawan kanker.

4) Ubi Jalar: 1 buah besar: 855 miligram (24 persen AKG)

Ubi jalar adalah makanan kaya kalium yang kepadatan nutrisinya jauh lebih tinggi daripada kentang. Ubi jalar juga mengandung beta karoten, vitamin C dan vitamin B6. Plus, ubi jalar juga diketahui membantu dalam keberhasilan pengobatan tukak lambung.

5) Salmon liar: ½ filet: 772 miligram (22 persen AKG)

Selain mengandung kalium, vitamin, protein, dan mineral lainya, salmon liar kaya akan asam lemak omega-3 yang amat baik bagi kesehatan. Manfaat dari asam lemak esensial ini adalah untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke sekaligus mengurangi gejala depresi, tekanan darah tinggi, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), nyeri sendi, dan penyakit kulit kronis seperti eksim.

6) Aprikot kering: ½ cangkir: 756 miligram (22 persen AKG)

Mengonsumsi aprikot kering merupakan cara cepat jika Anda ingin segera memenuhi kebutuhan kalium. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi aprikot kering cenderung memiliki diet yang lebih sehat dengan lebih banyak nutrisi dan juga bobot tubuh yang ideal.

7) Delima: 1 buah: 667 miligram (19 persen AKG)

Selain kaya akan kalium, buah delima juga kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin K, disamping beberapa nutrisi lainnya. Buah delima juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon tubuh yang disekresi sebagai respon dari stres. Semakin tinggi kadar kortisol, semakin tinggi risiko penyakit jantung.

8) Air kelapa muda: 1 gelas: 600 miligram (17 persen AKG)

Ingin makanan kaya akan kalsium dalam bentuk cair? jawabannya adalah kelapa muda. Air kelapa muda adalah minuman yang kaya akan elektrolit seperti kalium tapi tidak tinggi dalam kadar gula dan kalorinya. Air kelapa muda bahkan dapat digunakan sebagai cairan infus dalam situasi darurat.

9) Kedelai: ½ cangkir: 502 mg (15 persen AKG)

Kedelai tidak hanya kaya akan kalium tapi kandungan seratnya juga tinggi. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti kedelai akan membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Makanan tinggi serat juga akan menjaga ukuran lingkar pinggang Anda.

10) Pisang: 1 buah besar: 487 miligram (14 persen AKG)

Pisang sudah sejak lama dikenal sebagai sumber kalium yang baik, selain mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Itulah mengapa pisang sering direkomendasikan sebagai sumber energi instant sebelum berolahraga.

Dengan menggunakan daftar makanan kaya kalium diatas, Anda dapat memilih makanan apa yang mungkin cocok Anda konsumsi secara teratur demi memenuhi kebutuhan kalium harian Anda.

Article Resources
  • https://draxe.com/top-10-potassium-rich-foods/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer